Mikroskop dan Fungsinya


Artikel yang terkait dengan judul :Mikroskop dan Fungsinya

Mikroskop dan fungsinya sangat beragam banyaknya. berasal dari bahasa latin Mikroskop dibagi atas dua kata “mikro” dengan arti maknanya kecil digabung dengan kata “scopein” yang artinya melihat. Dari penggabungan kata tersebut maka, fungsi mikroskop adalah memilih benda-benda yang berukuran sangat kecil dilihat.

Mikroskop bisa membuat benda yang bentuknya sangat kecil dapat diamati yakni, dengan memperbesar ukuran bayangan pada benda hingga berukuran lebih besar berkali-kali lipat. Bayangan yang ada pada benda yang sedang diamati dapat diperbesar hingga 40 kali, 100 kali, empat ratus kali sampai 1000 kali perbesaran.

Mikroskop Banyak Digunakan sebagai Alat Pengamatan Canggih

Kini mikroskop dan fungsinya semakin mudah dan meningkat dengan adanya perkembangan teknologi . sehingga, ketika manusia belajar Ilmu Mikroskopi akan lebih mudah mengamati benda-benda yang menjadi objeknya.

Mikroskop dan fungsinya berguna untuk mengamati objek ukuran kecil. benda yang sangat kecil tersebut terlalu sulit jika dilihat tanpa menggunakan bantuan alat mikroskop. Sehingga, pada intinya Fungsi mikroskop adalah mengamati objek yang sangat mini atau mikroskopis agar bisa dilihat jelas oleh para pengamat yang belajar ilmu mikroskopi.

Inilah Bagian-bagian dari Mikroskop dan Fungsinya

Sebelum menggunakan alat mikroskop setiap pengguna wajib tahu bagaimana menggunakan mikroskop dengan mengetahui bagian-bagian mikroskop lebih dahulu, sehingga lebih tahu fungsi dari bagian-bagian alat canggih tersebut.

Mikroskop dan Fungsinya

Mikroskop dan Fungsinya
Ada  dua bagian mikroskop yakni, mikroskop optik dan mekanik atau non optik.  Dikeduanya terdapat beberapa bagian yang berbeda. Inilah bagian dari mikroskop optik dengan fungsinya.

1. Lensa okuler
Bagian yang berada di ujung atas bagian tabung ini fungsinya sebagai pengamat . bisa memperbesar kembali ukuran bayangan yang terdapat pada lensa objektif. Di bagian lensa okuler ini bayangan benda dapat diperbesar 6, 10, hingga 12 kali.

2. Lensa objektif
Terletak di dekat objek dengan perbesarannya mencapai 10, 40, sampai 100 kali. Peneliti harus mengoleskan minyak emersi terlebih dulu ke bagian objek untuk pelumasnya. Selanjutnya mikroskop dan fungsinya yang ada pada lensa ini akan memperjelas bayangan benda hingga 100 kali.

3. Kondensor
Masih di bagian optik, mikroskop dan fungsinya pada bagian kondernsor berguna untuk memutar naik turun sehingga bisa mengumpulkan cahaya saat terpantul oleh cermin hingga memusatkannya pada objek.

4. Diafragma dan cermin
Di bagian diafragma berfungsi mengatur banyak atau sedikitnya cahaya masuk juga yang mengenai preparat. Sedangkan di bagian cermin, berguna sebagai penerima dan mengarahkan cahaya. Cermin pada mikroskop dan fungsinya untuk mengarahkan cahaya melalui pantulan cahaya tersebut.

Baca juga : Mikroskop Binokuler

Bagian-bagian Mekanik atau Non Optik dan Fungsinya

1. Revolver adalah bagian non optik yang berguna untuk mengatur pembesaran lensa objektif. 

2. Tabung Mikroskop memiliki fungsi sebagai penghubung lensa objektif dan okuler mikroskop.

3. Lengan Mikroskop memiliki fungsi pengamat dan memegang mikroskop.

4. Meja Benda adalah tempat untuk menempatkan objek saat diamati. Di bagian ini terdapat penjepit objek untuk memudahkan pengamatan.

5. Makrometer adalah alat pemutar kasar yang sangat berguna untuk menaikkan dan menurunkan tabung dengan cepat pada gambaran objek sesuai keinginan.

6. Mikrometer/ alat pemutar halus merupakan bagian mikroskop yang berguna utk menaikkan/ menurunkan tabung dengan lambat utk mengatur kejelasan gambar objek yang sedang dilakukan pengamanatan. 

7. Kaki Mikroskop adalah penyangga sebagai tempat memegang jika mikroskop hendak dipindahkan.

Baca juga : Fungsi Mikroskop

Inilah Macam-macam Mikroskop di Dunia

Ada banyak sekali ragam mikroskop dan fungsinya yang berbeda-beda. Dengan mengetahui jenis mikroskop yang kami sebutkan di bawah ini akan memudahkan para pengguna memilih mikroskop yang diinginkan sesuai kebutuhan.

1. Mikroskop cahaya
Jenis mikroskop cahaya yang satu ini banyak memanfaatkan sumber energi cahaya yang berguna untuk memperbesar bayangan pada objek yang sedang diamati. Jenis mikroskop ini digunakan di sekolah-sekolah pada pelajaran Biologi di Indonesia.

2. Mikroskop elektron
Satu lagi mikroskop yang berbeda dengan jenis di atas. Yakni, jenis mikroskop elektron yang juga dapat memperbesar bayangan pada objek, akan tetapi yang berbeda adalah menggunakan energi elektron dan terdapat magnet.  Jenis mikroskop elektron terbagi menjadi dua yakni, TEM atau Mikroskop Transmisi Elektron (TEM) dan satu lagi adalah Mikroskop Elektron Scanning dengan fungsinya yang berbeda.

Itulah mikroskop beserta fungsinya yang berbeda-beda tergantung jenis dan bagian-bagiannya yang terdapat di dalamnya. Pembahasan ini berguna bagi siapa saja yang ingin tahu tentang mikroskop dari segi jenis, fungsi dan lain sebagainya.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.