√ Geologi : Pengertian, Elemen dan Kedudukan Bumi di Galaksi Bima Sakti


Artikel yang terkait dengan judul :√ Geologi : Pengertian, Elemen dan Kedudukan Bumi di Galaksi Bima Sakti

Geologi secara estimologis berarti Geo dan Logos. Geo artinya bumi sedangkan logos artinya ilmu, itu berasal dari Bahasa Yunani, jadi dapat ditarik kesimpulan geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi. Termasuk juga didalamnya ada sejarah, keterbentukan dan komposisi.

Obyek utama yang dipelajari oleh ilmu Geologi adalah batu, ya.. karena bumi berasal dari lapisan bebatuan. Maka dari itu, saat Kita ingin mempelajari sejarah, keterbentukan dan komposisi bumi, maka unsur bebatuan yang harus menjadi fokus Anda.

Beberapa hal tentang ruang lingkup geologi bumi yang harus Anda tahu
Menurut para ahli geologi, bumi terdiri dari beberapa lapisan-lapisan elemen, dari inti bumi hingga dataran luar bagian bumi, di bawah adalah penjelasan secara detailnya :

1. Atmosfer
Sejenis lapisan yang menyelimuti bumi, atmosfer memiliki peran sangat krusial bagi bumi. Karena selain mampu menangkal sinar UV secara langsung, atmosfer juga mampu menghadang dan membakar benda asing yang bisa mengancam bumi, seperti meteor.

2. Hidrosfer
Lapisan ini terdiri dari air yang tempatnya tepat berada di permukaan bumi

3. Biosfer
Lapisan inilah yang paling familiar dengan Kita dan segala makhluk hidup didunia, karena dengan adanya lapisan biosfer, bumi menjadi satu satunya tempat paling layak untuk ditempati.

4. Lithosfer
Bisa dibilang ini adalah pondasi dari bumi, karena lithosfer terdiri dari batuan batuan yang menyusun bumi dari inti hingga daratan bumi.

Elemen dalam Geologi

Sebenarnya geologi bukan hanya memelajari bumi, akan tetapi juga mempelajari ruang angkasa. Lithosfer adalah salah satu lapisan terluas bumi, karena dari lapisan terluar bumi hingga inti bumi, itu masih termasuk didalam geologi lithosfer.

Baca juga : Pengertian Email

Ilmu yang mempelajari alam ini memang mencangkup banyak ruang, dan didalamnya terdapat banyak elemen, yang satu sama lain tidak dapat dipisahkan. Berikut beberapa penjabaranya :

1. Mineralogi
Ilmu ini mempelajari tentang mineral, yang berfokus mendeskripsikan mineral, meliputi kilap, warna, belahan, goresan, pecahan dan lain -lain.

2. Petrologi
Ilmu yang berfokus untuk mempelajari segala jenis batuan, di dalam penelitianya mencangkup originalitas, klasifikasi dan deskripsi.

3. Stratigrafi
Ilmu inilah yang mempelajari lapisan lapisan batuan bumi, ilmu ini berfocus pada proses pembentukanya.

Geologi

Geologi
4. Sedimentologi
Seperti namanya, sedimentologi mempelajari tentang batu- batuan sediment, ilmu ini bercondong pada proses pembentukan, klasifikasi dan deskripsi.

5. Geologi terapan
Ilmu ini adalah gabungan atau ilmu yang dikembangkan dalam tujuan untuk kesejahteraan manusia, yang mencangkup migas, geohidrogen, batubara, geofisika, dan lain lain.

6. Struktur
Ilmu ini hanya shusus menpelajari kerak bumi dalam metode struktural yang berfocus pada proses pembentukanya.

7. Palentologi
Ilmu ini yang membuat Kita tahu akan fosil, karena ilmu ini memang berfocus unutuk mempelajari paleontograpy dan fosil, jadi dengan ilmu paleontograpy Kita akan bisa memprediksi umur sebuah fosil.

8. Geomorfologi
Ilmu mempelajari tentang bentuk bentang dunia dan ini berguna dalam membentuk struktur sebuah daerah atau memetakan.

Kedudukan bumi di galaksi Bima Sakti

Sampai artikel ini ditulis, bumi masih menjadi pusat kehidupan di tata surya bima
Sakti. Dengan artian di seluruh tata surya, hanya bumi satu-satunya planet yang memiliki elemen- elemen pendukung bagi kehidupan manusia, hewan, tumbuhan dan lain- lain. Karena itulah peran ilmu geologi sangatlah penting. Karena dengan Kita mempelajari bumi, Kita akan tahu bagaimana menjaga bumi dengan lebih baik.

Kita tahu bumi adalah salah satu planet bersama 8 planet lain di tata surya Bima Sakti yang mengelilingi matahari. Bumi sendiri memiliki jarak dengan matahari sekitar 150 juta kilometer, dan bumi mengelilingi matahari membutuhkan waktu 365 hari. Rumus inilah yang dijadikan para ilmuan untuk membuat kalender.

Baca juga : Pengertian efek rumah kaca

Di jagat raya ini ada banyak galaksi selain Bima Sakti, Bima Sakti sendiri memiliki diameter 80 ribu – 100 ribu tahun cahaya, yang Kita sendiri tidak bisa membayangkan sebesar apa galaksi yang Kita tinggali ini.

Dari data data diatas, dapat Kita simpulkan, pengetahuan manusia akan suatu hal, termasuk geologi, masih sangatlah kecil dan tidak ada apa- apanya dibandingkan dengan alam semesta ini. Padahal menurut sejarah, geologi sudah mulai dibicarakan sejak 2300 tahun lalu oleh orang Yunani. Dan mulai saat itulah geologi terus berkembang hingga saat ini.

Itulah sedikit pembahasan tentang pengertian dan apa- apa saja yang berhubungan dengan ilmu geologi.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.