10 Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Artikel yang terkait dengan judul :10 Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Hak manusia sudah ada sejak ia dalam kandungan. Hal itu juga telah menjadi hal pokok atau dasar dari setiap individu di dunia ini. Secara umum, hak dapat diartikan sebagai sebuah kekuasaan untuk melakukan sesuatu. Sedangkan hal pokok atau dasar dari setiap individu disebut dengan asasi. Hak asasi manusia dapat disimpulkan sebagai hak yang dimiliki manusia sejak dalam kandungan dan melekatkan manusia dengan anugerah dari Tuhan. Peraturan tentang hak asasi manusia jelas tercantum dalam UUD 1945 pasal 28, 27 ayat 1, 29 ayat 2, 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1. Selain itu juga tercantum dalam Declaration Of Independent of USA atau Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan bersifat universal. Berikut pendapat para ahli tentang pengertian hak asasi manusia.

Dafar Isi

10 Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Hak Asasi Manusia

1. Miriam Budiarjo
Menurut Miriam Budiarjo pengertian hak asasi manusia adalah hak yang dimiliki seseorang sejak lahir di dunia. Hak tersebut bersifat universal dan tidak dibedakan dari jenis kelamin, ras, suku, budaya maupun agama.

2. Kevin Boyle Dan David Beetham
Pengertian hak asasi manusia menurut Kevin Boyle dan David Beetham adalah hak-hak individual yang berasal dari berbagai macam kebutuhan dan kapasitas manusia.

3. Profesor Koentjoro Poerbopranoto
Menurut profesor Koentjoro Poerbopranoto pengertian hak asasi manusia adalah semua hal yang dimiliki manusia berdasarkan kodratnya.  Hal itu tidak akan bisa dipisahkan dan dapat dikatakan sebagai sesuatu yang bersifat suci.


4. Oemar Seno Adji
Menurut Oemar Seno Adji, hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada setiap martabat manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan. Hak tersebut mutlak dan tidak dapat dilanggar oleh siapa pun.

5. G.J Wolhos
Menurut G.J Wolhos, hak asasi manusia adalah segala hal yang telah melekat serta mengakar pada diri setiap manusia di dunia ini. Hal tersebut tidak boleh dihilangkan karena jika dihilangkan sama saja dengan menghilangkan derajat kemanusiaan.

6. Leah Kevin
Menurut Leah Kevin, hak asasi manusia mempunyai dua dasar. Dasar yang pertama adalah bahwa hak-hak tersebut merupakan hak-hak moral manusia yang didasarkan dari keberadaannya di antara semua umat manusia. Sedangkan dasar yang kedua adalah bahwa hak asasi manusia merupakan hak-hak hukum yang berlaku secara nasional maupun internasional.

7. C. De Rover
Menurut C. de Rover, hak asasi manusia adalah hak hukum yang sama kepada setiap umat manusia. Hak tersebut tidak memandang status kaya atau miskin serta jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Selain itu C. de Rover juga mengatakan bahwa hak asasi manusia adalah hukum yang harus dilindungi dari aturan nasional. Semua itu bertujuan agar semua hak dapat ditegakkan serta dilindungi.

8.  Muladi
Menurut muladi hak asasi manusia adalah semua hal pokok maupun dasar yang telah melekat pada diri manusia dalam kehidupannya.

9. Komnas HAM
Menurut Komnas HAM, hak asasi manusia adalah segala hak yang meliputi bidang politik, sipil, ekonomi, sosial maupun kebudayaan. Kelima bidang tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Hak asasi manusia tidak mendukung adanya individualisme dan membendungnya dengan melindungi setiap individu, setiap golongan maupun kelompok. Dalam kehidupan modern ini sering terjadi berbagai kekerasan kepada golongan yang lemah. Menyikapi hal tersebut tugas semua orang adalah menjunjung tinggi hak semua orang yang tertindas. Karena itu merupakan bentuk solidaritas sebuah bangsa kepada warganya yang lemah.

10. Haar Tilar
Menurut Haar Tilar, pengertian hak asasi manusia adalah semua hak yang melekat pada diri setiap insan manusia. Jika tidak memiliki hak tersebut maka seseorang tidak akan hidup seperti layaknya manusia dan hak tersebut sudah diperoleh saat lahir.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Liberalisme
2. Pengertian HAM
Demikian artikel tentang 10 Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.