Pengertian Gateway pada Jaringan Internet

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Gateway pada Jaringan Internet

Pengertian Gateway pada Jaringan Internet ✓ Istilah gateway tentu tidaklah asing buat kalian yang gemar menekuni hobi di dunia komputer  dan juga bekerja di dunia jaringan komputer karena jaringan gateway sering digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer.  Dengan menggunakan gateway, dapat menyambungkan beberapa jaringan komputer menjadi satu, sehingga dapat menyebarkan informasi dengan lebih luas dan cepat. Lalu apa itu gateway? Berikut penjelasan mengenai pengertian gateway.
Pengertian Gateway

Daftar Isi

1. Definisi dan Pengertian Gateway
2. Fungsi dan Manfaat Gateway
3. Kekurangan dan kerugian Menggunakan Gateway

Definisi dan Pengertian Gateway

Kata Gateway berasal dari bahasa Inggris yang berarti gerbang pembuka jalan. Apabila istilah tersebut dikaitkan kedalam jaringan komputer, maka Gateway berarti sebuah perangkat yang digunakan sebagai media penghubung satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya menggunakan protokol yang berbeda. Oleh karena itu, jaringan komputer mampu saling mengirim informasi dengan luas dan cepat ke komputer lain yang protokolnya berbeda.

Gateway juga bisa diartikan komputer yang memiliki setidaknya 2 buah network interface, yang terhubung ke beberapa jaringan. Salah satu contoh dari penggunaan gateway adalah saat kita mengirim pesan melalui email. Seperti yang kita tahu bertukar informasi melalui email dapat dilakukan meskipun dilakukan dalam sistem yang berbeda.

Fungsi dan Manfaat Gateway

Setelah kita memahami pengertian gateway, maka kita dapat mengetahui fungsi dari gateway tersebut. Fungsi dari gateway adalah sebagai penghubung satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya. Untuk lebih detailnya, berikut fungsi dari gateway.

1. Protocol Converting
Fungsi pertama dari gateway adalah sebagai protocol converting. gateway  merupakan sebuah sistem jaringan internet yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih dalam waktu yang sama serta dikonfigurasikan kedalam software. Untuk bisa menghubungkan jaringan denan protocol yang berbeda, gateway harus mengkonversi yang ada.

2. Mempermudah Akses Informasi
Jaringan komputer dengan protokol berbeda tidak akan tersambung tanpa adanya gateway. Tentunya jaringan komputer tersebut tidak bisa mengirim informasi dari satu komputer ke komputer lainnya.

Dengan adanya gateway, mengirimkan informasi akan lebih mudah dan cepat, oleh karena itu gateway sangat berguna dan memudahkan dalam melakukan akses informasi.

3. Keamanan dan Mengatur  Data
Dengan adanya gateway, memudahkan administrator  mengatur keamanan data dengan memback up serta mengontrol data penting untuk hanya orang orang tertentu saja yang bisa mengakses.

4. Reliabilitas Tinggi
Dengan menggunakan gateway akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi yakni dengan memanfaatkan sumber sumber alternatif. Sebagai contoh, menyimpan  file pada suatu komputer dan kemudian dicopy ke beberapa komputer yang tersambung jaringan, apabila salah satu komputer mengalami masalah maka file tersebut masih ada pada komputer yang lain.

Kekurangan dan kerugian Menggunakan Gateway

Adapun kekurangan dan kerugian dalam menggunakan gateway pada jaringan komputer, di antaranya yaitu :

1. Biaya yang Tinggi
Dalam membangun sebuah jaringan gateway diperlukan biaya yang tinggi, biaya tersebut meliputi: pembelian hardware, software, biaya untuk konsultasi perencanaan jaringan.  Selain itu juga biaya untuk membangun jaringan tersebut.

2. Sharing File yang Tidak Diinginkan
Kemudahan dalam mengirim informasi melalui gateway tidak serta digunakan untuk hal yang semestinya, seringkali dengan kemudahan tersebut, mengakibatkan bocornya sharing folder penting dan diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

3. Virus dan Hacking
Komputter yang terhubung dengan gateway sangat rawan terhadap virus dan hacking. Virus dan hacking adalah masalah klasik yang  seringkali menjadi ancaman serius dan mengakibatkan network down dan pekerjaan menjadi terhenti.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Kewirausahaan
2. Pengertian Web Server, Kegunaan Dan Contohnya
Itulah definisi dan pengertian gateway beserta fungsi dan kekurangannya. Semoga dengan membaca ulasan di atas, kalian dapat lebih mudah dalam memahami struktur jaringan komputer.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.