(Pengertian) Definisi Ilmu Tajwid

Artikel yang terkait dengan judul :(Pengertian) Definisi Ilmu Tajwid

Sebagai umat islam, mempelajari Al-Qur’an adalah wajib hukumnya. Bagi siapa saja yang membaca Al-Qur’an akan mendapatkan pahala. Perkara demikian pasti diketahui oleh semua umat islam. Namun sedikit yang tahu bahwa memperindah bacaan Al-Qur’an sunnah hukumnya. Agar bacaan kita bagus, kita perlu mengetahui yang namanya ilmu tajwid.
Ilmu Tajwid

Ilmu Tajwid

Menurut bahasa tajwid berasal dari bahasa arab (tajwiidan : isim mashdar)  yang artinya membaguskan atau memperindah. Dalam membaca Al-Qur’an ada yang disebut ilmu qiro’ah. Tajwid dalam ilmu qiro’ah berarti mengeluarkan bunyi huruf hijaiyyah sesuai dengan sifat -sifat yang dimilikinya baik itu jelas, dengung ataupun samar.

Secara umum ilmu tajwid adalah merupakan ilmu tentang bagaimana tata cara membunyikan/ mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci Al-Qur’an atau bukan yang menggunakan bahasa arab.

Sedangkan menurut istilah, ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari cara membaguskan bacaan Al-Qur’an sesuai kaidah-kaidah yang ada. 

Menurut Imam Ali bin Abi Tholib, tajwid adalah mengeluarkan setiap huruf dari makhrojnya dan memberikan hak setiap huruf (qolqolah, hams dan lainnya) dan mustahaq huruf (karena idghom, ikhfa dan lainnya).

Sebagian besar yang dipelajari dalam ilmu tajwid adalah makhorijul huruf atau tempat keluar dan masuknya bunyi suatu huruf. Masih sedikit sekali umat islam yang mengetahui makhorijul huruf ini. Karena penjelasannya harus secara mendalam dan juga tidak diajarkan di sekolah-sekolah umum.

Di sebagian besar pesantren, terutama yang berbasis ahlussunnah waljama’ah, ilmu tajwid wajib dipelajari oleh setiap santri. Dan biasanya ilmu tajwid menjadi salah satu persyaratan kelulusan madrasah diniyah. Selain di pesantren, ilmu tajwid juga diajarkan di madrasah-madrasah bisa Madrasah Ibtidaiyyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) ataupun Madrasah Aliyah (MA).

Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid

Menurut Muhammad Mahmud, mempelajari ilmu tajwid hukumnya fardhu kifayah bagi setiap muslim yang berakal. Artinya kewajiban yang boleh diwakilkan oleh sebagian muslim saja dalam suatu daerah. Namun untuk prakteknya, ilmu tajwid wajib bagi setiap muslim.

Kewajiban mempelajari ilmu tajwid juga terdapat dalam firman Allah dan juga dalam hadits.
1. “Dan bacalah Al-Gur’an dengan tartil”. (QS. 73:4). Menurut Imam Ali bin Abi tholib, yang dimaksud tartil di sini adalah mentajwidkan huruf-hurufnya dan mengetahui tempat-tempat waqof.
2. Rosulullah bersabda : “Bacalah Al-Qur’an sesuai dengan cara dan suara orang Arab. Dan jauhilah olehmu cara baca orang-orang fasiq dan berdosa besar. Maka sesungguhnya akan datang beberapa beberapa kaum setelahku melagukan Al-Qur’an seperti nyanyian dan rabbaniah [membaca tanpa tadabbur] dan nyanyian. Suara mereka tdk bisa melewati tenggorokan mereka [tidak bisa meresap ke dlm hati]. Hati mereka & orang-orang yang simpati kpd mereka telah terfitnah [keluar dari jalan yg lurus].”

Sesuai yang dikatakan oleh Imam Ibn Al-Jazari mengenai alasan ilmu tajwid menjadi fardu ‘ain hukumnya saat membaca Al Qur’an bahwa: “ Membaca (Al-Qur’an) dengan menggunakan ilmu tajwid hukumnya wajib, siapa yang membacanya dengan tanpa bertajwid ia dihukumi berdosa, karena melalui ilmu tajwid Allah telah menurunkan Al-Qur’an kepada kita dan demikian lah Al-Qur’an sampai sampai di tangan kita hingga saat ini.’’

Keutamaan Belajar Ilmu Tajwid

 Orang yang belajar mendalami ilmu tajwid lebih utama dibandingkan orang awam yang tidak mau berusaha untuk belajar. Beberapa keutamaannya antara lain :

1. Dengan ilmu tajwid, kita dapat mengajarkan Al-Quran sesuai dengan cara baca benar yang mana hal ini menjadi nilai plus tersendiri bagi pemeluk agama islam.

2. Mempelajari Al-Qur’an adalah sebaik-baiknya kesibukan. Maka agar bacaan Al-Qur’an kita dinilai pahala oleh Allah, pelajarilah ilmu tajwidnya.

3. Dengan belajar kitab suci Al-Qur’an, maka Allah akan menurunkan ketentraman, rahmat, bagi Malaikat dan Allah menyebut-nyebut orang yang mempelajari Al-Qur’an kepada makhluk yang ada di sisi-Nya.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Ilmu Pengetahuan Alam
2. Pengertian Nasionalisme
Demikian artikel (Pengertian) Definisi Ilmu Tajwid yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.