Pengertian Mobilitas Sosial

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Mobilitas Sosial

Pengertian Mobilitas Sosial ✓ Setiap manusia selalu mencari kehidupan terbaik dari yang lebih baik, itu sebabnya manusia melakukan mobilitas sosial. Pengertian mobilitas sosial adalah, Dalam (KBBI :2001) mobilitas berarti gerak, oleh sebab itu, mobilitas sosial (social mobility) adalah suatu gerak dalam struktur sosial. Dengan kata lain, bahwa mobilitas sosial bisa di artikan merupakan gerak perpindahan dari suatu status sosial yang satu ke status sosial yang lain. Bisa juga disebut sebagai proses perpindahan sosial atau gerak sosial.

Daftar Isi

1. Jenis-Jenis Mobilitas Sosial
2. Proses Terjadinya Mobilitas Sosial
3. Faktor-Faktor Yang Menghambat Mobilitas Sosial
4. Faktor Yang Mempengaruhi Terjadi Mobilitas Sosial
5. Dampak Mobilitas Sosial

Pengertian Mobilitas Sosial

Pengertian Mobilitas Sosial
Setiap gerak akan cenderung menimbulkan suatu perubahan, baik itu dalam hal perubahan posisi maupun peralihan fungsi. Berikut lebih lanjut untuk mengetahui pengertian mobilitas sosial.

Jenis-Jenis Mobilitas Sosial

Mengetahui Jenis-Jenis Mobilitas Sosial sangat penting, untuk memahami pengertian mobilitas sosial. Jenis mobilitas sosial yang pertama adalah  Mobilitas Sosial Horizontal, yang merupakan peralihan individu atau objek sosial yang lain, dari kelompok sosial satu ke kelompok sosial lain yang masih sederajat. Misalnya, beralih pekerjaan yang sifatnya sederajat (dari tukang batu menjadi tukang kayu

Yang kedua adalah Mobilitas Sosial Vertikal, yaitu merupakan Perpindahan yang sifatnya tidak sederajat, berdasarkan arahnya di bagi menjadi dua yaitu: social climbing (mobilitas sosial naik), seperti pegawai yang naik jabatan dan social sinking (mobilitas sosial turun), pegawai yang di pecat dan menjadi pengangguran.

Yang ketiga Mobilitas Sosial Antargenerasi, yaitu merupakan Peningkatan taraf hidup dalam suatu garis keturunan. Kenaikan kedudukan (status sosial) dari satu generasi ke generasi berikutnya. Contoh generasi orang tua (ayah ibu) dengan generasi anak. Mobilitas antargenerasi bisa dikelompokkan menjadi, mobilitas sosial intergenerasi dan intragenerasi.

Proses Terjadinya Mobilitas Sosial

Terjadinya mobilitas sosial berkaitan erat dengan suatu hal yang dianggap berharga di masyarakat. Kepemilikan akan hal tersebut menjadikan seseorang menempati posisi atau kedudukan yang lebih tinggi. Akibatnya, dalam masyarakat terdapat penggolongan yang mempengaruhi stuktur sosial. Hal-hal tersebut adalah kekuasaan, kekayaan, kehormatan, ilmu pengetahuan

Faktor-Faktor Yang Menghambat Mobilitas Sosial

Faktor tersebut seperti kebudayaan, Di sini kebudayaan yang di maksud adalah kebudayaan yang bersifat tradisional. Berbeda dengan masyarakat modern, yang justru memberi peluang terjadi mobilitas sosial sebagai akibat dari kemajuan teknologi, komunikasi, dan transportasi.

Faktor yang selanjutnya adalah lingkungan asal, kemudian Tradisi juga Ekonomi. Dalam faktor ekonomi, apabila keadaan ekonomi serba kekurangan akan sulit untuk mengikuti dan menyesuaikan dengan kedudukan yang dimasukinya.

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadi Mobilitas Sosial

Faktor yang pertama adalah status sosial, hal tersebut tidak dapat di lepaskan dari pembawaan yang dimiliki oleh orang tuanya. Jika seorang anak merasa tidak puas dengan kedudukan dari orang tuanya, ia dapat berusaha untuk meraih kedudukan yang lebih tinggi dari pada orang tuanya.

Faktor selanjutnya adalah keadaan ekonomi, juga situasi politik bahkan motif-motif keagamaan, masalah kependudukan, serta keinginan melihat daerah lain. muncul keinginan melihat daerah lain menimbulkan ide terjadinya suatu mobilitas secara geografis.

Dampak Mobilitas Sosial

Untuk memahami penjelasan pengertian mobilitas sosial, yang terakhir adalah melihat dampak dari mobilitas sosial. Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya mobilitas sosial, mendorong timbulnya suatu perubahan posisi atau kedudukan sosial seseorang dalam masyarakat. Tentu situasi tersebut membawa pengaruh terhadap sistem pelapisan yang ada. Segala bentuk perubahan menimbulkan suatu dampak bagi masyarakat. Begitu pun dengan mobilitas sosial. Jika perubahan tersebut dapat di terima oleh masyarakat maka akan tercipta kerja sama. Namun, jika sebaliknya, di tolak oleh masyarakat dan tidak diakui maka, akan membentuk suatu konflik dan penyesuaian.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli
2. Pengertian Zakat
Itulah penjelasan pengertian mobilitas sosial yang bisa anda ketahui. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.