Pengertian Jurnal Umum Serta Tujuan Dan Fungsi Jurnal Umum

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Jurnal Umum Serta Tujuan Dan Fungsi Jurnal Umum

Pada zaman modern seperti ini tentunya kita sudah tidak asing lagi mengenai kata Jurnal. Sangat disayangkan sekali jika seorang mahasiswa tidak pernah mendengar kata tersebut karena memang kata ini sudah sangat familiar apalagi bagi kalangan mahasiswa ekonomi yang notabene memang setiap harinya bergelut dalam bidang Jurnal umum. Jurnal sendiri sebenarnya ada beberapa macam mulai dari Jurnal umum, Jurnal ilmiah dan masih banyak lagi. Namun yang ditekankan dalam artikel ini adalah pengertian Jurnal umum serta beberapa hal yang terkait dengan Jurnal umum.  Hal ini dimaksudkan agar para pembaca yang budiman mengetahui seluk beluk dari Jurnal umum tersebut.

Daftar Isi

1. Pengertian Jurnal Umum
2. Tujuan Dari Jurnal Umum
3. Fungsi Dari Jurnal Umum

Pengertian Jurnal Umum Serta Tujuan Dan Fungsi Jurnal Umum

Pengertian Jurnal Umum
Seperti biasanya sebelum mempelajari sebuah informasi yang ada, biasakan untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku pada pengertian Jurnal umum.

1. Pengertian Jurnal Umum

Bagi seorang ahli ekonomi tentunya sudah sangat hafal mengenai pengertian ini karena memang Jurnal ini berat kaitannya dengan ilmu akuntansi ekonomi.  Secara umum, pengertian dari Jurnal umum adalah sebuah jurnal yang biasanya digunakan dalam rangka mencatat berbagai informasi transaksi keuangan yang  dalam sebuah periode tertentu. Jurnal inilah yang dijadikan oleh perusahaan sebagai buku harian yang mencatat segala aktivitas transaksi yang terjadi dalam perusahaan tersebut.

Jurnal umum sering juga dinamakan dengan sebutan jurnal memorial yaitu merupakan catatan transaksi perusahaan yang dicatat dalam media/ buku  secara permanen dan juga secara lengkap, yang penyusunannya berdasarkan kronologis (berdasarkan urutan waktu terjadinya) dari semua transaksi yang ada.

2. Tujuan Dari Jurnal Umum

Adanya Jurnal umum tentunya memiliki tujuan yang jelas.  Tujuan tersebut di antaranya untuk melakukan beberapa kegiatan dalam rangka pencatatan, pengidentifikasi serta menilai pengaruh sebuah ekonomi yang timbul akibat adanya sebuah catatan dalam transaksi keuangan.

3. Fungsi Dari Jurnal Umum

Layaknya Jurnal yang lainnya, dalam jurnal umum juga terdapat beberapa fungsi yang bisa digunakan dalam kegiatan ekonomi berikut lima fungsi yang ada dalam Jurnal umum tersebut:

A. Fungsi Historis
Fungsi historis adalah fungsi yang pertama dari jurnal umum.  Dalam hal ini Jurnal umum berfungsi sebagai sebuah catatan yang berguna dalam mencatat bukti transaksi secara keseluruhan .  transaksi yang dicatat tersebut  berupa transaksi keuangan  yang dicatat secara berurutan dengan tanggal kejadian transaksi yang sesuai dengan yang ada.

B. Fungsi Mencatat
Fungsi yang kedua dari Jurnal umum adalah sebagai catatan.  Hal ini karena Jurnal umum adalah sebuah catatan yang lengkap dan terperinci  dalam setiap transaksi keuangan yang terjadi.  .

C. Fungsi Analisis
Fungsi yang ke tiga dari Jurnal umum adalah fungsi analisis. Hal ini dikarenakan jurnal umum memang berfungsi sebagai analis untuk menentukan akun mana yang harus dikredit maupun didebet.

D. Fungsi Instruktif
Fungsi yang ke empat dari Jurnal umum adalah fungsi instruktif. Hal ini karena Jurnal umum adalah perintah posting pada buku besar, baik yang dikredit maupun yang di debet.

E. Fungsi Informatif
Fungsi dari Jurnal umum yang kelima adalah fungsi informatif. Hal ini karena Jurnal umum bisa memberikan sebuah keterangan terkait seluruh kegiatan transaksi yang terjadi dalam sebuah perusahaan secara luas dan benar.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Tipografi
2. Pengertian Globalisasi
Demikian mengenai pengertian Jurnal umum serta fungsinya secara lengkap. Semoga informasi yang diberikan bisa membantu anda dalam mencari informasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Amiin.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.