Mengenal Pengertian Algoritma Dan Bentuk Dasarnya

Artikel yang terkait dengan judul :Mengenal Pengertian Algoritma Dan Bentuk Dasarnya

Buat kamu yang belajar atau mempunyai ilmu dalam bidang bahasa pemrograman, mungkin kata algoritma sudah menjadi kata yang familiar di telingamu. Ya, dalam ilmu teknologi informasi khususnya bahasa pemrograman memang dipelajari pembasahan mengenai algoritma. Namun bagi orang awam sendiri jika ditanya mengenai algoritma akan bingung dan tidak tahu harus menjawab apa. Dalam bahasa percakapan sehari-hari mungkin memang kata algoritma sangat jarang bahkan tidak pernah muncul atau dipakai. Padahal seringkali kita jumpai penerapan algoritma dalam hal-hal sederhana pada kehidupan sehari-hari. Nah meskipun kamu tidak kuliah atau belajar teknologi informasi, tidak ada salahnya untuk kamu memahami apa itu pengertian algoritma.

Daftar Isi

1. Pengertian Algoritma
2. Bentuk Mendasar Algoritma

Pengertian Algoritma

Pengertian Algoritma

Pengertian algoritma sendiri adalah suatu bentuk susunan yang bersifat logis dan sistematis yang bertujuan untuk mencari solusi terhadap suatu masalah. Selain bertujuan untuk memecahkan masalah/ menemukan solusi, algoritma juga bisa digunakan sebagai alat bantu agar tujuan tertentu dapat tercapai. Algoritma ini mempunyai peranan yang begitu signifikan dalam dunia komputer, khususnya dalam hal pembangunan sebuah perangkat lunak atau software.

Pengertian algoritma yang lain adalah suatu urutan langkah-langkah yang bersifat logis guna penyelesaian suatu masalah. Dalam keadaan sedang memiliki masalah, kita dituntut untuk dapat mencari solusi penyelesaian masalah tersebut dengan berbagai macam cara yang bisa diterima dengan akal sehat (logis).

Sementara dalam ilmu matematika dan ilmu komputer juga dikenal adanya algoritma. Pengertian algoritma dalam ilmu matematika dan komputer adalah sebuah prosedur yang dilakukan step by step yang bertujuan untuk melakukan penghitungan. Penggunaan algoritma sendiri selain sebagai alat untuk melakukan penghitungan juga berguna untuk melakukan pemrosesan data serta penalaran yang bersifat otomatis.

Ada lagi pengertian algoritma yang mengatakan bahwa algoritma adalah sebuah metode efektif yang digambarkan dengan rangkaian terbatas dari sebuah perintah yang telah dijabarkan secara jelas yang berguna dalam penghitungan suatu fungsi. Algoritma tersusun mulai dari keadaan awal serta input awal. Perintah itu menjelaskan sistem komputasi dengan jelas. Dengan demikian nantinya akan didapatkan sebuah hasil keluaran atau output. Output atau hasil keluaran itu nantinya akan berhenti pada sebuah kondisi akhir yang sudah ditentukan sebelumnya.

Bentuk Mendasar Algoritma

Algoritma memiliki 3 bentuk dasar yang berbeda. Berikut ini adalah ke 3 bentuk dasar algoritma dan penjelasan singkatnya.

a. Sequence Algorithm
Sequence algorithm dalam bahasa Indonesia dikatakan dengan sebutan algoritma sekuensial. Pengertian algoritma sekuensial sendiri adalah algoritma yang mempunyai urutan langkah-langkah dari awal sampai pada akhirnya. Urutan langkah-langkah ini harus dipatuhi supaya tercapai tujuan tertentu. Contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan penerapan algoritma sekuensial adalah algoritma dalam memasak air. Dalam memasak ari kamu akan melakukan langkah-langkah yang berurutan. Kamu harus mengisi airnya terlebih dahulu baru kamu bisa memasaknya dan urutan tersebut tidak dapat dibalik. Nah urutan dalam memasak air yang tidak bisa dibalik inilah yang merupakan penerapan algoritma sekuensial.

b. Looping Algorithm
Dalam bahasa Indonesia, istilah looping algorithm dapat dimengerti sebagai algoritma yang sifatnya berulang-ulang. Yang dimaksud berulang-ulang di sini adalah di dalam algoritma pengulangan ini terdapat langkah yang dapat atau harus dilakukan berulang ulang. Dalam kehidupan sehari-hari pun banyak hal sederhana yang merupakan penerapan dari looping algorithm. Salah satunya adalah pada saat kamu menjemur pakaian. Nah ketika kamu akan menjemur pakaian kamu pasti akan mengambil dan memeras bukan hanya satu kali saja bukan? Nah pengulangan pengambilan dan pemerasan itulah yang merupakan penerapan dari algoritma pengulangan.

c. Conditional Algorithm
Bentuk mendasar algoritma yang terakhir adalah conditional algorithm atau yang dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai algoritma bersyarat atau algoritma percabangan. Dalam algoritma bersyarat ini kamu dapat melakukan langkah berikutnya dengan syarat langkah sebelumnya sudah tercapai.

Perlu diketahui bahwa algoritma berbeda dengan logaritma. Mungkin memang kata-katanya agak mirip sehingga sering salah pengertian antara keduanya dan orang sering menganggapnya sama. Padahal algoritma dan logaritma adalah suatu hal yang berbeda.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Aljabar Dasar
2. Pengertian Teks Anekdot
Demikian artikel Mengenal Pengertian Algoritma Dan Bentuk Dasarnya yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.