Pengertian Resume

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Resume

Meringkas sebuah cerita atau sebuah artikel atau yang biasa disebut dengan resume memang sudah sangat sering dilakukan. Terlebih bagi kalangan mahasiswa, pasti sudah menjadi sebuah makanan yang dimakan sehari-hari.  Resume ini juga sebenarnya sudah seringkali dibuat oleh masyarakat. Mulai dari tingkat SD,SMP,SMA, Kuliah atau bahkan tingkat professor pun sering membuat resume tersebut.  Untuk itu sudah selayaknya jika kita mencari tahu sebenarnya apa pengertian resume itu sendiri dan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan resume tersebut.

Daftar Isi

1. Pengertian Resume
2. Perbedaan Antara Resume Dan Ikhtisar
3. Langkah Dalam Menulis Resume

Pengertian Resume
Sudah menjadi kebiasaan jika mempelajari sesuatu itu dimulai dari pengertian terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku dalam pembuatan resume. Maka yang harus diketahui adalah pengertian dahulu

1. Pengertian Resume

Sebenarnya pengertian ini sudah banyak yang mengetahui  namun masih banyak perbedaan yang ada dalam memaknai resume tersebut.  Hal ini biasa terjadi bagi para ahli.

Secara garis besar pengertian dari resume adalah sebuah ringkasan yang berasal dari sebuah narasi yang cukup panjang yang selanjutnya di ringkas menjadi lebih sedikit tanpa memotong dan mengurangi  makna yang terkandung dalam narasi tersebut.

2. Perbedaan Antara Resume Dan Ikhtisar

Dari ketiga tersebut tentunya mempunyai ciri khas masing-masing di antaranya :

• Resume mempunyai arti sebuah kegiatan dalam rangka penyusunan sebuah pokok gagasan dalam sebuah karangan tanpa merubah isi pokok yang ada di dalamnya.

• Sedangkan ikhtisar  sebenarnya hampir sama dengan resume yang berbeda hanyalah terletak pada  urutan yang ada dalam gagasan tersebut penempatannya terserah dari pembuat ikhtisar. Segalanya Bisa diganti sesuai dengan pemikiran pembuat ikhtisar  meski kata yang digunakan tidak sama.

3. Langkah Dalam Menulis Resume

A. Membaca Teks Atau membaca Tulisan Yang Asli
Jika teman-teman seorang yang termasuk dalam penyuka  dan gemar membaca, maka hal ini bukan sebuah kendala yang besar.  Karena sesungguhnya membaca teks yang asli dalam membuat resume ini bukan hanya membaca dengan 1 kali saja.  Melainkan harus membaca berulang kali agar bisa mendapatkan makna dari bacaan tersebut.

B. Mencatat Dan Menentukan Gagasan Utama Dari Cerita Tersebut
Setelah membaca berulang kali sehingga bisa menemukan gagasan utama dari bacaan tersebut, maka yang harus teman-teman lakukan setelah itu adalah mencatat bagian perbagian yang menurut teman-teman mewakili dari isi bacaan tersebut. Gagasan tersebut nantinya harus dicatat secara rapi dan juga sesuai dengan urutan dalam jurnal. Karena dalam hal ini harus sesuai dengan bacaan tadi.

C. Mulai Menulis Sebuah Ringkasan
Setelah teman-teman menentukan gagasan dari sebuah tulisan dan telah mencatat hal-hal penting yang ada dalam sebuah tulisan panjang tersebut, maka hal yang harus teman-teman lakukan adalah menuliskannya kembali ke dalam sebuah lembar kerja dengan jumlah tulisan yang lebih sedikit namun bisa mewakili seluruh tulisan yang awal tadi. Dalam hal ini teman-teman tidak bisa mengurangi makna yang terkandung dalam tulisan yang teman-teman resume tadi.

D. Membaca Kembali Resume Yang Telah Dibuat
Setelah teman-teman selesai menuliskan kembali resume teman-teman, maka yang harus teman-teman lakukan adalah membaca ulang tulisan yang teman-teman tulis tadi. Periksalah apa masih ada kesalahan dalam penulisan tadi atau sudah benar.  Dalam membuat resume juga diperlukan sebuah tulisan bahasa Indonesia yang baik dan juga benar. Dalam penempatan ejaan dan tanda baca juga harus tepat.  Maksud dari  resume juga harus sesuai dengan teks yang awal.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Algoritma
2. Pengertian Aljabar Dasar
Demikian mengenai pengertian resume serta langkah yang harus dilakukan dalam menuliskannya. Semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.