(Definisi) Pengertian Urbanisasi Serta Faktor Pendorongnya

Artikel yang terkait dengan judul :(Definisi) Pengertian Urbanisasi Serta Faktor Pendorongnya

(Definisi) Pengertian Urbanisasi Serta Faktor Pendorongnya  Masalah ekonomi merupakan masalah yang paling kompleks dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah lapangan pekerjaan yang minim dan sumber daya manusia yang kurang. Khususnya masyarakat yang tinggal di desa pasti merasakan hal tersebut. Beberapa faktor tersebut mendorong masyarakat desa pindah ke perkotaan untuk mendapat kehidupan yang lebih layak. Menurut mereka kota adalah tempat di mana mereka bisa merubah nasib menjadi lebih baik. Namun hal tersebut tidak selalu sesuai harapan dan justru akan menimbulkan masalah baru di kota. Perpindahan masyarakat dari desa ke kota tersebut sering disebut dengan istilah urbanisasi. Berikut akan dijelaskan tentang pengertian urbanisasi.

Daftar Isi

1. Pengertian Urbanisasi
2. Faktor Pendorong Terjadinya Urbanisasi
3. Pengertian Urbanisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Urbanisasi Serta Faktor Pendorongnya

Pengertian Urbanisasi

Pengertian Urbanisasi

Secara umum pengertian urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa menuju kota. Perpindahan ini bertujuan untuk mencari kehidupan serta pekerjaan yang lebih baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi urbanisasi adalah minimnya lapangan pekerjaan di desa dan pembangunan yang belum merata. Selain itu ajakan dari teman, info dari media masa serta desakan ekonomi menjadi faktor lain perpindahan penduduk tersebut. Namun tidak semua hal yang mereka inginkan bisa terwujud bahkan sangat jauh berbeda dari apa yang dipikirkan.

Urbanisasi dapat menyebabkan masalah yang cukup serius bagi semua orang. Karena akan mengakibatkan persebaran penduduk yang  tidak merata antara desa dan kota. Peningkatan jumlah penduduk yang signifikan serta tidak tersedianya lapangan kerja akan menimbulkan masalah baru di kota. Kurangnya fasilitas umum, aparat hukum, kesediaan pangan juga akan menambah masalah di perkotaan akibat urbanisasi.

Menurut perspektif ilmu kependudukan, pengertian urbanisasi adalah presentase penduduk yang tinggal di perkotaan lebih besar dibandingkan di kota. Penyebabnya adalah migrasi penduduk dan mobilitas penduduk. Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota dan bertujuan untuk menetap. Sedangkan mobilitas penduduk adalah perpindahan yang bersifat sementara saja dan penduduk yang pindah ke kota tidak bertujuan untuk menetap.

Faktor Pendorong Terjadinya Urbanisasi

1. Lahan pertanian yang semakin sempit
2. Tidak cocok dengan budaya di lingkungannya
3. Tidak mempunyai pekerjaan alias menganggur
4. Sarana dan prasarana yang terbatas di desa
5. Kehidupan yang lebih modern di kota
6. Banyak tersedia lapangan kerja di kota
7. Memiliki impian untuk merubah nasib
8. Diusir dari tempat tinggalnya di desa

Pengertian Urbanisasi Menurut Para Ahli

1. J. H. De Goede

Pengertian urbanisasi menurut J.H. De Goede yaitu proses pertambahan penduduk pada suatu wilayah perkotaan. Lain daripada itu juga merupakan sebuah proses transformasi suatu wilayah berkarakter rural atau pedesaan menjadi urban atau perkotaan.

2. Kantsebovskaya

Menurut Kantsebovskaya pengertian urbanisasi adalah sebuah proses atau gejala yang memiliki sifat multi-sektoral. Gejala ini ditinjau dari sebab dan akibat yang ditimbulkan.

3. Shryyock & Siegel

Menurut mereka urbanisasi adalah pertumbuhan penduduk yang signifikan di daerah perkotaan

4. Ir. Triatno Yudo Harjoko

Menurut Ir. Triatno Yudo Harjoko pengertian urbanisasi adalah perubahan wilayah kawasan non-urban menjadi kawasan urban yang dipengaruhi oleh masyarakatnya.

5. Daljoeni

Menurut Daldjoeni urbanisasi adalah pertumbuhan penduduk yang cenderung meningkat dari segi jumlah maupun penyebarannya di daerah perkotaan.

6. Herlianto

Menurut Herlianto pengertian urbanisasi adalah sebuah proses pertumbuhan daerah pedesaan menjadi suatu perkotaan. Selain itu beliau juga berpendapat bahwa urbanisasi adalah berkembangnya daerah pedesaan menjadi kota atau desa yang memiliki ciri kota.

7. Kingsley Davis

Menurut Kingsley davis urbanisasi adalah meningkatnya proporsi jumlah penduduk yang memusat di perkotaan

8. Bintarto

Menurut Bintarto pengertian urbanisasi adalah sebuah proses meningkatnya jumlah penduduk di kota. Peningkatan ini dipengaruhi oleh peningkatan fertilitas penduduk kota maupun adanya pertambahan penduduk dari pedesaan.

Demikian artikel (Definisi) Pengertian Urbanisasi Serta Faktor Pendorongnya yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.