√ Faktor Penyebab Jerawat Pada Wajah


Artikel yang terkait dengan judul :√ Faktor Penyebab Jerawat Pada Wajah

Faktor Penyebab Jerawat Pada Wajah ✓ Apa saja penyebab timbulnya jerawat? Terdapat beberapa faktor yang merupakan penyebab jerawat mucul, antara lain karena wajah jarang dibersihkan sehingga kotor, mengonsumsi makanan yang berkadar lemak tinggi (minyak), serinng memegang, memencet atau mengaruk jerawat. Bagi penderita jerawat mempunyai keinginan yang sangat kuat untuk menggaruk jerawat, hal ini karena rasanya yang sangat gatal dan juga sangat mengganggu. Menggunakan produk kosmetik atau pun menggunakan pelembab yang terlalu banyak minyak, stres, kurang tidur pengaruh hormonal sebagai pemakaian alat KB merupakan penyebab jerawat juga. Hal yang merupakan penyebab mengapa seseorang ada yang berjerawat namun ada juga yang tidak jerawatan belum diketahui dengan pasti mengapa hal tersebut terjadi.

Daftar Isi :

A. Stres
B. Faktor Keturunan
C. Aktivitas Hormon
D. Kelenjar Minyak yang Hiperaktif
E. Bakteri
F. Adanya Garukan Sehingga Iritasi
G. Anabolic Steroid
H. Pil KB
I. Di lingkungan dengan Kadar  Clorine yang Tinggi
J. Diet
K.Scrubbing yang Berlebihan
L. Memencet Kulit Wajah yang Berjerawat
M. Berada di Lingkungan yang Kotor dan Berpolusi Tinggi

Faktor Penyebab Jerawat Pada Wajah

Dengan kita mengetahui apa yang menjadi penyebabnya maka kita akan lebih mudah untuk cara menghilangkan jerawat yang ada. Berikut ini adalah penyebab jerawat secara rincinya, antara lain:

A. Stres
Seseorang yang sedang stres membuat kulit tidak memancarkan kecantikannya. Kondisi pada permukaan wajah yang tidak mulus dapat menyebabkan seseorang menjadi stres. Adanya pengaruh yang saling silang ini akan membuat seseorang menjadi stres emosional.  Stres seperti ini yang sering sekali akrab dengan berkembangbiaknya jerawat. Riset yang dilakukan oleh Wake Forest Univ., Nort Carcolina, Amerika Serikat yaitu penelitian terhadap 94 siswa sekolah yang memiliki jenis jerawat yang kelas ringan dan biasa saja dalam beberapa bulan terakhir. Jerawat yang timbul secara umum dikarenakan adanya kadar sebum yang tinggi. Adapun sebum yang ada sangat bermacam – macam, tergantung pada kondisi cuaca yang ada. Dengan memakai standar perhitungan stres akan tergambar bahwa pada saat keadaan emosi tinggi misalnya pada saat ujian,pelajar akan mengalami pertumbuhan jerawat sebesar 23%. Pada waktu yang bersamaan produksi sebum tidak banyak mengalami perubahan. Hal ini menunjukkan bahwa substansi minyak yang ada di kulit tidak terlalu berpengaruh terhadap jerawat yang muncul. Pada penelitian tersebut terlihat keterkaitan antara jerawat yang muncul dengan rasa marah dan gelisah. Stres menjadikan kulit muka menjadi lebih merah dan pada kondisi seperti ini jerawat akan muncul.

Baca Juga : 2 Cara Jitu Menghilangkan Jerawat (Dalam dan Luar)

B. Faktor Keturunan (Genetis)
Jerawat dapat muncul karena orang tuanya, penyebab jerawat seperti ini dikenal sebagai faktor genetis. Sebenarnya bukan jerawatnya yang diturunkan, namun kelenjar minyaknya (sebaceous gland).

C. Aktivitas Hormon
Penyebab jerawat yang selanjutnya yaitu salah satunya adalah meningkatnya produksi hormon testosteron. Hormon ini yang kemudian akan memicu kelenjar minyak sehingga akan terbentuk yang namanya sebum (minyak kulit) secara berlebihan. Jerawat bukanlah penyakit yang berbahaya, namun akan menyebabkan rasa gatal dan bengkak apabila terjadi peradangan. Selain itu secara psikologis membuat penderitanya mejadi tidak percaya diri. Hormon yang lainnya yang serupa akibatnya dengan hormon testosteron adalah hormon tiroid dan hormon kortison. Obat jenis kortikosteroid sangat mudah menjadikan jerawat. Obat ini biasanya dipakai untuk pengobatan asma dan alergi.
Penyebab Jerawat
D. Kelenjar Minyak yang Hiperaktif.
Adanya folikel rambut kulit yang tersumbat membuat munculnya jerawat. Sumbatan tersebut bisa dikarenakan karena kelenjar minyak yang diproduksi terlalu banyak yaitu kelenjar sebasea dan kelenjar pilosebasea. Oleh adanya produksi kelenjear minyak tersebut yang berlebihan akan membuat gumpalan dan kondisi tersebut akan menjadikan folikel menjadi tersumbat, kemudiak yang terjadi yaitu munculnya jerawat. Produksi kelenjar minyak mejadi hiperaktif karena adanya prningkatan hormon s*ks. Androgen pada usia remaja.

E. Bakteri
Dengan adanya bakteri Propionibacterium merupakan bakteri penyebab jerawat yang mana pertumbuhan dan perkembangbiakannya relatif lambat. Bakteri ini adalah tergolong dalam jenis bakteri anaerob, ini berarti bahwa bakteri tersebut tidak membutuhkan adanya oksigen.

Baca Juga : Arti Jerawat

F. Adanya Garukan Sehingga Iritasi.
Iritasi pada kulit dapat terjadi oleh sebab produk kecantikan, jeruk nipis dan ramu-ramuan. Kondisi kulit yang iritasi juga dapat disebabkan oleh tangan yang kotor.

G. Anabolic Steroid
Merupakan zat yang biasa dipakai oleh seorang binaragawan untuk memperkuat dan memperbesar bentuk bandannya. Apabila tidak sesuai dengan kondisi tubuh, pemakaian zat ini akan mendorong  munculnya jerawat.

H. Pil KB
Pemakaian pil KB masih belum dipastikan menjadi penyebab jerawat. Terdapat sebagian wanita yang berjerawat setelah minum KB, namun pada sebagaian yang lainnya tidak terkena jerawat. Dari hal tersebut maka pemakaian pil KB belum bisa dipastikan sebagai penyebab timbulnya jerawat.

I. Di lingkungan dengan Kadar  Clorine yang Tinggi.
Penyebab jerawat ini terutama untuk keadaan chlorinate dioxins. Penyebabnya adalah racunnya teruama dioxin chlor.

J. Diet
Seseorang yang melakukan diet pola makan yang tidak benar akan menjadikan tubuh menjadi tidak seimbang gizinya. Dengan kekurangan gizi tersebut membuat jerawat akan muncul.

Baca Juga : Jenis - Jenis Jerawat

K. Scrubbing yang Berlebihan
Pembersihan kulit dengan cara scrubbing akan menyebabkan lapisan pelindung kuli ikut menjadi terkikis pula. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi iritasi bahkan menjadi infeksi. Dari kondisi tersebut membuat kulit akan memproduksi hormon tertentu, dan hormon inilah yang akan memicu tumbuhnya jerawat.

L. Memencet Kulit Wajah yang Berjerawat.
Dengan melakukan pemencetan pada kulit wajah maka tangan yang banyak bakterinya akan pindah ke kulit wajah dan akibatnya bakteri tersebut akan tumbuh subur dan akan menjadi jerawat.

M. Berada di Lingkungan yang Kotor dan Berpolusi Tinggi
Kotoran dan polusi yang menempel pada wajah apabila tidak dilakukan pembersihan akan menyebakan suburnya bakteri. Dengan tumbuh suburnya bakteri menjadikan wajah menjadi berjerawatan.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.