(Definisi) Pengertian Nasionalisme Beserta Contoh Sikapnya

Artikel yang terkait dengan judul :(Definisi) Pengertian Nasionalisme Beserta Contoh Sikapnya

Dari kecil teman-teman pasti sudah sering mendengar kata Nasionalisme, bahkan sangat sering ditemukan di dalam buku pelajaran pada saat belajar di sekolah. Tapi tahukah teman-teman apa pengertian Nasionalisme itu sendiri?

Daftar Isi

1. Pengertian Nasionalisme
2. Contoh Sikap Nasionalisme

Pengertian Nasionalisme Beserta Contoh Sikapnya

Pengertian Nasionalisme

Pengertian Nasionalisme

Sejak dulu anak-anak diajarkan untuk menanamkan rasa nasionalisme di dalam hati. Hal ini perlu dilakukan karena memang nasionalisme sangat penting dalam kehidupan bernegara. Secara umum,  pengertian Nasionalisme adalah rasa cinta terhadap tanah air, rasa peduli terhadap negara dan semacamnya.

Tentu saja hal ini sangat penting ditumbuhkan dalam hati setiap warga negara, sehingga rasa peduli dan rasa cinta terhadap negara akan tetap ada dan terus tumbuh. Sedangkan dalam menunjukkan rasa nasionalisme, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Saat ini nasionalisme tidak lagi hanya tentang bela negara dengan berperang. Namun lebih jauh dari hal itu. Berikut ini adalah beberapa contoh nasionalisme yang bisa Anda lakukan sebagai warga negara.

Contoh Sikap Nasionalisme

1. Mencintai Dan Menggunakan Produk Dalam Negeri
Banyak yang menganggap hal ini sebagai wacana dan ajang promosi. Padahal menggunakan produk dalam negeri adalah salah satu wujud dari rasa nasionalisme itu sendiri. Karena pada kenyataannya produk asing tidak semuanya lebih baik dari produk lokal. Pola pikir tentang kualitas produk impor lebih baik dari produk lokal adalah salah satu bentuk kurangnya rasa nasionalisme.

Perlu Anda ketahui, dengan menggunakan produk dalam negeri,Anda sudah ikut berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal ini bukan berarti Anda dilarang untuk menggunakan produk asing, hanya saja jika produk lokal lebih baik, kenapa harus gunakan yang lain.

2. Melestarikan Kebudayaan
Setiap negara memiliki budaya dan kearifan lokal masing-masing, termasuk Indonesia. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan budaya. Dalam hal ini, melestarikan budaya lokal juga salah satu wujud dari rasa nasionalisme. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam melestarikan kebudayaan lokal. Sayangnya saat ini budaya asing justru lebih populer di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda.

Oleh sebab itu, pemahaman mengenai pengertian nasionalisme benar-benar dibutuhkan. Sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya nasionalisme terus berkembang. Hal ini yang justru mulai memudar. Perlu adanya peran aktif dari setiap golongan masyarakat untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, termasuk teman-teman.

3. Menjaga Toleransi
Seperti yang sudah teman-teman ketahui,Indonesia adalah salah satu negara dengan budaya dan kearifan lokal yang luar biasa. Di Indonesia sendiri ada beberapa agama yang diakui oleh negara. Dalam hal ini menjaga Toleransi adalah salah satu wujud nasionalisme yang sebenarnya. Toleransi budaya, agama, suku dan lain sebagainya. Masyarakat Indonesia perlu pemahaman yang baik akan hal ini.

Pada intinya semua perbedaan yang ada, tidak akan menjadi masalah jika teman-teman memiliki jiwa nasionalisme. Rasa cinta terhadap negara akan meleburkan ego dan perbedaan yang ada. Sejauh ini toleransi di Indonesia cukup baik, dan hal ini harus terus dijaga. Menjaga toleransi sama saja menjaga negara, terlebih lagi di Indonesia yang memang memiliki banyak suku bangsa dan agama.

4. Tidak Melupakan Sejarah
Kehidupan yang ada saat ini tidak terlepas dari jasa leluhur. Bagaimanapun juga perjuangan mempertahankan negara sudah dilakukan sejak dulu. Sejarah yang panjang menjadi saksi sulitnya mempertahankan negara. Mengingat dan menghargai sejarah adalah salah satu buku nasionalisme.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Teks Eksplanasi
2. Pengertian Obligasi
Itulah beberapa hal tentang pengertian nasionalisme yang bisa teman-teman pahami. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk teman-teman. Jangan lupa untuk menanamkan jiwa nasionalisme, namun jangan mengabaikan nilai toleransi dalam hidup bermasyarakat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.