Pengertian Toleransi, Macam dan Manfaatnya

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Toleransi, Macam dan Manfaatnya

Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman suku, budaya, kepercayaan dan bahasa. Keberagaman inilah yang memunculkan sikap toleransi masing-masing orang. Tanpa adanya sikap toleransi, sebuah bangsa atau lingkungan sekitar kita tidak akan pernah nyaman ditinggali karena pasti akan terjadi perseteruan. Apa itu toleransi? Pengertian toleransi secara umum adalah sikap atau perilaku untuk saling menghargai antar kelompok ataupun antar individu dalam sebuah lingkup sosial. Tujuan lain dari toleransi adalah untuk mencegah terjadinya diskriminasi dalam sebuah kelompok ataupun secara individu.

Daftar Isi

1. Macam Toleransi
2. Manfaat Toleransi

Pengertian Toleransi, Macam dan Manfaatnya

Pengertian ToleransiMacam Toleransi

Hingga saat ini sudah banyak macam-macam toleransi, bagi dari segi lingkungan ataupun toleransi dalam suatu bidang tertentu seperti pengukuran. Akan tetapi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas macam toleransi yang ada di lingkungan sekitar kita. Secara umum, toleransi dalam kehidupan terbagi menjadi 2 macam, yaitu toleransi agama dan toleransi sosial. Apa itu toleransi agama dan toleransi sosial?

Toleransi Agama
Pengertian toleransi agama adalah sikap yang ditunjukkan oleh seorang individu atau kelompok dalam menghormati agama yang dianut oleh orang lain, baik secara individu atau kelompok. Dalam toleransi agama, kita tidak boleh mengejek atau merendahkan agama yang dianut orang lain dan yang lebih penting adalah tidak boleh menjadikan orang yang berbeda agama dengan kita menjadi musuh.
Contoh toleransi agama sesama muslim salah satunya yaitu menghargai perbedaan pendapat yang ada dalam memahami Islam misalnya perbedaan jumlah rakaat pada saat salat terawih. Selain itu, karena hingga saat ini penganut organisasi Islam berbeda-beda, seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama dan penganut Islam yang lainnya kita juga harus saling menghormati perbedaan yang terjadi seperti perbedaan kapan melakukan puasa & lebaran Idul Fitri.

Toleransi Sosial
Toleransi sosial adalah sikap menghargai antara individu satu dengan yang lainnya terhadap status sosial yang mereka miliki. Dalam hal ini kita tidak boleh membanding-bandingkan seseorang dalam pertemanan, saling tolong menolong dan lain sebagainya. Yang terpenting dari toleransi sosial adalah saling menjaga dan menghormati agar terciptanya lingkungan yang nyaman ditinggali.

Contoh toleransi sosial di lingkungan sekitar adalah tetap menjenguk tetangga kita yang masih sakit meskipun terdapat perbedaan kepercayaan dan status sosial seperti mereka berasal dari keluarga yang kurang mampu. Contoh dalam lingkungan pendidikan (sekolah) salah satunya adalah tetap berteman dengan mereka yang memiliki perbedaan suku, warna kulit dan lain sebagainya.

Manfaat Toleransi

Setiap sikap yang kita lakukan terhadap orang lain dengan tingkatan sosial yang berbeda ataupun perbedaan kepercayaan ternyata memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya?

• Menghindari Perpecahan - Sikap toleransi antar individu atau kelompok merupakan hal yang sangat penting untuk menghindari terjadinya perpecahan dalam masyarakat. Selain itu, sikap toleransi merupakan salah satu norma-norma yang harus dijalankan dalam kehidupan bermasyarakat.

• Mengendalikan Ego - Dengan bertoleransi, secara tidak langsung kita ternyata dapat mengendalikan ego yang ada di dalam diri kita. Apabila kita tidak dapat mengontrol ego kita, maka dapat menimbulkan konflik antar individu atau kelompok.

• Nasionalisme - Sikap toleransi yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat nantinya akan menjadi sikap nasionalisme. Di mana dalam suatu bangsa yang besar, masyarakatnya memiliki rasa mencintai, menghargai dan saling peduli satu sama lain.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Inovasi
2. Pengertian Majas
Nah itulah pengertian toleransi dan contohnya dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk orang tua, sebaiknya mengajarkan contoh dan sikap toleransi sedini mungkin kepada anak-anaknya agar tidak menimbulkan kesenjangan sosial serta memberi pendidikan kepada anak untuk menjadi pribadi yang baik.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.