Inilah 7 Teknik Silat


Artikel yang terkait dengan judul :Inilah 7 Teknik Silat

Inilah 7 Teknik Silat √ Melindungi diri adalah salah satu ciri adaptasi yang harus dilakukan oleh makhluk hidup. Ini dikarenakan kita harus bertahan hidup di ekosistem atau lingkungan yang kita tinggali, demi meneruskan kehidupan. Bagi manusia, cara melindungi diri adalah dengan mengikuti teknik olah raga (olah fisik). Salah satunya adalah dengan mengikuti cabang olahraga bela diri pencak silat beserta teknik-teknik silat yang menyertainya.

Olahraga bela diri banyak sekali jenisnya. Kita bebas memilih sesuai dengan minat kita. Setiap orang akan berbeda pilihannya, maka dari itulah setiap cabang bela diri memiliki banyak peserta atau anggota.

Mereka bukan hanya ingin belajar ilmu bela diri saja, melainkan juga ingin meraih prestasi setinggi-tingginya. Ini dikarenakan bela diri ini adalah ilmu pengembangan diri, layaknya olahraga yang lainnya. Banyak olimpiade atau kejuaraan yang menandinginya sehingga bisa dijadikan tempat yang cocok untuk menyalurkan bakat dan minat. Kejuaraan bela diri ini bukan hanya tingkat lokal saja, melainkan juga tingkat nasional bahkan internasional.

Pencak silat adalah salah satu jenis bela diri yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Pencak Silat ini menjadi cabang olahraga bela diri yang paling tua di Indonesia. Sudah eksis sejak berpuluh-puluh tahun lalu di Indonesia. Bahkan nenek moyang pun banyak yang menemui cabang bela diri yang satu ini.

7 Teknik Silat Dasar yang Wajib Dikuasai

Dalam menekuni Pencak Silat, ada guru yang akan membimbing kita dari awal sampai mahir. Bahkan banyak juga anggota yang akhirnya menjadi pengajar juga, sehingga anggotanya semakin banyak. Ada ujian-ujian yang harus dilalui sebagai bukti bahwa kita sudah menguasai semua teknik yang ada pada cabang bela diri ini.

Jika sudah menguasai dan dinyatakan lulus, maka sudah pasti kita akan dinobatkan sebagai pelatih. Walaupun sudah menjadi pelatih, bukan berarti kita berhenti belajar, karena kita masih harus terus belajar.

Baca juga : Contoh Cabang Olahraga Air dan Gambarnya

Teknik Silat

Teknik Silat

adalah 7 teknik silat Dasar yang harus kita kuasai :

1. Teknik Kuda-Kuda
Teknik ini dilakukan dengan posisi berdiri. Di mana teknik ini masuk dalam tiga jenis teknik yang dilakukan saat sikap berdiri, yakni diantara sikap kangkang dan sikap tegak. Teknik kuda-kuda ini menjadi teknik yang paling awal atau teknik mendasar. Ini dilakukan dengan menekuk bagian lutut dan siku. Teknik ini pun terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah kuda-kuda depan, belakang, samping, tengah, silang depan, dan silang belakang.

2. Teknik Pasang yang berguna untuk bersiaga saat ada musuh
Serangan musuh yang tidak bisa diprediksi atau secara tiba-tiba akan bisa di tangkal jika kita menguasai teknik ini. Ada beberapa jenis teknik pasang yang harus kita kuasai, yakni Teknik pasang satu, pasang dua, pasang tiga, dan pasang empat. Setiap jenisnya memiliki jurus atau gerakan yang berbeda.

3. Teknik pukulan
Inilah Teknik Silat yang wajib kita kuasai. Teknik pukulan ini akan menentukan kekuatan kita dalam melindungi diri dari musuh. Maka dari itu, kita harus menguasai semua jenisnya, mulai dari pukulan lurus, bandul, tegak, sampai dengan melingkar.

4. Teknik Tendangan
Ini juga menjadi teknik yang tidak kalah penting untuk dikuasai. Teknik ini adalah rangkaian dari teknik-teknik lainnya dalam Pencak Silat. Kaki menjadi aktor utama dalam melaksanakan teknik ini. Kita bisa belajar teknik lurus ke depan, tendangan T, menyamping, dan melingkar.

5. Teknik Pola
Langkah yang terdiri dari beberapa jenis, yakni Pola Langkah zig-zag, lurus, ladang, segi tiga, S, dan segi empat. Pola langkah ini menjadi teknik variasi yang masuk dalam jurus-jurus Pencak Silat.

6. Teknik Tangkisan
Teknik ini merupakan lawan dari teknik tendangan dan pukulan. Ada beberapa jenis tangkisan yang bisa kita kuasai di Pencak Silat ini, yaitu Tangkisan Dalam, atas, bawah, dan luar.

7. Teknik latihan dengan mengacu ke arah mata angin
Teknik Silat yang satu ini sama dengan kuda-kuda sebagai gerakan dasar yang kemudian dikombinasikan dengan tendangan ke semua arah mata angin, yakni 8 arah mata angin lengkap.

Baca juga : Contoh Artikel Olahraga

Semua cabang ilmu bela diri pun sama dengan cabang-cabang ilmu lainnya. Sama-sama berkembang, sehingga penguasaan teknik dasar ini harus benar-benar dipatenkan. Semua perkembangan jurus-jurus dalam pencak silat ini masih tetap berkiblat pada teknik-teknik silat dasar tersebut.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.