Pengertian Zakat Serta Manfaatnya Bagi Umat Islam

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Zakat Serta Manfaatnya Bagi Umat Islam

Seorang muslim yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan harus menyisihkan hartanya untuk melakukan zakat. Pengertian zakat adalah suatu kewajiban memberikan sebagian harta yang sudah dihitung kepada orang yang kurang mampu atau berhak menerima zakat. Zakat bisa dilakukan sendiri dengan memberikannya secara langsung atau bisa dititipkan pada pihak panitia zakat. 
Pengertian zakat

Manfaatnya Untuk Kehidupan

Banyak sekali orang yang melupakan untuk melakukan zakat. Padahal melakukan zakat merupakan hal yang sangat baik dan memiliki manfaat yang luar biasa. Manfaat zakat tidak hanya untuk menambah pahala tetapi juga bermanfaat bagi kehidupan kita semua. Berikut ini merupakan manfaat zakat bagi seluruh umat islam yang melakukannya.

1. Membenarkan iman seseorang
Pengertian zakat yang diberitahukan dengan benar sehingga dapat menggerakkan seseorang untuk melakukannya. Dalam melakukan zakat tersebut maka, seseorang tersebut akan memperoleh manfaat yaitu ditunjukkannya jalan beriman yang benar.

Zakat yang dikeluarkan akan menunjukkan kebenaran iman yang sesungguhnya yaitu tanpa mengharapkan imbalan apapun. Suatu zakat yang dikeluarkan harus diiringi dengan rasa ikhlas karena Allah Ta’ala.

2. Menyempurnakan ibadah
Tahukah anda pengertian zakat dan tata cara melakukannya masuk dalam rukun Islam yang ke lima? Melakukan zakat berarti anda telah dapat menyempurnakan rukun Islam. Hal ini sangat istimewa sekali karena berzakat merupakan hal yang sangat agung dan memiliki hikmah yang banyak terutama dalam penyempurnaan ibadah setiap orang.

3. Menjalin hubungan keluarga masyarakat Islam
Mengeluarkan zakat berarti anda niat untuk memberikannya kepada orang lain. Misalkan kepada para fakir miskin, anak yatim piatu, dan orang lainnya yang pantas menerima hak tersebut. Dari sini anda tidak sengaja telah menjalin sebuah silaturahmi terhadap sesama umat Islam. Selang beberapa waktu anda akan mengenal mereka dan berkumpul dan menjadi bersatu.

4. Mendamaikan kehidupan
Orang yang kurang mampu sering memandang orang kaya dengan amarah atau kesal. Hal ini mereka lakukan karena orang kaya tersebut seenaknya sendiri menikmati hartanya tanpa memikirkan rakyat yang dibawahnya. Bila hal ini tidak terjadi maka, berzakatlah wahai engkau orang kaya kepada yang tidak mampu. Sapa mereka dan jangan memamerkan kesombongan kalian saja.

5. Menghalangi kegiatan negatif
Kegiatan negatif seperti mencuri, begal, merampas dan lainnya dapat merugikan pihak korban. Kegiatan negatif yang dilakukan oleh seseorang karena dirinya tidak mampu untuk mencukupi kebutuhannya dengan penghasilan yang didapatkan. Terpaksa mereka melakukan hal tersebut, namun kegiatan negatif tersebut bisa berkurang karena adanya zakat.

Zakat yang diberikan mampu memenuhi kebutuhan mereka yang kurang mampu. Dari kebutuhan yang terpenuhi maka, mereka tidak akan melakukan hal negatif lagi.

Pengertian zakat dan manfaatnya sangat hebat dan bisa mendamaikan hati umat islam. Bila teman-teman sudah mampu dan kaya maka, berzakatlah sesuai dengan harta yang anda miliki.

Membayar zakat mengajarkan setiap umat Islam dalam memperhatikan sesamanya yang kurang mampu. Harta itu hanya titipan yang diberikan oleh Allah kepada kita semua dan jangan segan-segan untuk membaginya kepada orang yang berhak mendapatkannya. Masalah pengertian zakat dan manfaatnya yang sangat luar biasa ini sudah dijelaskan dengan lengkap pada kitab suci Al Qur’an.

Demikian artikel Pengertian Zakat Serta Manfaatnya Bagi Umat Islam yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.