Contoh Cabang Olahraga Air dan Gambarnya

Artikel yang terkait dengan judul :Contoh Cabang Olahraga Air dan Gambarnya

Contoh Cabang Olahraga Air dan Gambarnya ✓ Terdapat bermacam-macam olahraga yang berhubungan denga air. Di bawah ini merupakan contoh olahraga air yang populer di masyarakat dan teman-teman dapat mencari sendiri selain yang ada di artikel ini. Pada olahraga yang melibatkan air ini ada yang berada di atas air, ada yang di dalam air dan ada yang berada di bawah air.

Daftar Isi

1. Renang
2. Snorkeling
3. Polo Air
4. Jet Ski
5. Arung Jeram
6. Selancar
7. Triathlon
8. Paralayar

Contoh Cabang Olahraga Air dan Gambarnya

olahraga air

Renang

olahraga air

Olahraga renang merupakan olahraga cukup digemari di masyarakat, dan pada renang yang diperombakan adalah kecepatan atlet renangnya dalam melakukan renang. Macam-macam gaya renag yang biasa diperlombakan antara lain gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan juga gaya dada. Pemenang dalam perlombaan renang adalah perenang yang dapat menyelesaikan jarak lintasan renang yang paling cepat. Pemenang pada babak penyisihan akan maju ke babak semifinal, dan perenang yang menang di semifinal maju lagi ke babak final.

Snorkeling

olahraga air
Istilah snorkeling sering juga disebut selam permukaan atau sering disebut juga selam dangkal (skin diving). Olahraga ini merupakan kegiatan berenang atau menyelam dengan memakai bantuan peralatan yang berupa masker selam dan snorkel. Selain alat bantu tersebut, penyelam juga sering memakai alat bantu gerak yang berupa kaki katak (sirip selam), tujuannya adalah untuk menambah daya dorong pada kaki. Snorkel merupakan peralatan selam berwujud selang yang mempunyai bentuk seperti huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Fungsi snorkel adalah sebagai jalan masuk udara pada waktu penyelam bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. Pemandangan yang berada di bawah air dapat dilihat sambil berenang dengan wajah menghadap ke permukaan air dan bernapas lewat snorkel. Penyelam dapat melakukan pengambilan nafas dalam-dalam sebelum melakukan penyelaman ke bawah air.

Polo Air

olahraga air
Olahraga polo air adalah olahraga air yang dilakukan secara beregu, yang dapat juga dianggap merupakan sebagai kombinasi antara renang, gulat, sepak bola dan juga olagraga bola basket. Satu tim terdiri dari dari 6 ( enam) pemain dan satu orang kiper. Peraturan permainan dalam polo air mirip dengan olahraga sepak bola, yaitu untuk untuk menjadi pemenang harus memasukkan gol yang sebanyak-banyaknya, satu buah gol dihitung satu poin. Pertandingan olah raga polo air ini sudah cukup lama dipertandingkan di Indonesia, bahkan cabang olahraga polo air sudah dipertandingkan pada tahun 1948 pada Pekan Olahraga Nasional Pertama (PON-I) di kota Sola. Olah raga ini diselenggarakan dan dipertandingan dalam  lingkup nasional maupun lingkup internasional (Sea Games, Asian Games, Olympic Games & World Championships).

Jet Ski

olahraga air
Olahraga air ini merupakan nama sebuah merek perahu pribadi yang diproduksi oleh Kawasaki. Istilah jet ski biasanya sering dipakai utk merujuk pada jenis perahu pribadi dgn gaya yg seperti ini, dan juga dipakai sebagai kata kerja untuk menggambarkan penggunaan jenis kendaraan air. Jet ski pada umumnya dapat membawa 1-2 orang duduk dalam konfigurasi seperti halnya sepeda biasa ataupun sepeda motor.

Arung Jeram

olahraga air
Olahraga arung Jeram adalah suatu kegiatan yang mengarungi jeram-jeram sungai yang sangat menantang bagi penikmatnya. Rafting mempunyai sejarah yang cukup panjang yaitu sejak abad ke-19 yang di pelopori John Macgregor, yang merupakan seorang pramuka yang berasal dari negri Paman Sam (Amerika) yang pda saat itu memimpin sebuah ekspedisi di sungai Colorado. Seiring dengan waktu, lambat laun olahraga air ini masuk ke Indonesia dan sampai saat ini mengalami perkembangan.

Selancar

olahraga air
Olahraga air selancar adalah sebuah olahraga yang memanfaatkan ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan memanfaatkan sebilah papan yang berfungsi sebagai alat bantu untuk melakukan bermanuver di atas ombak. Papan yang dipakai tersebut akan bergerak dengan memanfaatkan tenaga dari arus ombak di bawahnya & arahnya dikendalikan oleh seorang peselancar. Adrenalin peselancar akan terpacu sebab tertekan supaya dapat mengarahkan papan selancar sekaligus juga harus menjaga keseimbangan.

Triathlon

olahraga air
Olahraga Triatlon atau Trilomba merupakan sebuah kompetisi yang mana dalam kompetisi tersebut terdiri dari serangkaian dari berbagai cabang olahraga, antara lain terdiri dari olahraga renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara terus-menerus dalam satu kesatuan waktu. Kecepatan adalah hal yang dipertandingkan dalam olahraga Triatlon ini. Peserta harus bisa membagi tenaga untuk setiap tahapnya olahraganya.

Paralayar

olahraga air
Dalam bahasa bahasa Inggris Paralayar disebut parasailing merupakan kegiatan rekreasi pada saat seseorang melayang ke udara dengan memanfaatkan parasut khusus dengan ditarik oleh sebuah kendaraan (pada umumnya kapal). Pada saatkapal melaju, maka orang tersebut akan terangkat ke udara. Bahkan, apabila kendaraan yang menarik tersebut cukup kuat, maka dua atau tiga orang bisa ditarik dan diangkat ke udara secara sekaligus. Walaupun pada awalnya merupakan olahraga air, kegiatan yang sekilas mirip dengan paralayang ini , pada saat ini mulai juga dilakukan di darat dengan ditarik oleh kendaraan darat.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.