√ Pengertian Atlas dan Pentingnya Mengetahui Atlas


Artikel yang terkait dengan judul :√ Pengertian Atlas dan Pentingnya Mengetahui Atlas

Pengertian Atlas √ Seiring dengan berjalannya waktu, akan ada banyak hal yang bisa diketahui dan juga dipelajari oleh seseorang. Salah satu di antaranya seperti mengenal adanya peta. Benda yang satu ini menjadi salah satu bagian penting yang tak lepas dari adanya mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial yaitu geografi di bangku sekolah. Oleh karena itu, tak heran jika atlas sudah diperkenalkan sejak di bangku SD.

Di samping pengenalan atlas di bangku SD, tak heran jika kita juga bisa menemukan kejadian di mana anak kecil akan menanyakan apa sebenarnya pengertian atlas. Ada sebagian dari mereka yang merasa penasaran dengan definisi dan bentuk atlas yang sebenarnya. Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui definisi dari atlas itu sendiri.

Mengetahui Apa Itu Pengertian Atlas

Bila kita berbicara tentang pengertian atlas, maka hal yang satu ini akan memberi banyak sekali hal yang bisa dihubungkan atau muncul di dalam kepala. Misalnya saja seperti bentuk dari atlas itu sendiri yang merujuk pada sejumlah peta. Bukan hanya peta yang bisa menggambarkan keadaan satu daerah, namun beberapa dan jumlahnya cukup lumayan.

Mudahnya, pengertian atlas merupakan kumpulan peta yang dijadikan satu dalam bentuk buku, namun pada masa kini juga bisa kita temukan dengan bentuk multimedia. Benda ini bisa memberikan beberapa informasi penting untuk diketahui oleh banyak orang. Misalnya saja seperti batas negara, geografi, statistis geopolitik, batas negara, dan lain masih banyak lagi.

Pada saat pertama kali diperkenalkan, atlas tak diberi nama seperti ini. Berdasarkan perhitungan seorang ilmuan yang belajar tentang geografi dan bekerja di Aleksandria, Claudius Ptolemaeus, buku pertama ini yang bisa disebut dengan atlas. Edisi pertama dipublikasikan pada tahun 1477 di Bologna dengan adanya 27 peta di dalamnya.

Pengertian Atlas

Pengertian Atlas
Para ilmuwan tak bisa memastikan apakah keberadaan gambar-gambar peta tersebut merupakan karya asli Ptolomaeus atau dibuat oleh para ilmuwan pada abad pertengahan sesuai dengan tulisan yang ia buat. Mulai tahun 1544, sudah banyak peta yang mulai dibuat, khususnya untuk mendukung hubungan dagang antara Vanesia dan juga Roma.

Pada 20 Mei 1507, Abraham Ortelius dikenal karena menjadi pembuat atlas modern pertama. Ada 53 peta yang terdiri dari beberapa negara di dunia pada saat itu. Akan tetapi, istilah atlas belum digunakan hingga tahun 1595 hingga Gerardus Mectator menerbitkan karya dengan judul Atlas, Sive Cosmographicae MeditationesDe Fabrica Mundi.

Seberapa Penting Mengetahui Pengertian Atlas?

Mungkin sebagian dari kita merasa bertanya-tanya tentang pentingnya mengetahui pengertian atlas seperti di atas. Ada yang berpikir bahwa atlas akan bisa diketahui dan juga dipahami artinya setelah seseorang melihat benda tersebut secara langsung. Akan tetapi, hal ini belum tentu bisa terjadi pada sebagian orang yang belum pernah melihat atlas sebelumnya.

Berdasarkan pengertian atlas di atas, kita sudah bisa memahami apa sebenarnya atlas itu. Dengan begitu, akan ada gambaran yang bisa kita dapat mengenai atlas itu sendiri. Hal ini akan terjadi juga pada sebagian orang yang sudah bisa membayangkan secara konkret karena menerima penjelasan atau gambaran secara detail tersebut.

Hal yang sama ini bisa juga kita terapkan untuk sejumlah orang yang belum pernah mengetahui atau masih merasa bingung dengan pengertian atlas. Langkah pertama ini bisa kita mulai dengan memastikan apakah mereka mengetahui peta atau tidak. Jika mereka mengetahui peta, maka selanjutnya pengertian atlas sekaligus penggambarannya bisa lebih mudah dipahami
Kita bisa menjelaskan hal ini kepada sejumlah orang yang masih merasa bingung atau belum mengenal apa itu atlas. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah untuk mengerti. Sementara itu, jika kita diminta menjelaskan hal serupa kepada anak kecil, maka kita bisa menggunakan bahasa sederhana agar mereka lebih mudah untuk memahaminya.

Pola pikir sederhana dari anak kecil ini bisa kita bantu dengan pemilihan kata sederhana dan cara menjelaskan yang menyenangkan untuk membantu mereka memahami pengertian atlas.

Setelah mengetahui pengertian atlas seperti di atas, kita akan bisa memahaminya dengan lebih mudah. Selain itu, kita pun bisa memberi gambaran yang lebih rinci untuk orang lain jika diminta untuk menjelaskan hal satu ini.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.