Mengenal Pengertian Teks Anekdot Dan Strukturnya

Artikel yang terkait dengan judul :Mengenal Pengertian Teks Anekdot Dan Strukturnya

Apakah teman-teman pernah mendengar kata anekdot? Jika ya, hal apa yang terpikirkan dalam benakmu ketika mendengar kata anekdot? Mungkin ada sebagian di antara teman-teman yang belum mengetahui apa itu anekdot. Anekdot dapat diartikan sebagai suatu pembahasan yang berkesan lucu dan menggelitik. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia pun teman-teman pastinya sudah pernah belajar tentang teks anekdot. Lalu apa yang teman-teman pahami dari pengertian teks anekdot?

Daftar Isi

1. Pengertian Teks Anekdot
2. Struktur Teks Anekdot

Pengertian Teks Anekdot

Pengertian Teks Anekdot

Pengertian anekdot sendiri ialah cerita singkat yang  bersifat lucu atau humoris sehingga memberikan hiburan bagi pembacanya. Berdasarkan pengertian anekdot itu maka kita dapat menarik kesimpulan mengenai pengertian teks anekdot. Jika dilihat dari pengertian anekdot, teks anekdot dapat berarti sebuah teks yang berupa cerita lucu atau humoris yang mampu membuat pembacanya tergelitik sehingga tertawa geli ataupun tertawa terbahak-bahak. Teks anekdot biasanya bersumber atau dibuat berdasarkan pengalaman penulisnya. Tujuan teks anekdot tentunya adalah untuk memberikan hiburan bagi orang yang membaca teks tersebut.

Teks anekdot dapat berisi tentang peristiwa atau kejadian-kejadian menarik yang menggelitik. Namun bukan hanya itu saja. Isi dari teks anekdot juga bisa tentang kejadian atau peristiwa konyol yang tidak masuk akal. Terkadang isi teks anekdot juga bisa membuat kita jengkel dan mengernyitkan dahi. Bahkan teks anekdot juga bisa berisi ungkapan tentang sebuah kebenaran yang bersifat lebih umum.

Pengertian teks anekdot yang lain adalah suatu cerita karangan yang bersumber dari pengalaman seseorang dan ditulis secara singkat, pendek dan bersifat lucu atau humoris. Pembahasan yang dapat ditulis dalam teks anekdot ini bisa bermacam-macam. Contohnya fenomena politik yang sedang terjadi sekarang ataupun hal-hal yang sedang menjadi viral di kalangan masyarakat. Selain itu pembahasan teks anekdot juga bisa menyentuh berbagai macam bidang dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya bidang politik, bidang pendidikan, bidang hukum, bidang ekonomi, dll.

Di sisi lain teks anekdot sendiri dapat bersifat kritikan, sindiran dan lain sebagainya yang dikemas dengan sedemikian rupa sehingga menjadi humoris. Teman-teman juga perlu mengetahui bahwa isi teks anekdot tidak melulu cerita lucu saja. Akan tetapi teks anekdot juga dapat berisi pesan moral ataupun amanat serta nasihat. Namun tentu saja penyajiannya tetap bersifat lucu dan humoris.

Struktur Teks Anekdot

Dalam sebuah teks anekdot ada beberapa unsur yang menjadikan teks anekdot tersebut menjadi terstruktur. Berikut ini adalah unsur struktur teks anekdot.

a. Abstrak
Yang merupakan unsur pertama dalam struktur teks anekdot adalah abstrak. Abstrak berada di awal paragraf teks anekdot. Tujuan ditempatkannya abstrak di awal paragraf adalah sebagai gambaran teks tersebut secara umum. Dengan demikian di benak pembaca dapat terbayangkan hal apa yang akan dibahas dalam teks anekdot tersebut.

b. Orientasi
Unsur struktur teks anekdot yang kedua adalah orientasi. Pada bagian orientasi dalam sebuah teks anekdot akan disajikan atau dijelaskan latar belakang terjadinya peristiwa utama yang akan dibahas.

c. Krisis
Di dalam sebuah teks anekdot juga ada unsur struktur berikutnya yang dinamakan krisis. Pada bagian krisis dalam sebuah teks anekdot akan dijelaskan tentang hal yang menjadi inti permasalahan. Penyajiannya bersifat tidak biasa dan dengan warna yang unik. Inti permasalahan ini bisa juga dialami oleh si penulis itu sendiri.

d. Reaksi
Struktur teks anekdot reaksi ini akan sangat berkaitan satu sama lain dengan struktur teks anekdot krisis. Struktur teks anekdot reaksi ini akan melengkapi dengan adanya pemecahan masalah dengan cara-cara berbeda dan unik yang akan menimbulkan patahan dari premisnya.

e. Koda
Kemudian struktur yang terakhir dari teks anekdot adalah koda atau penutup. Ya, seperti namanya bagian koda adalah bagian yang menjadi penutup teks anekdot. Bagian koda inilah yang akan menutup pembahasan atau cerita pada sebuah teks anekdot.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Jurnal Umum
2. Pengertian Tipografi
Demikian artikel yang berjudul Mengenal Pengertian Teks Anekdot Dan Strukturnya, semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.