Pengertian Web Server, Kegunaan Dan Contohnya

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Web Server, Kegunaan Dan Contohnya

Pengertian Web Server, Kegunaan Dan Contohnya ✓ Jaman sekarang ini memang sudah bisa dikatakan sebagai jaman baru dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Hampir semua orang pada saat ini mengenal internet. Apalagi buat teman-teman yang hobi ngeblog pastinya internet sudah tidak asing lagi bagimu. Nah dalam dunia internet dikenal berbagai macam istilah yang seringkali kita dengar. Salah satunya adalah web server. Keberadaan web server tentu sangat penting bagi pengguna internet. Dengan adanya web server kita jadi bisa mengakses berbagai macam situs web yang kita inginkan.  Akan tetapi tahukah teman-teman sebenarnya apa itu pengertian web server?

Daftar Isi

1. Pengertian Web Server
2. Kegunaan Web Server
3. Contoh Web Server Yang Paling Sering Digunakan

Pengertian Web Server, Kegunaan Dan Contohnya

Pengertian Web Server

Pengertian Web Server

Jika dilihat dari susunan katanya web server dapat kita artikan secara sederhana dalam bahasa Indonesia sebagai penyedia layanan web. Artinya web server akan menyediakan sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk mengakses halaman web yang kita cari atau kita buka.

Pengertian web server sendiri bisa dipahami sebagai sebuah perangkat lunak atau software yang memiliki peran sebagai jembatan antara permintaan dari protokol HTTP atau HTTPS yang kemudian akan diteruskan ke alamat web yang diminta tersebut. Dengan begitu kita akan bisa membuka halaman web yang akan kita tuju. HTTP atau HTTPS adalah yang kita kenal sehari-hari dengan sebutan web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Yahoo, Internet Explorer dll. Nah hasil dari permintaan HTTP atau HTTPS tersebut nantinya akan tersaji dalam format dokumen HTML. Nah halaman yang berformat dokumen HTML itulah yang kalian lihat di browser pada saat kalian mengklik atau membuka suatu situs website.

Berdasarkan informasi di atas bisa kita tarik kesimpulan untuk merumuskan pengertian web server. bahwa pengertian web server adalah sebuah layanan yang ditujukan kepada web client atau browser yang akan menjadi jembatan supaya halaman atau data yang diminta dapat tertampil pada browser atau web client tersebut.

Kegunaan Web Server

Sebenarnya fungsi atau kegunaan dari web server sendiri sudah disebut-sebut dari tadi dalam pembahasan mengenai pengertian web server. Ya, tentunya web server memiliki fungsi atau kegunaan yang paling utama adalah untuk mentrasfer atau memindahkan segala file dari website yang diklik kepada web client atau browser. fungsi web server adalah sebagai perangkat lunak yang menjembatani proses pemindahan file-file sehingga teman-teman dapat melihatnya di browser yang teman-teman gunakan.

Selain itu web server juga berfungsi sebagai penerima dan penyalur semua elemen yang ada di website yang kita buka. Contohnya website yang teman-teman buka itu memuat bukan hanya teks saja melainkan gambar, video maupun audio. Nah semua file atau berkas itu akan diterima dahulu oleh web server sebelum sampai ke layar perangkatmu.

Contoh Web Server Yang Paling Sering Digunakan

Berikut adalah contoh web server yang serong digunakan antara lain:
1. Apache
Pada mulanya apache web server diluncurkan sebagai sebuah open source software sebagai alternatif dari netscape. Dan mulai pada tahun 1996 tepatnya pada bulan april, apache web server menjadi software server web yang terkenal. Sejak saat itu juga apache menjadi web server yang paling sering digunakan di dunia maya.

2. Apache Tomcat
Web server yang satu ini memang berada di bawah payung Apache Software Foundation. Meski demikian, software web server ini memang sengaja dibuat terpisah dengan Apache Web Server sendiri. Hal itu dikarenakan fungsi kedua web server ini berbeda. Pembuatan Apache Web Server ditujukan untuk pelayanan aplikasi httpd seperti Perl dan PHP. Sementara pembuatan Apache Tomcat ditujukan untuk melayani aplikasi Servlet seperti JSP misalnya.

3. Nginx
Web server Nginx ini dirilis 9 tahun setelah perilisan Apache pada tahun 1995. Nginx dirilis tepatnya pada tanggal 4 Oktober tahun 2004. Software web server ini memang masih bisa dikatakan sebagai pendatang baru. Namun dari sisi penggunanya ternyata mengalami peningkatan yang cukup signifikan per tahunnya. Pada bukan Mei tahun 2015 Netcraft mengeluarkan data yang menunjukkan bahwa lebih kurang 15 persen (%) dari jumlah keseluruhan pangsa pasar web server telah berhasil dikuasai oleh Nginx.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Ilmu Ekonomi
2. Pengertian Mobilitas Sosial
Demikian artikel Pengertian Web Server, Kegunaan Dan Contohnya yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.