(Definisi) Pengertian Firewall dan Jenisnya

Artikel yang terkait dengan judul :(Definisi) Pengertian Firewall dan Jenisnya

(Definisi) Pengertian Firewall dan Jenisnya ✓ Dunia teknologi informasi memang tidak ada habis-habisnya jika kita bahas satu per satu. Banyak sekali istilah-istilah yang sering membuat orang awam tidak mengerti. Untuk mengurangi hal tersebut, kali ini kita akan membahas tentang sebuah sistem pembatas antara komputer kita dengan jaringan luar yang kita akses. Sistem yang dimaksud adalah firewall. Lantas apakah pengertian firewall?

Daftar Isi

1. Pengertian Firewall
2. Jenis Firewall
Pengertian Firewall

Pengertian Firewall

Apa itu firewall? Pengertian firewall secara umum adalah sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang memiliki fungsi utama melindungi komputer dari serangan komputer luar melalui sebuah jaringan. Firewall juga dapat diartikan sebagai sistem yang memberi otorasi lalu lintas jaringan. Cara kerja firewall secara garis besar sangatlah sederhana. Jika terdapat jaringan dari luar yang dianggapnya tidak aman, secara otomatis sistem akan mencegahnya. Akan tetapi dalam browser biasanya kita mendapat notifikasi bahwa situs ini tidak aman.

Jenis Firewall

Packet Filtering Gateway

Packet filtering gateway merupakan jenis firewall yang bertugas untuk melakukan fliter terhadap paket yang berasal dari luar jaringan yang dilindungi. Jenis firewall ini hanya mengecek darimana sumbernya, tujuan dan atribut dari paket tersebut. Cara kerjanya adalah pada mulanya sistem akan memfilter dengan membandingkan alamat sumber dengan kebijakan kontrol akses yang sudah ditetapkan di Access Control List.

Dalam hal ini sistem berhak memutuskan apakah paket tersebut dapat diteruskan ke tujuannya atau dihentikan. Adapun bentuk firewall jenis ini adalah router atau komputer yang dilengkapi dengan 2 NIC (Network Interface Card). Yang menarik dari firewall ini adalah mereka tidak dapat digunakan untuk memberikan akses dengan menggunakan hak pengguna.

Circuit Level Gateway

Pengertian firewall jenis circuit level gateway adalah firewall yang bertugas mengawasi dan menyembunyikan informasi dari jaringan yang terproteksi. Firewall ini akan bekerja pada lapisan sesi jaringan atau session layer. Dimana firewall nantinya akan melakukan pengawasan terhadap TCP/IP dan menentukan apakah jaringan pada sesi layer yang masuk tersebut boleh dihubungkan atau tidak.
Jika dibandingkan dengan packet filtering firewall, circuit level gateway bisa dibilang lebih aman. Hal ini dikarenakan pengguna dari luar jaringan tidak dapat melihat alamat IP dari jaringan internal dalam paket tersebut. Akan tetapi, mereka hanya dapat melihat IP address dari firewall tersebut.

Application Layer Gateway

Application layer gateway atau dikenal sebagai proxy firewall merupakan bagian dari proxy server. Adapun tugasnya adalah tidak memberikan izin setiap jaringan yang datang dan berusaha melewati firewall secara langsung. Akan tetapi dalam sistem kerjanya, proxy akan meneruskan permintaan paket yang datang ke layanan dalam jaringan privat tersebut. Layanan kemudian memberikan respon terhadap paket permintaan kepada komputer pengguna bahwa jaringan publik yang hendak diakses tidak aman.

Statefull Firewall

Pengertian firewall jenis statefull firewall adalah firewall gabungan dari keunggulan masing-masing packet filtering firewall, application layer gateway dan circuit level gateway. Dengan kata lain, firewall ini memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk tidak memberikan izin terhadap jaringan dari luar dan memiliki tingkat keamanan yang paling tinggi dibandingkan jenis firewall lainnya. Tidak hanya itu saja, struktur yang terdapat pada statefull firewall juga lebih kompleks dibandingkan yang lainnya. Dan perlu diketahui bahwa firewall jenis ini hanya dapat ditemukan pada beberapa firewall kelas atas seperti Cisco PIX.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Gateway
2. Pengertian Kewirausahaan
Itulah pengertian firewall network dan beberapa jenis firewall yang sering digunakan dalam sebuah sistem operasi komputer. Semoga dapat menambah wawasan Anda tentang dunia teknologi jaringan internet. Sampai jumpa pada pembahasan lainnya !



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.