(Definisi) Pengertian Teks Eksplanasi

Artikel yang terkait dengan judul :(Definisi) Pengertian Teks Eksplanasi

Ketika kita belajar di bangku sekolah tentu kita pernah membaca berbagai macam jenis teks dengan fungsi tujuan masing-masing. Semenjak lulus dari bangku sekolah, mungkin sebagian dari kita lupa apa itu teks eksplanasi? Eksplanasi sendiri berasal dari bahasa Inggris “explain” yang artinya menjelaskan atau menerangkan. Jadi, pengertian teks eksplanasi secara umum adalah sebuah teks yang inti pembahasannya menjelaskan suatu proses atau bagaimana terjadinya kejadian tersebut secara runtut dan didukung dengan fakta.

Daftar Isi

1. Menurut Para Ahli
2. Struktur

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi
Adapun tujuan penulisan teks eksplanasi adalah memberikan informasi tentang terjadinya fenomena tertentu dan menjelaskan sebab-akibat peristiwa tersebut. Ciri-cirinya adalah memiliki 3 struktur penting, kaya informasi dan didasarkan pada fakta-fakta penting. Sedangkan untuk kaidah penulisannya mencakup hal-hal umum yang sedang terjadi, biasanya menggunakan beberapa istilah ilmiah, penulisannya menggunakan kalimat pasif, lebih banyak kata kerja dan biasanya menggunakan konjugasi.

Menurut Para Ahli

Hingga saat ini setidaknya terdapat beberapa perbedaan pendapat dari teks eksplanasi. Berikut ini adalah beberapa pendapat ahli dan kamus tentang teks eksplanasi.

Restuti
Menurut Restuti (2013:85), teks eksplanasi adalah teks yang dibuat untuk menjelaskan suatu proses ataupun fenomena alam bahkan fenomena sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat. Dalam penyusunan teks tersebut, harus didukung dengan fakta-fakta ataupun bukti riil.

Mahsun
Mahsun (2013:189) menyatakan bahwa pengertian teks eksplanasi adalah teks yang disusun dengan struktur yang meliputi pembukaan, isi dan penutup. Pada bagian pembukaan berisi tentang pernyataan umum dari masalah atau informasi yang dibahas. Bagian isi atau penjelasan berisi uraian mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi dengan menerapkan hukum sebab-akibat. Dan pada bagian penutup berisi tentang pendapat penulis mengenai informasi atau peristiwa yang terjadi tersebut. Akan tetapi menurut Mahsun, bagian penutup boleh tidak ditulis.

The Contemporary English-Indonesian Dictionary
Menurut kamus kontemporer Inggris-Indonesia, teks eksplanasi adalah teks yang isinya tentang proses yang memiliki hubungan erat dengan peristiwa alam, seni budaya, ilmu pengetahuan, peristiwa sosial dan lain sebagainya.

Struktur

Secara umum, teks eksplanasi tersusun atas 3 bagian, yaitu pernyataan umum, penjelas atau isi dan kesimpulan atau penutup.

Pernyataan Umum
Pernyataan umum biasanya berisi informasi dasar tentang persoalan yang sedang dibahas atau bisa dibilang pengenalan masalah. Bagian ini sangat penting dalam teks eksplanasi, karena apabila dihilangkan, maka dapat merusak susunan teks eksplanasi. Bagian pernyataan umum tidak harus berisi informasi dasar, bisa juga tentang sesuatu yang baru atau ilmu pengetahuan yang sering diabaikan masyarakat.

Penjelas
Bagian penjelas atau isi berisi tentang segala informasi yang sedang dibahas dengan didasari fakta-fakta yang ada. Bagian penjelas harus memuat bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi atau mengandung hukum sebab-akibat dari peristiwa tersebut. Contohnya di sini adalah peristiwa meletusnya Gunung Merapi. Maka bagian penjelasnya berisi bagaimana proses meletusnya Gunung Merapi, apa penyebabnya serta bagaimana dampaknya bagi wilayah yang ada di sekitarnya.

Penutup
Bagian penutup biasanya berisi kesimpulan dari peristiwa yang dituliskan sebelumnya atau berisi pendapat pribadi mengenai peristiwa tersebut. Bagian ini sebenarnya opsional, boleh ada atau tidak ada. Akan tetapi, agar teks tersebut sempurna maka bagian ini disarankan untuk tetap ada.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Obligasi
2. Pengertian Statistika
Itulah pengertian teks eksplanasi menurut para ahli dan struktur teks yang runtut. Semoga dapat mengingatkan teman-teman tentang pelajaran teks eksplanasi dan mempermudah teman-teman dalam menyusun teks tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi yang berupa fakta untuk menunjang tulisan teman-teman agar lebih berbobot nilainya. Selain itu, teman-teman juga bisa melihat artikel yang lainnya tentang pengertian teks eksposisi



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.