(Pengertian) Definisi Ilmu Pengetahuan Alam


Artikel yang terkait dengan judul :(Pengertian) Definisi Ilmu Pengetahuan Alam

Secara umum, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sering juga orang menyebutnya ilmu sains (Science) adalah ilmu yang mempelajari gejala yang terjadi pada alam yang dapat dirumuskan kejadiannya secara empiris. Sedangkan para ahli mendefinisikan ilmu pengetahuan alam secara berbeda-beda sebagai berikut :

Ilmu Pengetahuan Alam

ilmu pengetahuan alam
1. T.H. Huxley, yang juga seorang ahli biologi lebih condong kepada pengertian science sebagai pemikiran sehat yang diorganisir. Pernyataan Huxley ini lebih mudah dimengerti dan simpel yang menggambarkan kerasionalan sehingga bisa menyangkal pemikiran yang terkait dengan ilmu sihir.

2. Wigner, sorang ahli ahli fisika kemudian juga mendefinisikan ilmu pengetahuan alam sebagai penyimpanan atau gudang dari gejala alam yang terjadi.

3. Dampier, yang juga berprofesi sebagai ahli sejarah dalam science berpendapat bahwa ilmu pengetahuan alam merupakan pengetahuan terkait dengan gejala dari alam yang muncul teratur dan ini juga berdasar studi rasional yang berkaitan dengan hubungan antara banyak konsep dimana gejala ini kemudian dinyatakan.

4. Nash, yang juga adalah ahli kimia mengungkapkan jika science dikatakan sebagai proses atau cara yang digunakan meneropong dunia.

5. Sedangkan menurut Paolo dan Marten yang memandang ilmu pengetahuan alam dari sudut pandang anak-anak. Sudut pandang ini dibedakan menjadi 4 antara lain (1) guna mengamati sekiranya apa saja yang terjadi, (2) mencoba untuk memahami apa yang sebenarnya diamati, (3) menggunakan pengetahuannya yang baru guna memperkirakan kejadian apa yang nanti akan terjadi, (4) serta menguji apakah ramalan yang ada di bawah kondisi tersebut benar terjadi.

Cabang dalam  ilmu pengetahuan alam
Ilmu Pengetahuan Alam memiliki beberapa cabang ilmu yang sering dipelajari di sekolah di setiap tingkatannya dari dasar hingga ke bangku kuliah. Dibawah ini beberapa cabang dalam ilmu pengetahuan alam adalah sebagai berikut :

1. Astronomi dan antariksa
Ilmu astronomi merupakan ilmu yang memelajari segala hal tentang alam semesta meliputi matahari, bintang, bulan dan planet.  Sedangkan ilmu falak atau antariksa adalah ilmu tentang bagian alam semesta yang berada di luar atmosfer bumi (luar angkasa). Ilmu ini lebih fokus kepada evolusi, asal usul sesuatu, sifat fisik serta sifat kimiawi benda yang nampak dari langit.

Ilmu astronomi juga memiliki cabang ilmu lainnya seperti astrometri, kosmologi, fisika galaksi, dan masih banyak lagi.

2. Biologi atau ilmu hayat
Biologi merupakan sebuah cabang keilmuwan yang memelajari keadaan alam, sifat dari makhluk hidup dan ilmu hayat. Adapun makhluk hidup yang dimaksud yakni manusia, binatang, dan tumbuhan. Ilmu ini mencakup semua aspek kehidupan. Cabang ilmu biologi antara lain imunologi, mikologi, bryologi, parasitologi, botani dan masih banyak lagi.

3. Fisika
Ilmu fisika mempelajari tentang sifat dan perilaku materi yang begitu beragam dari partikel terkecil hingga tingkat kosmos. Cabang ilmu fisika antara lain astrofisika, kosmologi, fisika plasma, fisika, atomik, fisika molekuler dan masih banyak lagi.

Fisika sering juga disebut sebagai ilmu dasar karena ilmu alam lain harus patuh terhadap hukum fisika.

4. Kimia
Ilmu kimia merupakan ilmu yang memelajari unsur, susunan, dan ciri dari suatu zat. Ilmu kimia juga memelajari reaksi penyebab timbulnya zat yang baru. Cabang ilmu kimia antara lain biokimia, kimia fisik, kimia analisis, elektrokimia, termodinamika kimia dan masih banyak lagi.

5. Ilmu bumi
Ilmu bumi merupakan sebuah ilmu  yang bermanfaat untuk  mengamati, kemudian menggolongkan lalu menganalisis perbedaan dari berbagai daerah yang didapat dari beragam permukaan bumi atau dari geografi. Cabang ilmu bumi antara lain geologi, geofisika, geodesi, glasiologi, ilmu atmosfer dan lainnya.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Nasionalisme
2. Pengertian Teks Eksplanasi
Demikianlah artikel yang berjudul (Pengertian) Definisi Ilmu Pengetahuan Alam yang semoga bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.