Apa Pengertian Sistem Informasi Geografis?

Artikel yang terkait dengan judul :Apa Pengertian Sistem Informasi Geografis?

Sistem Informasi Geografis atau biasa di sebut SIG, merupakan sistem informasi berbasis database yang berguna untuk menyimpan, mengelola, dan membangun dengan referensi geografis untuk ditampilkan sebagai informasi. Penggunaan sistem informasi geografis untuk melakukan investigasi secara ilmiah, terutama untuk pengelola sumber daya, kartografi, perencanaan rute, dan perencanaan pembangunan.

Daftar Isi

1. Pengertian Sistem Informasi Geografis Dari Ahli
2. Manfaat Dari Sistem Informasi Geografis

Sistem Informasi Geografis

Pengertian Sistem Informasi Geografis Dari Ahli

1. Tahun 1983, Marble et al. Sistem informasi geografis yaitu penanganan data keruangan.

2. Tahun 1984, Calkin dan Tomlison. Sistem informasi geografis adalah sistem komputerisasi untuk data penting.

3. Thaun 1986, Burrough. Sistem informasi geografis yaitu sebuah alat yang berguna sebagai pengumpul, pengambil, dan penimbun data yang diinginkan, serta memberi penayangan di ruangan yang ada pada kenyataan dunia.

4. Tahun 1987, Linden. Sistem informasi geografis yaitu sistem penyimpanan, pengelolaan, analisis, pemrosesan dan penayangan secara spasial terkait muka bumi.

5. Tahun 1988, Berry. Sistem informasi geografis adalah sistem informasi berbasis internal, serta otomatis data dengan ruangan.

6. Tahun 1989, Arnoff. Sistem informasi geografis yaitu sistem informasi yang berdasarkan kerja computer untuk memasukkan, memanipulasi, mengelola, menganalisa data, dan memberi uraian.

7. Tahun 1994, Gistut. SIG sebagai pendukung dalam mengambil keputusan spasial dan sebagai integrasi deskripsi lokasi dengan karakter fenomena di area tersebut. Sementara untuk SIG lengkap berisi metedologi dan teknologi yang dibutuhkan seperti data spasial, struktur organisasi, perangkat lunak, dan perangkat keras.

8. Tahun 1999, Murai. Sebuah sistem informasi yang bisa memasukkan, menyimpan, mengolah, dan memanggil kembali, serta menghasilkan data referensi geofrafis sebagai analisa. Sebagai pengambil keputusan dalam pengelolaan dan perencanaan sumber daya alam, penggunaan lahan, lingkungan, fasilitas kota, pelayanan umum, dan transportasi.

9. Tahun 2002, Kang-Tsung Chang. Sebuah sistem  untuk menangkap, menyimpan, meminta, menganalisa dan memanggil data geografis.

10. Tahun 2002, Bernhardsen. Sistem yang berguna untuk memanipulasi data geografis. Sistem informasi ini menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras computer, sebagai akusisi dan verifikasi sebuah data. Serta kompilasi data, perubahan data, pembaharuan, dan penyimpanan data.

11. Menurut Alter, SIG merupakan sistem informasi yang berfungsi untuk pengorganisasi data, sehingga bisa diakses untuk menunjuk daerah di sebuah peta.

12. Menurut Prahsta, SIG merupakan software yang dipakai untuk pemasukan, penyimpanan, menampilkan, dan memanipulasi, serta laporan informasi geografis.

13. Menurut Petrus Paryono, SIG merupakan sistem dengan basis computer yang dipakai untuk menyimpan, manipulasi, dan informasi geografis untuk analisa.

Manfaat Dari Sistem Informasi Geografis

1. Pengawas Bencana Alam

2. Melihat luas wilayah terkena bencana alam

3. Menyusun pembangunan kembali sebuah daerah yang terkena bencana alam

4. Sebagai pembantu dalam proses pencegahan bencana alam berikutnya

5. Menentukan bahayanya area terkena erosi

6. Memprediksi tingkat kekeringan sebuah daerah

7. Memprediksi debit air saat banjir di sebuah daerah

8. Investigasi SDA (sumber daya alam)

9. Melihat persebaran berbagai sumber daya alam seperti besi, batubara, minyak bumi, dan emas

10. Mengetahui persebaran lahan seperti area lahan kritis dan potensial, area hutan rusak dan baik, area perkebunan dan pertanian, pemanfaatan perubahan fungsi area, konservasi atau rehabilitasi lahan.

11. Bidang Sosial

12. Melihat area potensi dan persebaran masyarakat

13. Melihat persebaran luas lahan pertanian dan pola drainase

14. Membuat data pengembangan pusat pembangunan dan pertumbuhan

15. Membuat data pengembangan infrastruktur transportasi

16. Membuat data pengembangan sekolah, rumah sakit, industri, rekreasi, perkantoran, dan pemukiman milik penduduk

Sistem informasi geografis memberi hasil akhir berupa peta atau grafik, sehingga informasi tersampaikan dengan baik. Demikian pengertian sistem informasi geografis, semoga bermanfaat untuk anda dalam menentukan keputusan.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.