Sejarah Berdirinya ASEAN

Artikel yang terkait dengan judul :Sejarah Berdirinya ASEAN

Sejarah ASEAN ✓ ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967, saat kongres di Bangkok dengan diikuti oleh 5 Negara yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Malaysia. Hal ini dituangkan dalam Deklarasi Bangkok.

Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) atau lebih di kenal dengan nama Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), sebagai organisasi ekonomi dan geo politik dari Negara di area Asia Tenggara. Pembentukkan ini bertujuan untuk pertumbuhan social, ekonomi, dan kebudayaan antar bangsa, serta menjaga perdamaian regional.
Sejarah ASEAN
Pada tanggal 7 Januari 1948 dan 28 Juli 1995 menjadi sejarah ASEAN baru, dimana Brunei Darussalam ikut bergabung dalam ASEAN, serta di susul oleh Vietnam sebagai Negara ke 7 di ASEAN. Sekarang ASEAN sudah mencakup semua Negara yang ada di Asia Tenggara, kecuali 2 Negara baru yaitu Papua Nugini dan Timor Leste.

Awal Sejarah ASEAN Terbentuk
Sebelumnya kita sudah mengatakan, bahwa ASEAN didirikan oleh 5 Negara yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Malaysia di Bangkok, sehingga di kenal dengan Deklarasi Bangkok. Pada saat itu di tanda tangan oleh menteri luar negeri dari tiap Negara yaitu Indonesia (Adam Malik), Thailand (Thanat Khoman), Singapura (S. Rajaratnam), Filipina (Narciso Ramos), dan Malaysia (Tun Abdul Razak).

Isi Deklarasi Bangkok meliputi

1. Membuat kemajuan social, perkembangan kebudayaan, dan pertumbuhan ekonomi menjadi lebih cepat, terutama untuk Negara-negara di Asia Tenggara.

2. Menjalin sebuah kerja sama antar Negara, serta membantu dalam kepentingan bersama, terutama dalam bidang social, teknik, administrasi, pengetahuan, dan ekonomi.

3. Membuat kerja sama antar Negara menjadi semakin erat, terlebih dalam organisasi regional dan internasional.

4. Menimbulkan sikap perdamaian dan stabilitas regional ASEAN

5. Menjalin kerja sama untuk memajukan latihan, pendidikan, dan penelitian yang ada di area Asia Tenggara.

Sejarah ASEAN Tambah Negara
Brunei Darussalam masuk dalam organisasi ASEAN pertama di luar pendiri, mereka bergabung pada tanggal 7 January 1984, setelah 1 minggu mereka memperingati hari kemerdekaannya.

ASEAN kembali menerima keanggotaan baru setelah 11 tahun berlalu. Anggota yang baru tersebut adalah Vietnam yang menjadi anggota ke 7 pada tanggal 28 Juli 1995. Selanjutnya giliran Myanmar dan Laos yang ikut bergabung dalam anggota ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997.

Sementara tetangga mereka Kamboja, harus mengurungkan niatnya untuk bisa bergabung dalam organisasi ASEAN. Hal ini dikarenakan ada masalah politik dalam negeri yang harus diselesaikan, 2 tahun kemudian, Kamboja berhasil ikut dalam organisasi ASEAN pada tanggal 16 Desember 1998.

Sejarah ASEAN Menolak Timor Leste
Timor Leste merupakan Negara baru yang di dominasi oleh koloni Portugis dan dianeksasi oleh Indonesia, sekarang menjadi observer (pemerhati) di ASEAN. Hal ini di dukung oleh protes dari beberapa Negara ASEAN yang tidak ingin Timor Leste masuk dalam anggota ASEAN, sebab mereka menghormati Indonesia.

Pada awalnya keputusan memberi status observer kepada Timor Leste, mendapat penolakan dari Myanmar, sebab Timor Leste telah mendukung pro-demokrasi Myanmar yaitu Aung San Suu Kyi.

Sejak restorasi kemerdekaan Mei 2002, ASEAN sudah memberi bantuan kepada Timor Leste dengan mengundangnya dalam pertemuan. Namun Menlu Timor Leste yang menjadi presiden, Ramos Horta, menyatakan tidak ingin masuk ASEAN, sebab dia beranggapan Timor Leste termasuk Negara Pasifik atau Australia.

Menurut kabar terakhir Timor Leste ingin menjadi anggota ASEAN, keinginan ini di dukung oleh Negara-negara di ASEAN termasuk Indonesia. Pemerintah Timor Leste juga sudah membangun Sekertariat Nasional ASEAN bulan February 2009.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Seni Grafis
2. Macam-Macam Hak Asasi Manusia
Sekian sejarah ASEAN terbentuk atas perjuangan bangsa-bangsa di Asia Tenggara. Semoga kita bisa menghargai para pejuang yang telah berhasil sejauh ini, sejarah adalah guru terbaik masa depan.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.