Pengertian Tipografi, Fungsi Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Tipografi, Fungsi Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Apakah kamu pernah mendengar istilah tipografi? Hal apa yang kamu pikirkan pertama kali ketika mendengar kata tipografi? Mungkin yang terpikir di benak kalian jika mendengar kata tipografi adalah kesalahan dalam menulis. Seringkali memang kesalahan dalam menulis disebut tipo atau typo. Namun tahukah kamu ternyata pengertian tipografi sendiri bukan hanya sekedar kesalahan dalam menulis saja. Lantas apakah sebenarnya pengertian tipografi? Untuk mengetahui jawabannya mari kita lihat pembahasan mengenai tipografi pada artikel ini.

Daftar Isi

1. Pengertian Tipografi
2. Fungsi Tipografi
3. Contoh Tipografi Pada Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian Tipografi, Fungsi Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian Tipografi

Pengertian Tipografi

Sebenarnya tipografi dimengerti sebagai suatu seni penataan huruf atau seni cetak dimana seni tersebut berupa teknik pemilihan dan penataan huruf dalam ruang yang ada. Hal ini bertujuan agar dapat diciptakan suatu kesan tertentu pada susunan penataan huruf tersebut. Dengan demikian susunan atau tatanan huruf tersebut dapat menjadi sebuah kata atau kalimat yang dapat dipahami pada saat membacanya. Jika sebuah kalimat atau kata dapat dipahami dengan maksimal tentu pembaca dapat menemukan kenyamanan yang maksimal pula dalam membaca kalimat atau kata tersebut.

Pengertian tipografi yang lainnya adalah suatu ilmu atau kemampuan yang dikaitkan dengan sebuah profesi yang bernama pinata aksara pada perusahaan pembuat aksara ataupun pada percetakan.
Ada lagi pengertian tipografi yang lain. Pengertian tipografi yang lain itu mengatakan bahwa tipografi merupakan teknik dan seni perancangan atau penataan aksara. Dalam hal ini teknik dan seni perancangan atau penataan aksara tersebut dikaitkan dengan penyusunan publikasi visual dalam bentuk cetak atupun non cetak.

Tipografi juga mengenal seni rupa huruf atau type design. Type design sendiri adalah desain atau karya yang menjadikan huruf yang diatur sebagai elemen yang paling utama. Dalam hal ini, pengertian huruf yang dilambangkan untuk bunyi dapat terabaikan.

Di sisi lain pada dunia desain grafis, tipografi dianggap sebagai suatu disiplin yang bersifat khusus. Dalam desain grafis yang dipelajari pada tipografi adalah seluk beluk huruf atau yang biasa dikenal dengan istilah font. Kesan-kesan tertentu dapat tercipta melalui jenis-jenis huruf atau font yang berbeda-beda. Hal ini dapat disesuaikan dengan tema yang diambil untuk proses publikasinya.

Fungsi Tipografi

Setelah membaca sedikit uraian tentang pengertian tipografi di atas bagaimana apa kamu sudah mengerti apa itu tipografi yang sebenarnya? Jika sudah lantas sebenarnya untuk apa adanya ilmu atau seni tipografi ini? Fungsi dari tipografi tidak lain dan tidak bukan adalah berguna untuk menyampaikan informasi atau ide si penulis kepada pembacanya. Mungkin jika ilmu atau seni tipografi tidak ditemukan, kita tidak akan bisa membaca sebuah tulisan dan memaknai apa arti tulisan tersebut sampai sekarang. Dengan adanya ilmu atau seni tipografi kita jadi bisa mengatur huruf-huruf supaya bisa menjadi sebuah kata yang memiliki makna. Lebih lanjut lagi kata-kata yang sudah tersusun dari huruf-huruf tersebut dapat kita rangkai untuk menjadi sebuah kalimat yang memiliki makna tertentu.

Contoh Tipografi Pada Kehidupan Sehari-Hari

Sebenarnya seringkali kita menemukan berbagai macam contoh tipografi dalam kehidupan sehari-hari. Namun seringkali juga kita tidak menyadari bahwa hal itu adalah sebuah contoh dari ilmu atau seni tipografi ini. Contoh yang paling sering kita temui adalah pada saat kita membaca koran atau majalah. Tentunya pada koran dan majalah yang kita baca terdiri dari ribuan bahkan mungkin jutaan kata atau kalimat. Nah kata-kata dan kalimat tersebut diatur sedemikian rupa agar dapat menjadi sebuah informasi yang bisa kita pahami.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Globalisasi
2. Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli
Demikian artikel Pengertian Tipografi, Fungsi Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.