(Definisi) Pengertian Transmigrasi Dan Pembagiannya

Artikel yang terkait dengan judul :(Definisi) Pengertian Transmigrasi Dan Pembagiannya

(Definisi) Pengertian Transmigrasi Dan Pembagiannya ✓ Dalam perpindahan penduduk sering kali kita menemukan istilah-istilah seperti transmigrasi, urbanisasi, dan imigrasi. Dari ketiga istilah tersebut transmigrasi yang paling mendominasi dalam perpindahan penduduk di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan pemerintah mempunyai tujuan untuk melakukan persebaran merata di kawasan Indonesia. Untuk lebih jelasnya simaklah pembahasan mengenai pengertian transmigrasi dan tujuannya, berikut penjabarannya.

Pengertian Transmigrasi Dan Pembagiannya

Pengertian Transmigrasi
H.J Heeren

H.J Heeren berpendapat bahwa transmigrasi adalah perpindahan orang dari daerah padat penduduk ke daerah yang masih jarang penduduknya. Perpindahan tersebut dilakukan dalam wilayah negara untuk mewujudkan kebijakan nasional untuk melakukan penyebaran penduduk yang merata di setiap tempat.

Undang-Undang No.15 Tahun 1997

Pengertian Transmigrasi dalam UU No.15 Tahun 1997 adalah perpindahan penduduk dengan sukarela guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan di daerah tujuan rakyat akan menetap.
Dari beberapa  pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari wilayah yang padat penduduk ke wilayah yang masih jarang penduduknya sesuai yang ditetapkan oleh pemerintah.

Berdasarkan pelaksanaannya, transmigrasi  dibedakan menjadi 4 yaitu

1. Transmigrasi Umum
Transmigrasi umum adalah program transmigrasi yang dilakukan oleh pemerintah. Biaya untuk melakukan transmigrasi ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Saat transmigran sampai di tempat tujuan akan diberikan tempat tinggal, penyediaan lahan, dan akan diberikan biaya hidup untuk beberapa bulan ke depan.

2. Transmigrasi Swakarsa Atau Transmigrasi Spontan
Transmigrasi swakarsa yaitu transmigrasi yang dilakukan atas kesadaran sendiri tanpa adanya dorongan dari orang lain. Walaupun demikian para imigran tetap mendapatkan bimbingan dan fasilitas dari pemerintah. Fasilitas yang diberikan pemerintah berupa dana usaha, lahan, dan alat-alat pertanian. Transmigrasi swakarsa dibagi menjadi 2 yaitu  transmigrasi swakarsa berbantuan dan transmigrasi swakarsa mandiri. Para  Transmigran swakarsa berbantuan akan mendapatkan bantuan dari keuangan negara dalam bentuk modal usaha dan akan ditempatkan di daerah baru yang agak terbuka. Sedangkan transmigran swakarsa mandiri hanya akan mendapatkan pengarahan dan informasi kesempatan kerja.

3. Transmigrasi Sektoral
Transmigrasi sektoral adalah transmigrasi yang biayanya ditanggung oleh pemerintah daerah baik pemerintah daerah dan pemerintah daerah tujuan. transmigrasi sektoral lebih murah dibandingkan jenis transmigrasi yang ada, serta transmigran akan mendapatkan berbagai fasilitas di daerah tujuan.

4. Transmigrasi Bedol Desa
Transmigrasi bedol desa adalah salah satu  jenis transmigrasi yang dilakukan secara bersama-sama dari daerah tersebut. Transmigrasi bedol desa dilakukan karena beberapa faktor, antara lain.
  • Transmigrasi bedol desa dilakukan dikarenakan  terkena bencana secara terus-menerus dan dapat membahayakan warga sekitar. Bencana yang melanda seperti letusan gunung berapi, tanah longsor,banjir dan bencana lain yang sangat mengkhawatirkan. Jadi warga di daerah tersebut dilakukan transmigrasi bedol desa ke daerah yang  masih aman dan jarang penduduknya .
  • Daerah asal terkena pembangunan pemerintah yang mengharuskan warga sekitar pindah dari daerah tersebut. pembangunan yang dilakukan seperti pembangunan bandara, ataupun fasilitas umum yang membutuhkan lahan yang cukup luas.
Namun banyak yang melakukan transmigrasi tanpa adanya izin dari pihak terkait. Hal tersebut dapat merugikan transmigran sendiri, karena di daerah tujuan transmigran akan memulainya sendiri dari awal. Selain itu transmigran akan disibukkan dengan perijinan tinggal untuk menetap maupun dalam mencari pekerjaan. Jadi sebelum anda memutuskan untuk melakukan transmigrasi lebih baik ketahui lebih dulu persyaratannya dan selesaikan data-data yang dibutuhkan di pihak terkait.

Pengertian transmigrasi di atas semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. dengan dilakukannya transmigrasi penyebaran penduduk tidak hanya ada pada satu titik dan mencegah daerah padat penduduk. Jika persebaran penduduk merata di semua wilayah di Indonesia maka akan memperlancar laju ekonomi bangsa. Selain ikut membangun perekonomian bangsa,juga ikut dalam mengelola sumber daya yang ada dalam wilayah tersebut.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Urbanisasi
2. Pengertian firewall
Demikian artikel (Definisi) Pengertian Transmigrasi Dan Pembagiannya yang semoga bermanfaat. Terimakasih.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.