Lingkungan Hidup dan Pelestariannya (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VIII)

Artikel yang terkait dengan judul :Lingkungan Hidup dan Pelestariannya (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VIII)

Lingkungan Hidup dan Pelestariannya (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VIII) ✓ Lingkungan adalah merupakan semua unsur yang berada di sekeliling kita. Apabila kita tidak memeliharanya maka akan terjadi kerusakan atau pemusnahan dari salah satu atau sebagian unsur lingkungan. Selain itu lingkungan juga merupakan tempat hidup dan juga tempat untuk mencari makan bagi makhluk hidup. Dengan kita menjaga lingkungan dan melakukan pelestarian alam maka anak cucu atau generasi yang akan datang dapat menikmatinya.

Daftar Isi

Lingkungan Hidup dan Pelestariannya (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VIII)

Lingkungan Hidup dan Pelestariannya

Unsur - Unsur Lingkungan Hidup

Pengertian lingkungan hidup

Sesuai dengan UU No 32 Pasal 1 Ayat 1 disebutkan bahwa pengertian lingkungan hidup adalah merupakan kesatuan  ruang  dengan semua  benda,  daya,  keadaan,  &  makhluk  hidup, termasuk manusia & perilakunya, yg mempengaruhi   alam   itu   sendiri,   kelangsungan peri-kehidupan &  kesejahteraan  manusia  serta makhluk hidup lain. Pada lingkungan sekitar kita terdapat banyak unit-unit yang merupakan tata kesatuan yang saling berkaitan antara unit yang satu dengan unit yang lainnya. Kesatuan tersebut dikenal dengan sebutan ekosistem. Kita dapat melihat contoh ekosistem misalnya pada akuarium. Kalau kita perhatikan akuarium terdiri dari ruangan yang berisi air, batuan/ kerikil, lumut dan tidak ketinggalan ikan. Jika kita ambil contoh ekosistem yang ada di alam adalah terdapat pada kolam, danau, sungai, laut, rawa dan lain sebagainya. Contoh-contoh tersebut adalah merupakan contoh dari ekosistem perairan. Sedangkan untuk contoh ekosistem darat misalnya hutan, padang rumput, gurun pasir dan lain sebagainya. Sehingga dengan demikian pengertian ekosistem adalah tatanan dari unsur-unsur lingkungan hidup yang merupan satu kesatuan yang menyeluruh dan juga saling mempengaruhi dalam bentuk keseimbangan, stabilitas, dan juga dalam bentuk produktivitas lingkungan.

Unsur-unsur lingkungan hidup

Lingkungan hidup memiliki beberapa unsur yang saling berkaitan antara unsur yang satu dengan unsur yang lainnya. Unsur lingkungan hidup tersebut terdiri dari unsur 1). abiotik, b). unsur biotik, dan 3). unsur sosial budaya.

Berikut ini akan diulas secara singkat masing-masing unsur lingkungan hidup tersebut.

a). Unsur abiotik

Unsur abiotik dikenal juga dengan sebutan unsur fisik. Pengertian unsur abiotik adalah merupakan unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tak hidup. Contoh unsur abiotik adalah tanah, air, atmosfer, sinar matahari, batu dan lain sebagainya.

b). Unsur biotik

Pengertian unsur biotik adalah merupakan unsur lingkungan hidup yang terdiri atas makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan juga jasad renik). Unsur-unsur biotik tersebut antara yang satu dengan yang lainnya saling berhubungan. Tumbuhan mendapatkan unsur hara yang berasal dari jasad renik. Tumbuhan akan dikonsumsi oleh hewan atau manusia, dan  kemudian hewan dan manusia diuraikan oleh jasad renik menjadi unsur hara. Siklus ini akan berlangsung secara terus menerus. Pengelompokan komponen biotik menurut fungsinya dibedakan menjadi 3 kelompok utama antara lain menjadi 1) kelompok produsen, 2). konsumen dan 3). pengurai

1) Kelompok produsen. Pengertiannya adalah merupakan organisme yang membuat makanannya sendiri untuk keperluan dirinya sendiri maupun untuk organisme lain. Kelompok produsen terdiri atas tumbuhan hijau.

2) Kelompok konsumen. Pengertiannya adalah merupakan kelompok organisme yang menggunakan bahan makanan yang dibuat oleh kelompok produsen. Dalam kelompok konsumen adalah hewan dan manusia.

3) Kelompok pengurai (decomposer) adalah merupakan organisme yang memiliki peran untuk menguraikan sisa-sisa atau makhluk hidup yang telah mati. Yang termasuk di dalam kelompok pengurai adalah bakteri dan jamur.

Berikut adalah skema hubungan komponen biotik dan abiotik :
c). Unsur sosial budaya
Unsur sosial budaya adalah merupakan lingkungan sosial dan budaya dibuat oleh manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan dan juga keyakinan dalam berperilaku manusia sebagai makhluk sosial. Contoh unsur sosial budaya yang berwujud fasilitas fisik misalnya: masjid, kantor, pabrik dan sebagainya.

Arti Penting Lingkungan Bagi Kehidupan

Lingkungan bagi manusia mempunyai peran penting, sebab kita memperoleh yang dibutuhkan dari lingkungan hidup, sehingga kita harus melakkan pelestarian lingkungan. Dalam memanfaatkannya dibutuhkan kemauan dan kemampuan dari yang paling sederhana sampai dengan kemampuan yang membutuhkan teknologi. Sebagai contoh peran lingkungan terhadap manusia adalah udara yang ada di sekitar kita dapat dipakai untuk pernafasan, air dipakai untuk minum, tanah yang ada dapat dipakai untuk tempat tinggal produksi pertanian dan pemanfaaatan lainnya. Lingkungan hidup juga mempunyai fungsi sebagai tempat tinggal dan tempat mencari makan. Dengan demikian usaha pelestarian lingkungan hidup memang sangat diperlukan.

1. Lingkungan sebagai tempat tinggal (habitat)
Lingkungan dapat berfungsi sebagai tempat tinggal makhluk hidup, dan masing-masing makhluk hidup akan membentuk suatu kelompok. Sebagai contoh manusia membentuk suatu kelompok yang mendiami suatu daerah sehingga terbentuk masyarakat. Dengan demikian antar individu dapat terjadi interaksi sosial serta dapat berkembang biak untuk melanjutkan keturunannya. Tingkatan kelompok makhluk hidup pada suatu wilayah terdiri dari individu, populasi, komunitas, dan juga ekosistem.

2. Lingkungan sebagai tempat mencari makan (niche)
Lingkungan menyediakan hal-hal yang dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya, salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan akan makan. Di dalam pemenuhan hidupnya makhluk hidup akan saling berinteraksi antara yang satu dengan yang lainnya sehingga terbentuklah piramida makanan. Apabila rantai dalam piramida tersebut putus, maka akan terjadi gangguan pada yang lainnya.

Bentuk-bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup

Kerusakan lingkungan hidup

a. Letusan gunung berapi

Letusan gunung berapi adalah merupakan salah satu dari aktivitas vulkanisme. Ini adalah gejala alam yang mana manusia tidak sanggup untuk menahannya. Letusan dari gunung berapi berakibat rusaknya lingkungan hidup. Berikut ini adaah kerugian adanya gunung berapi antara lain sebagai berikut:

1) Letusan dari gunung berapi menyebabkan terlemparnya material padat misalnya batuan, kerikil, pasir yang terdapat di dalamnya, dan selain itu juga berakibat rusaknya wilayah yang terkena dampak dari letusannya 

2) Dapat menyebabkan gangguan pada pernafasan dan penglihata karena hujan abu vulkanik. Selain itu jika abu vulkanik tersebut menutupi daerah pertanian akan menyebabkan berkurangnya produksi pertanian.

3) Lava panas dan awan panas akan merusak apa saja yang dilewatnya.

4) Aliran lahar menimbulkan terjadinya pendangkalan sungai dan mengakibatkan terjadinya banjir.

5) Terdapat kandungan gas yang berracun yang bisa mengancam keselamatan makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

b. Gempa bumi

Gempa bumi merupakan sentakan lapisan dari bumi karena adanya tenaga endogen atau tenaga yang berasal dari dalam bumi. Berbagai kerusakan dapat timbul karena adanya gempa bumi. Kerusakan tersebut, antara lain sebagai berikut:

1) Retaknya tanah pada permukaan bumi bisa menyebabkan menjadi terputusnya trensportasi darat.

2) Guncangan hebat, sehingga dalap menimbulkan terjadinya longsoran tanah dan juga akan menimbun segala sesuatu yang berada di bawahnya.

3) Gempa dapat menghancurkan berbagai jenis bangunan.

4) Gempa bumi yang terjadi di laut dapat menyebabkan terjadinya gelombang tsunami.

5) Guncangan yang disebabkan oleh gempa bumi bisa menimblkan kerusakan pada tanggul sungai, sehingga dapat menimbulkan terjadinya banjir.

6) Peristiwa gempa bumi dapat memicu terjadinya kebakaran karena terjadi kerusakan pada jaringan listrik.

c. Angin topan

Dengan terjadinya angin topan dapat menimbukan kerusakan di lingkungan misalnya saja terjadinya kerusakan pada bangunan rumah, menumbangkan pohon dan lain sebagainya.

Kerusakan lingkungan hidup karena perbuatan manusia

Perbuatan dari manusia dapat menimbulkan terjadinya pencemaran dan banjir.

a. Pencemaran (polusi)

Macam-macam pencemaran yaitu meliputi polusi air, tanah, udara, dan pencemaran suara.

1) Pencemaran air

Pembuangan sisa dari pupuk dan pestisida, detergen setelah mencuci, sisa obat-obatan dan bahan kimia di sembarang tempat dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air. Jiks penyebab air menjadi tercemar tersebut masuk ke dalam sumur, saluran air minum, sungai akan menimbulkan pencemaran air. Selain itu penyebab terjadinya pencemaran air dapat pua disebabkan karena terjadinya musibah. Sebagai contoh kapal tangker yang memuat minyak meledak di lautan sehingga minyak-minyak yang tumpah akan mencemari air laut. Akibat atau dampak yang ditimbkan pencemaran air antara lain sebagai berikut :

a) Dapat menimbulkan masalah kesehatan apabila terkonsumsi.

b) Kehidupan hewan dan juga tumbuh-tumbuhan menjadi terganggu. Misalnya karena terjadi pencemaran air di danau maka banyak ikan yang menjadi mati.

2) Pencemaran tanah

Perbuatan manusia yang dapat menimbulkan terjadinya pencemaran tanah antara lain membuang plastik bekas pembungkus, membuang kaleng bekas, membuang botol kaca dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut menjadi pencemaran tanah karena sulit untuk diurakan oleh bakteri pembusuk. Teman-teman semua dapat mencari sendiri kegiatan manusia yang dapat menyebabkan pencemaran tanah yang lainnya. Tanah yang telah mengalami pencemaran akan mengurangi kesuburan dari tanah yang bersangkutan.

3) Pencemaran udara

Seperti kita ketahui bahwa uatmosfer sangat penting bagi kehidupan manusia dan mahluk lainnya. Oksigen yang ada dipakai oleh manusia untuk bernafas, karbon dioksida dipakai oleh tumbuhan dalam proses memasak (fotosintetis) dan ozon berfungsi untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Wujud dari pencemaran udara adalah dapat berupa partikel padat dan berupa gas. Sebagai contoh terjadinya proses pencemaran udara adalah pabrik-pabrik yang mengeluarkan asap, kendaraan bermotor yang juga mengeluarkan bahan pencemar, pembakaran hutan, pemakaian Gas Chlorofluorocarbon (CFC) dalam pendingin udara (AC) dan kulkas. Ini semua akan merusak lapisan ozone. Metan yang berasal dari gas alam, pertambangan batu bara, pertanian, peternakan, tempat pembuangan sampah, dan sebagainya memiliki pengaruh terhadap global warming (pemanasan global), efek rumah kaca, kerusakan terhadap ozone, hujan asam, dan muncunya berbagai penyakit.

4) Pencemaran suara

Kebisingan merupakan contoh pencemaran suara, kebisingan suara tersebut dpat berupa suara mesin-mesin dari pabrik, deru dari kendaraan bermotor serta suara pesawat terbang. Teman-teman dapat mencari contoh yang lainnya tetntang pencemaran suara. Kebisingan dapat mempengaruhi terhadap denyut nadi, tekanan darah, pernafasan dan juga berpengaruh pada saraf.

Berikut ini adalah usaha yang dilakukan untuk mengatasi pencemaran yaitu:
  • Mengatur letak dan lokasi dari industri yang jauh dari pemukiman penduduk.
  • Industri diberi kewajiban untuk memasang peralatan untuk pengendali pencemaran air
  • Daerah industri yang dijauhkan dari peredaran air karena berkaitan dengan sumber air minum penduduk.
  • Membuat saluran air limbah yang kuat sehingga tidak terjadi kebocoran.
  • Unsur-unsur yang sulit dinetralisasi atau tidak dapat dinetralisasi harus benar-benar dibuang dengan ditanam yang jauh dari air.
b. Banjir dan tanah longsor

Penebangan hutan yang secara besar-besaran membuat hutan yang tadinya ada tanaman menjadi lahan gundul. Habisnya tanaman membuat tidak adanya akar tumbuhan yang menahan lapisan tanah, dengan demkian terjadilah erosi dan pendangkalan di wilayah sungai. Dengan dangkalnya sungai maka air tidak lagi dapat ditampung disungai dan akibatnya air akan mengalir ke mana-mana tanpa terkendali atau sering kita kenal sebagai banjir. Selain itu penebangan hutan juga berakibat terjadinya tanah longsor. Di kota-kota terjadinya banjir disebabkan oleh pemakaian lahan yang kurang memenuhi persyaratan (contohnya bangunan yang berada di daerah bantaran sungai), sampah yang menumpuk, air laut yang pasang.

Usaha penanggulangan banjir yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1) Kegiatan penghijauan dan reboisasi.

2) Sengkedan/ terasering.

3) Pengembangan DAS (daerah aliran sungai).

4) Membuang sampah pada tempatnya.

Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Kunci utama dalam pembangunan yang berwawasan lingkungan adalah di bawah ini:
  • Terpenuhinya kebutuhan dasar hidup, terutama untuk golongan miskin dan terbelakang.
  • Keterbatasan tingkat kemampuan ilmu pengetahuan (IPTEK) dan kelembagaan sosial dalam  mengangkat manfaat kemampuan lingkungan atau sumber daya alami tanpa merusak.
Ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan adalah sebagai berikut:

- Memperhatikan kelestarian sistem lingkungan.

- Mengindahkan daya dukung lingkungan.

- Meningkatkan kualitas dari sumber daya alam & lingkungan hidup.

- Adanya gerakan terhadap pelestarian dan pemanfaatan flora/ fauna yang optimal.

- Ada koordinasi pada penataan terhadap pemanfaatan SDA (sumber daya alam) dengan SDM (sumber daya manusia).

- Menormalisasi terhadap fungsi lingkungan hidup dan juga mengurangi adanya risiko pencemaran/ perusakan lingkungan hidup.

- Peran serta dari masyarakat yang ditingkatkan dalam melestarikan lingkungan dan juga pengawasan terhadap pembangunan.

- Adanya dukungan sistem informasi lingkungan hidup (sarana komunikasi baik lewat media cetak/ elektronik) supaya permasalahan lingkungan yang terjadi dapat dengan cepat diketahui.

- Adanya dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang aman dan juga ramah terhadap lingkungan.

Artikel IPS lainnya:
1. Unsur Sosial Wilayah Indonesia
2. Kondisi Fisik Wilayah Indonesia
Demikianlah contoh artikel tentang lingkungan hidup di Aanwijzing.Com yang berjudul Lingkungan Hidup dan Pelestariannya (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VIII) yang semoga bermanfaat. Terimakasih.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.