Sejarah Olahraga Renang

Artikel yang terkait dengan judul :Sejarah Olahraga Renang

Sejarah renang ✓ Olahraga renang merupakan kegiatan yang dilakukan di dalam air dengan menggunakan teknik khusus. Renang dapat dilakukan oleh semua orang mulai dari anak kecil, remaja dan orang dewasa. Olahraga ini tidak hanya dilakukan sebagai kegiatan biasa karena ada yang membuat olimpiade renang baik tingkat nasional maupun internasional. Dalam olimpiade saling memperebutkan medali untuk mendapatkan kemenangan pada cabang olahraga air ini, selain misalnya olahraga voli, basket, lari, sepak bola dan olahraga-olahraga yang lainnya.

Daftar Isi

1. Mengenal Sejarah Renang
2. Sejarah Renang Era Modern

Sejarah Olahraga Renang

sejarah renang

Renang sangat baik bagi kesehatan tubuh, ada manfaat berenang yang harus diketahui yaitu dapat memperkuat otot yang berada di dalam tubuh, tubuh menjadi fleksibel, dapat mengurangi peradangan dan memperkuat fungsi dari kardiovaskuler, membakar lemak dan kalori dalam tubuh, menghindari stres, dan meredakan gejala penyakit asma yang mengganggu kesehatan tubuh.

Mengenal Sejarah Renang

Tahukah Anda bahwa sejarah renang sudah ada sejak zaman Batu? Sejarah renang ini terbukti adanya lukisan batu yang sudah mencapai usia 10.000. Gambar lukisan tersebut yaitu orang yang sedang melakukan renang pada bagian barat Mesir tepatnya di Wadisura. Pada tahun 4000 SM dibuat lukisan renang yang sedang menunjukkan sebuah ritual tertentu. Lukisan Sejarah renang ini sangat terkenal dan tersimpan pada padang gurun Kebir.

Nikoalaus Wynman menulis buku dengan judul Colymbete, isi dari bukunya yaitu tentang sejarah renang meliputi metode, cara dan pertolongan pertama saat mengalami kecelakaan renang. Buku ini ditulis pada tahun 1539 dengan tujuan meminimalisir orang yang meninggal dunia akibat tenggelam. Pada tahun 1587 Everard Digby menyusun bukunya dan menuliskan bahwa manusia memiliki kepAndaian berenang melebihi ikan, gaya dada adalah yang paling baik dalam renang.

Renang untuk seluruh masyarakat umum resmi dibuka pada tahun 1828, sedangkan untuk kompetisi renang sendiri baru diadakan pada tahun 1830 hanya di Negara Inggris. Pertandingan renang pada tahun 1844 yang berada di London yaitu diikuti hanya 2 orang dari Amerika dan orang Inggris.

Olahraga renang untuk perempuan dipopulerkan oleh Nancy Edberg. Dia mencetuskan bahwa renang bisa digunakan untuk semua gender. Nancy mengajarkan semua perempuan untuk belajar renang. Pertama kali diadakan kompetisi renang bagi perempuan pada tahun 1892. Lalu olahraga renang terus berkembang hingga sekarang.

Sejarah Renang Era Modern

Sejarah renang yang modern pertama kali dilakukan di Negara Athena pada tahun 1896. Yakni pertandingan tersebut meliputi empat jarak yaitu 100 m, 500 m, 1200 m, bebas dan 100 m untuk para pelaut. Pada Olimpiade kedua tahun 1200 diadakan di Negara Paris tepatnya Prancis. Pertandingannya meliputi jarak 200 meter untuk gaya dada, 200 meter regu, bebas, 1000 meter, dan 4000 meter.

Federation Internationale De Nasution De Amateur (FINA) didirikan pada tahun 1908. Pembentukan persatuan renang ini adalah untuk memberikan dan menciptakan variasi gaya renang. Hasilnya yaitu variasi gaya dada yang bisa dibuat menjadi gaya kupu-kupu. Selang beberapa tahun gaya ini masih menjadi satu dan baru dipisahkan tahun 1952.

Gaya renang tidak sembarangan diciptakan karena gaya tersebut telah mengalami pembaharuan selama bertahun-tahu. Tahun 1973 John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya bebas dari. Gaya renang ini diperbarui oleh Richard Cavill tahun 1902 dengan menambahkan gerakan sontak dan kibasan.

Hingga sekarang perkembangan gaya renang selalu ada inovasinya dan semakin maju. Bahkan jarak olimpiade renang sekarang tidak hanya 4 saja melainkan lebih dari itu. Penggunaan gaya juga tidak hanya 2, ada inovasi gaya renang yang baru. Olimpiade renang pada saat sekarang tidak dilakukan di luar negeri saja tetapi di dalam negeri juga sudah ada bahkan dengan skala International.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Sejarah Olahraga Atletik
2. Sejarah ASEAN
Demikian artikel Sejarah Olahraga Renang yang semoga bermanfaat.0



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.