10 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli

Artikel yang terkait dengan judul :10 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli

10 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli ✓ Dalam kehidupan bermasyarakat pasti kita akan mengalami interaksi dengan lingkungan sekitar. Lingkungan tempat tinggal setiap orang pun berbeda-beda. Perbedaan tersebut terlihat dari segi karakteristik maupun letak geografis. Dalam sebuah lingkungan masyarakat, proses sosialisasi tidak selalu berjalan dengan baik. Terkadang timbul beberapa permasalahan yang melibatkan antar induvidu maupun antar kelompok. Faktor penyebabnya pun berbeda beda mulai dari perbedaan tujuan, kekuasaan, kebudayaan dan sebagainya. Tidak jarang konflik tersebut mengakibatkan kekerasan fisik maupun psikis kepada pihak yang dianggap musuh. Permasalahan tersebut sering disebut dengan istilah konflik sosial. Berikut akan dijelaskan pengertian konflik sosial.

Daftar Isi

1. Pengertian Konflik Sosial
2. Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Konflik Sosial

Konflik berasal dari bahasa latin “confirege” yang berarti saling memukul. Pengertian konflik sosial juga tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang artinya perselisihan, percecokan, atau pertentangan. Secara umum konflik sosial dapat di definisikan sebagai kondisi yang saling berseberangan, tidak selaras, dan bertentangan.

Secara sosiologis, pengertian konflik sosial adalah sebuah proses sosial antara dua orang atau lebih yang berusaha saling menyingkirkan dengan cara menghancurkan. Konflik sosial termasuk dalam interaksi sosial yang bersifat diasosiatif.

Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli

1. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, pengertian konflik sosial adalah sebuah proses sosial antar individu atau kelompok yang berusaha mencapai sebuah tujuan.  Untuk mencapai tujuan tersebut, cara yang dilakukan adalah dengan menantang pihak lawan dan dapat disertai ancaman maupun kekerasan.

2. Lewis A. Coser

Pengertian konflik sosial menurut Lewis A. Coser adalah sebuah perjuangan tentang sebuah nilai, status, kekuasaan, serta sumber daya yang bersifat langka. Semua hal itu bermaksud untuk menetralkan, mencederai maupun melenyapkan lawan.

3. Gillin Dan Gillin

Gillin bersaudara berpendapat pengertian konflik sosial adalah bagian dari proses interaksi sosial yang saling berlawanan. Artinya konflik sosial adalah sebuah proses interaksi sosial yang terjasdi karena adanya perbedaan fisik, emosi, kebudayaan, serta perilaku.

4. Rafl Dahrendorf

Menurut Rafl Dahrendorf konflik sosial adalah sebuah polarisasi kekuasaan serta wewenang yang tidak seimbang. Ketidakseimbangan ini mengakibatkan perbedaan kepentingan antar mereka yang punya kekuasaan dengan yang tidak punya kekuasaan.

5. De Moor

De Moor berpendapat bahwa terjadinya konflik sosial apabila dalam sebuah sistem terdapat penghuni yang membiarkan dirinya terbawa oleh tujuan maupun nilai yang bertentangan. Dan hal itu terjadi secara besar-besaran.

6. Robert M. Z. Lawang

Pengertian konflik sosial menurut Robert M. Z. Lawang adalah sebuah perjuangan untuk memperoleh hal yang langka seperti status, nilai, atau kekuasaan. Mereka yang berkonflik hanya mengejar satu tujuan yaitu kemenangan atas pihak lawan. Serta membuat pihak lawan mengakui serta tunduk kepada pihak yang menang.

7. Robbins

Menurut Robbins, konflik sosial adalah sebuah proses yang akan dimulai jika satu pihak merasa pihak lain telah memberikan pengaruh negatif. Pengaruh negatif ini di perhatikan dan dirasakan oleh pihak pertama. Sesuatu tidak akan menjadi konflik apabila sebuah kecocokan tidak dirasakan oleh salah satu pihak.

8. Fisher

Fisher berpendapat bahwa tidak ada satu masyarakat pun yang belum pernah mengalami konflik antar anggota maupun dengan kelompok sosial lain. Sebuah konflik akan terjadi apabila hubungan dua pihak atau lebih sudah mempunyai tujuan yang tidak sejalan.

9. White & Bednar

Mereka berpendapat bahwa konflik sosial adalah sebuah interaksi antara orang atau kelompok yang saling merasakan adanya tujuan yang saling bertentangan. Hal itu akan mengganggu hubungan satu sama lain dalam mencapai tujuan masing-masing.

10. Cassel Concise

Cassel Concise berpendapat bahwa pengertian konflik sosial adalah suatu pertarungan, pergulatan, pertentangan tentang opini dan tujuan, serta penderitaan batin.

Demikianlah artikel 10 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.