KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP : Organisasi Kehidupan (Pelajaran IPA SMP/ MTs Kelas VII)


Artikel yang terkait dengan judul :KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP : Organisasi Kehidupan (Pelajaran IPA SMP/ MTs Kelas VII)

KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP : Organisasi Kehidupan (Pelajaran IPA SMP/ MTs Kelas VII) ✓Harapannya dengan mempeajari sub bab dari KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP tentang Organisasi Kehidupan dapat menjelaskan mengenai bagian-bagian sel, macam-macam jaringan hewan dan tumbuhan, macam-macam organ pada tumbuhan dan hewan serta dapat menerangkan mengenai macam-macam sistem organ.

Daftar Isi

1. Sel
2. Jaringan

KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP : Organisasi Kehidupan (Pelajaran IPA SMP/ MTs Kelas VII)

Di bumi dan alam semesta ini terdapat organisme yang sangat sederhana yaitu makhluk hidup yang bersel satu (uniseluler, contohnya Bakteri, Amoeba, Paramaecium, dan Euglene) sampai dengan organisme yang komplek yaitu makhluk hidup yang terdiri dari banyak sel (multiseluler, contohnya organisme yang dapat dilihat dengan panca indera mata biasa).

Apa pengertian sel? Bagaimanakah bentuk dari sel? Simak terus ya teman-teman.

Sel

Definisi/ pengertian sel adalah unit terkecil dari suatu makhluk hidup. Ukuran sel sangatlah kecil untuk dilihat menggunakan mata biasa, sehingga untuk melihatnya harus dibantu dengan memakai mikroskop. Untuk pertama kalinya sel ditemukan oleh Robert Hooke tepatnya pada tahun 1665 dan menyebutkan bahwa sel itu seperti kotak sarang lebah atau sel penjara.

Terdapat 3 (tiga) bagian utama sel antara lain:

a . Membran sel atau selaput sel
Adalah selaput yang menjadi pembungkus terhadap seluruh isi sel. Fungsi membran sel adalah untuk melakukan pertukaran zat dalam sel. Zat tersebut antara lain : oksigen, zat makanan dan sisa metabolisme. Dinding sel hanya terdapat pada tumbuhan tersusun atas selulosa.

b . Inti Sel atau nukleus
Adalah bagian sangat penting  karena pada bagian inti sel ini yang mengatur semua kegiatan sel. Pada umumnya bentuk inti sel adalah bulat dan di dalamnya terdapat kromosom yang merupakan benang-benang pembawa sifat keturunan makhluk hidup.

c . Sitoplasma
Adalah cairan yang mengisi semua bagian sel. Di dalam sitoplasma tersebut terlarut zat makanan dan juga zat-zat yang lainnya. Selain dari pada itu terdapat benda–benda khusus yang dikenal dengan nama organel sel dan rongga sel (vakuola).

Di dalam organel sel terdapat antara lain:
1) Ribosom. Fungsi ribosom adalah sebagai tempat sintesis protein atau pembentukan protein.
2) Mitokondria. Fungsi mitokondria adalah sebagai tempat untuk melakukan respirasi sel atau pernafasan sel dalam rangka untuk memperoleh energi.
3) Badan Golgi. Fungsi badan golgi adalah sebagai alat pengeluaran.
4) Retikulum endosplasma. Fungsi dari retikulum endosplasma adalah sebagai sekresi protein dan lemak.
5) Vakuola adalah merupakan rongga sel. Vakuola terdiri dari 2 (dua) macam, yaitu: vakuola berdenyut dan vakuola makanan. Vokula berdenyut mempunyai fungsi untuk pengeluaran, sedangkan untuk vakuola makanan mempunyai fungsi sebagai tempat pencernaan makanan.
6) Kloroplas adalah zat warna hijau daun.

Berikut adalah gambar sel hewan dan sel tumbuhan
gambar sel hewan dan tumbuhan

Jaringan

Bagi makhluk hidup yang mempunyai banyak sel terdiri dari berbagai macam bentuk yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Kumpulan fari sel atau sekelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama disebut JARINGAN.

Macam–macam jaringan, antara lain:

a . Jaringan pada tumbuhan
1) Jaringan epidermis adalah jaringan yang melapisi permukaan tubuh pada tumbuhan, baik melapisi pada akar, pada batang maupun pada daunnya. Jaringan epidermis tersusun rapat dan memiliki fungsi sebagai jaringan pelindung.
2) Jaringan meristem adalah jaringan yang tersusun atas sel sel yang selalu membelah. Jaringan meristem terdapat di embrio di ujung akar, ujung batang dan juga pada kambium.
3) Jaringan pengangkutan adalah jaringan sebagai pembuluh yang mengangkut air dan zat-zat makanan. Terdapat 2 macam jaringan pengangkutan antara lain : a). Jaringan floem atau pembuluh tapis berfungsi untuk mengangkut air dan hasil fotosintesis dari daun b). Jaringan xilem atau pembuluh kayu berfungsi mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar.
4) Jaringan penyokong. Adalah sel-sel dinding yang mengalami penebalan oleh karenanya akan menjadi keras. Contoh pada kulit, biji.
5) Jaringan parenkim. Adalah jaringan dasar yang ada di antara jaringan–jaringan lainnya. Fungsi jaringan parenkim adalah sebagai tempat menyimpan makanan. Jaringan perenkim yang berada di daun mengandung kloroplas untuk fotosintesis dan dibedakan menjadi dua yaitu : a). jaringan spons dan b). jaringan pagar.

b . Jaringan pada hewan dan manusia
1) Jaringan epitel merupakan jaringan yang melapisi seluruh permukaan tubuh/ organ baik pada permukaan dalam maupun permukaan luar. Bentuk jaringan epitel adalah pipih, kubus, dan silinder.
2) Jaringan otot adalah jaringan yang tersusun atas sel-sel otot dan sifatnya adalah lentur. Ada tiga (3) macam jaringan otot, antara lain:
a) Otot polos berada pada dinding alat–alat dalam.
b) Otot lurik berada pada rangka.
c) Otot jantung berada pada dinding jantung.
3) Jaringan syaraf adalah jaringan yang tersusun dari sel–sel syaraf. Untuk setiap sel syaraf tersusun dari badan sel dan serabut syaraf.
4) Jaringan ikat adalah jaringan yang menghubungkan antara bagian tubuh dengan bagian tubuh yang lainnya.
5) Jaringan penyokong/  penunjang adalah jaringan yang terdiri atas  jaringan tulang rawan dan jaringan tulang. Adapaun fungsi jaringan penyokong adalah untuk memberi bentuk tubuh, untuk melindungi tubuh dan juga untuk menguatkan tubuh.
gambar jaringan
Gambar Jaringan
c . Organ
Pengertian organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk menjalankan fungsi tertentu. Contoh organ pada tumbuhan, yaitu:

1. Daun terdiri atas beberapa jaringan antara lain jaringan epidermis, jaringan pagar, jaringan bunga karang, dan juga jaringan pengangkutan. Fungsi dari jaringan epidermis adalah sebagai pelindung jaringan yang lainnya, sedangkan jaringan pagar dan jaringan bunga karang membentuk jaringan perenkim untuk digunakan sebagai tempat fotosintesis.

2. Akar adalah terdiri atas jaringan epidermis, parenkim dan pengangkutan. Fungsi akar adalah utntuk menempelkan dan menancapkan tubuh tumbuhan di dalam tanah.

3. Batang adalah penghubung antara akar dan batang yang terdiri dari jaringan-jaringan epidermis, parenkim dan pengangkutan.

Sedangkan contoh organ pada hewan dan manusia, yaitu:
1) Jantung terdiri atas jaringan epitel, otot, ikat, dan juga jaringan syaraf. Fungsi jantung adalah untuk memompa darah.
2) Mata terdiri atas jaringan otot, syaraf, ikat, darah, dll.
3) Ginjal terdiri atas jaringan otot, ikat, syaraf, dll.

d . Sistem Organ
Pengertian sistem organ adalah kumpulan organ–organ dengan sistem tertentu yang  saling bekerja sama satu dengan lainnya. Tanpa adanya kerjasama antara organ yang satu dengan organ yang lainnya, maka proses dalam tubuh tidak akan terjadi. Sebagai contoh sistem organ adalah jantung mempunyai fungsi untuk mengedarkan darah, tak bisa berkerja tanpa adanya organ yang lainnya misalnya pembuluh darah, dan  begitu juga sebaliknya pembuluh darah tidak bisa bekerja tanpa adanya fungsi jantung.

Sistem organ pada tumbuhan, antara lain : terdapat beberapa sistem yang dihubungkan dengan akar, batang, dan daun. Sebagai contoh sistem pengangkutan, sistem pelindung, sistem penyokong dsb.

Sistem organ pada hewan dan manusia, antara lain:
a) Sistem pencernaan makanan yang terdiri atas : organ mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan juga anus.
b) Sistem pernafasan pada manusia yang terdiri atas : laring, tenggorokan, dan juga paru-paru.
c) Sistem peredaran darah pada manusia yang terdiri atas: jantung, pembuluh darah dan juga pembuluh getah bening.
d) Sistem pengeluaran yang terdiri atas : ginjal, kulit, paru-paru, dan hati
e) Sistem hormon yang terdiri atas: anak ginjal, hifofisis, adrenal, dsb.
Organisme yang terbentuk terdiri dari bagian terkecil yang disebut sel, hingga akhirnya terbentuk organisme dengan urutan adalah sebagai berikut:

Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Organisme

*) Semua Materi IPA SMP Kelas 7 dapat dilihat di : Rangkuman Materi Pelajaran IPA SMP/ MTs Kelas VII

Itulah Materi IPA yang berjudul KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP : Organisasi Kehidupan (Pelajaran IPA SMP/ MTs Kelas VII) yang semoga bermanfaat.

Teman-teman juga bisa melihat sub bab yang lainnya dari KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP yang berjudul : Klasifikasi Makhluk Hidup dan Ciri-Ciri Makhluk Hidup.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.