Pengertian Lengkap Mengenai Bola Voli


Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Lengkap Mengenai Bola Voli

Pengertian bola voli ✓ Pernahkah teman-teman bermain bola voli? Atau bahkan teman-teman adalah seorang pemain bola voli yang handal? Permainan bola voli memang bukanlah permainan yang asing bagi masyarakat di Indonesia. sudah banyak atlet Indonesia yang bertanding skala internasional di bidang bola voli.

Daftar Isi

1. Apakah Pengertian Bola Voli?
2. Bagaimana Sejarah Bola Voli?
3. Berapakah Ukuran Bola, Net, Dan Lapangan Dalam Permainan Bola Voli?
4. Apa Saja Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli?

Apakah Pengertian Bola Voli?

Bola voli merupakan sebuah permainan yang termasuk dalam jenis olahraga. Permainan ini dimainkan oleh dua tim secara berlawanan. Setiap tim beranggotakan enam pemain. Induk organisasi olahraga bola voli di Indonesia dikenal dengan nama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Selain mengetahui pengertian bola voli, akan lebih baik lagi jika teman-teman mengetahui bagaimana awal mula adanya permainan bola voli ini.

Bagaimana Sejarah Bola Voli?

Pada mulanya, permainan bola voli dinamakan Mintonette. Ditemukan oleh seorang Pelatih (Instruktur) Jasmani bernama William Morgan pada tahun 1895-an. William merupakan sarjana lulusan Springfield College of YMCA. Ia menciptakan permainan Mintonette dalam waktu empat tahun setelah ditemukannya olahraga bola basket oleh James Naismith.

Permainan Mintonette ini merupakan permainan yang mengombinasikan beberapa jenis permainan olahraga, yakni basket, baseball, tennis dan bola tangan. Perubahan nama permainan Mintonette menjadi volley ball (bola voli) terjadi di demonstrasi pertandingan pertama di International YMCA sekitar tahun 1896.

Berapakah Ukuran Bola, Net, Dan Lapangan Dalam Permainan Bola Voli?

Standar ukuran bola voli yang dapat digunakan untuk bermain bola voli yaitu bola voli dengan ukuran diameter lingkaran 65 hingga 67 cm, dan ukuran berat 260 hingga 280 gram. Standar ukuran tinggi net untuk pemain putra adalah 2,43 m dan tinggi net untuk pemain putri adalah 2,24 m.
Sedangkan standar ukuran lapangan tempat bermain bola voli yaitu 9 x 18 meter. Garis tepi lapangan yaitu 5 m, dan garis batang serang yaitu 3 meter.

Apa Saja Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli?

Untuk mengenal pengertian bola voli secara keseluruhan, hal yang perlu teman-teman pahami adalah mengenai teknik dasar bola voli yang harus dikuasai oleh para pemainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Teknik servis
Gerakan servis digunakan untuk serangan pertama memulai pertandingan. Selain itu, juga untuk menyajikan bola kepada lawan. Gerakan servis terdiri dari beberapa jenis yakni servis tangan bawah dan servis tangan atas.

2. Teknik Passing
Gerakan passing digunakan untuk mengembalikan bola voli ke daerah lawan. Gerakan passing juga dibagi dua jenis yakni passing bawah dan passing atas. Gerakan passing bawah dilakukan dengan cara mengepalkan kedua tangan dan merapatkan keduanya untuk memukul bola. Gerakan tangan haruslah mengarah tepat ke daerah lawan agar tidak out atau keluar daerah.

Sedangkan gerakan passing atas dilakukan dengan cara membentuk kedua tangan menjadi segitiga (menempelkan ibu jari dan telunjuk). Saat menyentuh bola dan mengembalikan ke arah lawan juga harus mengarah tepat dan menggunakan kekuatan.

3. Smash
Gerakan smash diperlukan saat akan melakukan serangan keras terhadap lawan. Bola harus melewati jaring (net) dengan baik. Sebelum melakukan smash, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu gerakan awal, gerakan tolakan, dan gerakan pukulan. Smash biasanya dilakukan pemain bola voli untuk membuat bola sulit untuk dikembalikan lagi oleh lawan karena pukulannya yang sangat menukik dan mematikan.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. 3 Faktor Penyebab Global Warming
2.  3 Manfaat Puasa Daud Ini Mungkin Belum Anda Ketahui
Untuk memahami bola voli, teman-teman memang harus memahami pengertian permainan bola voli secara keseluruhan. Mulai dari teknik dasar hingga aturan dalam permainan bola voli.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.