Pengertian Globalisasi Serta Dampaknya Yang Harus Diketahui

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Globalisasi Serta Dampaknya Yang Harus Diketahui

Dalam masa modern ini tentunya tidak asing lagi ketika kita mendengar kata globalisasi. Bahkan rasa-rasanya sudah menjadi kata yang diucapkan setiap harinya. Meski demikian, masih adanya simpang siur mengenai adanya globalisasi tersebut. Baik mengenai pengertian globalisasi sendiri maupun segala sesuatu yang ada di dalamnya.

Daftar Isi

1. Pengertian Globalisasi
2. Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi

Pengertian Globalisasi Serta Dampak Positif Dan Negatifnya

Pengertian Globalisasi
Untuk mengetahui seluk beluk tentang sesuatu, sudah menjadi sebuah kewajiban untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Hal itu juga berlaku dalam mengetahui apa itu globalisasi. Berikut pengertian globalisasi :

1. Pengertian Globalisasi

Mengenai pengertian globalisasi tentunya setiap tokoh memiliki pengertian yang berbeda-beda, namun sebenarnya memiliki maksud yang relatif sama. Dari beberapa pengertian para ahli, pengertian globalisasi secara garis besar adalah sebuah dunia yang terbentuk tanpa adanya batas. Atau bisa juga diartikan sebagai sebuah proses penyusutan dunia dan memendeknya jarak sehingga akan mempermudah manusia dalam mendapatkan sesuatu.

Banyak yang memang beranggapan jika globalisasi ini adalah sebuah produk yang diciptakan oleh kaum kapitalis barat dalam rangka untuk menciptakan kemenangan bagi kaum kapitalis sendiri untuk menguasai dunia ini. Hal ini bisa di rencanakan karena memang yang bisa menyatukan dunia adalah kaum kapitalis. Karena mereka mampu menciptakan sebuah alat berteknologi canggih untuk menyatukan wilayah yang memang jaraknya jauh.

2. Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi

Setelah kita mengetahui pengertian globalisasi tentunya untuk mengetahui seluk beluk globalisasi kita harus tahu dampaknya. Berikut dampak dari globalisasi.

A. Dampak Positif Dari Globalisasi

• Pola hidup menjadi serba instan dan cepat. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi kalangan produsen. Dengan adanya globalisasi maka produsen akan mempercepat produksinya. Terkhusus dalam bidang makanan.

• Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat. Tentunya dalam bidang informasi dan teknologi akan semakin berkembang dengan adanya globalisasi. Dengan demikian teknologi dan informasi akan cepat sekali berkembang dengan sendirinya.

• Dengan adanya globalisasi maka perbedaan dalam sebuah negara akan mudah disatukan,meski negara tersebut memiliki agama, etnis,suku dan ras yang berbeda. Hal ini akan terjadi karena adanya interaksi yang terjadi antara masyarakat luas sehingga akan menyatukan perbedaan yang ada di dalamnya.

• Dengan adanya globalisasi maka ekonomi dan kesejahteraan rakyat akan semakin meningkat. Dampak ini tentunya akan ada jika masyarakat dan pemerintah bisa memanfaatkan secara maksimal globalisasi tersebut. Pemanfaatan yang bisa di lakukan adalah bekerjasama dengan negara lain dalam bidang ekonomi. Baik impor maupun ekspor.

• Dengan adanya globalisasi maka kesehatan masyarakat akan ikut meningkat juga. Hal ini terjadi karena adanya penambahan dan juga pertukaran ilmu kesehatan dari dalam dan luar Negeri.

B. Dampak Dari Negatif Globalisasi

• Dengan adanya globalisasi maka kemungkinan akan terjadi pengangguran tenaga kerja. Hal ini bisa terjadi karena adanya pemecatan yang dilakukan oleh perusahaan serta banyaknya pelamar kerja yang tidak bisa ditampung oleh perusahaan. Hal ini juga terjadi karena berkembangnya teknologi sehingga segala sesuatu yang tadinya dilakukan oleh manusia digantikan dengan mesin.

• Dengan adanya globalisasi maka setiap individu akan memiliki perilaku yang individualis dari sebelumnya. Hal ini karena sebuah privasi dari setiap individu serta kurangnya sikap sosial dari individu tersebut.

• Dengan adanya globalisasi maka akan ada sebuah kebudayaan yang akan masuk dalam budaya kita, meski hal itu tidak sesuai dengan kebiasaan kita. Hal ini akan menjadi bahaya yang besar jika budaya yang masuk tersebut tidak sesuai dengan norma yang ada serta menjadikan keburukan bagi masyarakat.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli
2. Pengertian Liberalisme
Demikian pengertian globalisasi serta dampak yang bisa dituliskan. Semoga bermanfaat bagi pembaca.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.