(Definisi) Pengertian Obligasi Beserta Jenisnya

Artikel yang terkait dengan judul :(Definisi) Pengertian Obligasi Beserta Jenisnya

Saya yakin, teman-teman pasti pernah mendengar kata obligasi, terutama yang bekerja maupun berhubungan dengan dunia bisnis atau keuangan. Meskipun demikian banyak yang belum mengetahui sebenarnya apakah definisi obligasi itu? Dan apa saja jenis jenis dari obligasi?. Buat teman-teman yang belum tahu mengenai pengertian obligasi dan juga jenis jenisnya, dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian obligasi beserta jenisnya.

Daftar Isi

1. Pengertian obligasi
3. Jenis Obligasi

Pengertian Obligasi

Pengertian obligasi

Pada dasarnya, obligasi merupakan surat atau sertifikat atas pengakuan hutang yang dikeluarkan oleh perusahaan kepada investor atau pemegang obligasi selaku pihak yang memberi pinjaman modal. Jadi intinya obligasi adalah surat hutang jangka panjang.

Nantinya pemegang obligasi akan menerima kupon atau bunga pokok beserta pokok pinjaman dari pihak penerima pinjaman hingga jatuh tempo yang disepakati. Nah, dari hasil bunga yang dibayar tersebut investor atau pemegang obligasi mendapatkan keuntungan.

Harga pasar dari obligasi dipengaruhi oleh suku bunga. Jika suku bunga naik maka harga pasar dari obligasi akan menurun. Karena apabila suku bunga meningkat para investor lebih memilih menanamkan modalnya di bank.  Namun apabila suku bunga menurun, maka harga pasar obligasi akan meningkat karena bagi investor  melakukan obligasi lebih menguntungkan daripada menamkan modalnya di bank.

Meskipun pada dasarnya obligasi merupakan bentuk hutang, namun pihak yang menerbitkan obligasi tidak boleh perorangan malainkan sebuah badan, baik perusahaan swasta maupun pemerintah.
Sebagian perusahaan lebih memilih melakukan obligasi daripada saham, karena perusahaan tidak ingin adanya intervensi dari pihak luar. Seperti yang kita ketahui, bahwa pemilik saham suatu perusahaan  secara otomatis merupakan bagian dari kepemilikan perusahaan tersebut. Namun pemegang obligasi bukanlah pemilik perusahaan sehingga pemilik obligasi tidak mempunyai hak dalam mengarahkan perusahaan.

Jenis Obligasi

Jenis obligasi terbagi menjadi beberapa jenis, tergantung dari tolok ukurnya. Berikut penjelasan mengenai jenis jenis obligasi tersebut

1. Jenis Obligasi Berdasarkan Sisi Penerbit

Ditinjau dari sisi penerbit, obligasi dibedakan menjadi:

- Treasury Bond
Treasury Bond (TB) merupakan obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Resiko dari obligasi ini sangat kecil karena ditanggung secara langsung oleh negara. Penerbit obligasi ini antara lain departemen keuangan negara dan bank sentral suatu negara.

- Coorporate bond
Penerbit dari Corporate Bond (CB)  adalah perusahaan. Perusahaan yang menerbitkan berbentuk perusahaan Negara (BUMN) atau perusahaan swasta.

- Municipal Bond
Biasanya diterbitkan oleh pemerintah daerah atau pemerintah negara bagian.  Obligasi ini digunakan untuk membangung sarana publik.

2. Jenis Obligasi Berdasarkan Sistem Pembayaran Bunga

Berikut ini jenis obligasi berdasarkan sistem pembayaran bunganya

- Zero Coupon Bond
Obligasi ini membayar pokok pinjaman beserta bunganya pada saat jatuh tempo bukan secara periodik

- Coupon Bond
Obligasi dengan kupon yang dapat dicairkan secara periodik sesuai dengan ketentuan yang dibuat penerbit.

- Fixed Coupon Bond
Jenis obligasi yang diterbitkan dengan kupon bunga yang dibayarkan secara periodik dan ditetapkan pada masa penawaran di pasar perdana.

- Floating Coupon Bond
Obligasi ini diterbitkan dengan kupon bunga yang dibayar berdasarkan acuan tertentu yang ditentukan sebelum jangka waktu tertentu.

3. Jenis Obligasi Berdasarkan Karakteristiknya

Berdasarkan karakteristiknya, obligasi terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya :

- Callable Bond
Callable Bond adalah obligasi yang tidak dapat ditarik kembali sebelum jatuh tempo berakhir

- Convertible Bond
Obligasi ini memberikan hak kepada pemegang obligasi untuk mengubah obligasinya menjadi saham

- Non
Non adalah jenis obligasi yang tidak bisa diubah menjadi saham

- Eurobond
Obligasi ini diterbitkan di luar negeri dalam bentuk mata uang asing

- Yankee bond
Obligasi berbentuk mata uang yang sesuai dengan negara obligasi tersebut diterbitkan

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Statistika
2. Pengertian CSS, Tujuan, Dan Cara Kerjanya
Mungkin itu saja sekilas mengenai pengertian obligasi beserta jenisnya yang dapat disampaikan. Semoga ulasan diatas dapat menambah informasi, wawasan dan pehamanan mengenai seluk beluk obligasi.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.