Hukum Bacaan Qalqalah dan Ra (Pelajaran Agama Islam SMP/ MTs Kelas VIII)

Artikel yang terkait dengan judul :Hukum Bacaan Qalqalah dan Ra (Pelajaran Agama Islam SMP/ MTs Kelas VIII)

Hukum Bacaan Qalqalah dan Ra (Pelajaran Agama Islam SMP/ MTs Kelas VIII) ✓ Di dalam kitab suci Al Quran banyak terdapat dua hukum bacaan tajwid, yaitu hukum bacaan qalqalah dan hukum bacaan ra. Dengan demikian saya dan teman-teman semua perlu untuk memperhatikan keduanya tersebut. Mengapa demikian? hal ini disebabkan oleh karena membaca Al-Qur’an adalah merupakan bentuk dari ibadah kita kepada Allah SWT. Untu itu karena merupakan ibadah, maka dari itu kita semua harus melaksanakan ibadah tersebut dengan baik dan juga dilaksanakan dengan benar.

Daftar Isi

Hukum Bacaan Qalqalah dan Ra (Pelajaran Agama Islam SMP/ MTs Kelas VIII)

Bacaan Qalqalah

Apakah Bacaan Qalqalah Itu?

Kata qalqalah dilihat secara bahasa dapat diartikan memantul. Sedangkan secara istilah, pengertian qalqalah adalah merupakan sebutan untuk hukum bacaan dari bunyi memantul dari beberapa huruf hijaiyah yang mati atau dibaca mati. Kapan huruf dibaca mati? Untuk bahasa Arab, suatu huruf dibaca mati jika berharakat sukun. Maksud dari dimatikan adalah sebenarnya huruf tersebut berharakat hidup seperti halnya fathah, kasrah, ataupun dammah, namun berada di akhir kalimat maka dibaca waqaf atau dibaca mati. Terus huruf hijaiyah apa saja yang termasuk dalam huruf qalqalah? Terdapat 5 huruf qalqalah yang meliputi:
Huruf-huruf tersebut berasal dari makhraj yang berbeda, sehingga kita harus berhati-hati pada waktu kita membaca dari huruf qalqalah.

Ragam Bacaan Qalqalah

Terdapat 2 macam bacaan qalqalah yaitu 1). bacaan qalqalah sugra dan 2). bacaan qalqalah kubra.

Qalqalah Sugra

Kata sugra memiliki arti kecil atau ringan. Qalqalah sugra merupakan bunyi memantul yang terjadi pada waktu huruf qalqalah berharakat sukun. Dengan berharakat sukun, huruf qalqalah dibaca mati asli atau mati dengan harakatnya sendiri. Adapun untuk cara membaca qalqalah sugra adalah memantul dengan ringan atau langsung memantul ringan pada saat sampai di bunyi huruf tersebut. Bunyi memantul tersebut bisa dilakukan secara langsung memantulkan bunyi pada waktu bacaannya sampai pada huruf qalqalah tersebut.

Qalqalah Kubra

Pengertian qalqalah kubra adalah merupakan bunyi memantul yang terjadi pada waktu huruf qalqalah berharakat hidup namun dibaca mati karena waqaf. Untuk cara membaca qalqalah kubra adalah memantul berat atau berhenti sejenak.

Bacaan Ra

Ragam Bacaan Ra

Bunyi ra sangat dipengaruhi oleh adanya huruf dan juga harakat sebelumnya. Terdapat 2 macam bacaan ra di dalam ilmu tajwid yaitu bacaan ra tafkhim dan bacaan ra tarqiq.

Bacaan Ra Tafkhim

Arti kata tafkhim adalah tebal. Pengertian Ra tafkhim adalah bacaan ra yang dibaca tebal dengan bunyi ro atau bunyi r tebal saat ra dibaca mati. Keadaan yang menimbulkan bacaan ra tafkhim adalah sebagai berikut:

Bacaan Ra Tarqiq

Lawan kata tafkhim adalah tarqiq yang mempunyai arti tipis. Maka dengan makna tarqiq, bacaan ra tarqiq adalah bacaan ra yang dibaca dengan bunyi ra atau bunyi r yang tipis. Bacaan ra tarqiq berlaku pada saat huruf tersebut dibaca mati atau pun berharakat hidup. Adapun keadaan yang menimbulkan huruf ra dibaca tarqiq adalah sebagai berikut:

Perkecualian

Terdapat 3 keadaan perkecualian yaitu kondisi yang seharusnya dibaca ra tarqiq (tipis) harus dibaca dengan bunyi ra tafkhim (tebal). Ketiga perkecualian tersebut yaitu:

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berguna untuk mereview artikel Hukum Bacaan Qalqalah dan Ra. Sebutkan macam huruf qalqalah. Sebutkan 2 macam bacaan qalqalah. Sebutkan contoh qalqalah kubra dan sugra. Sebutkan 2 macam membaca huruf ra. Apa pengertian ra tafkhim dan ra tarqiq? Sebutkan contoh bacaan ra tafkhim dan ra tarqiq.

Materi PAI Kelas 8 Lainnya :
  1. Ketentuan Zakat
  2. Ketentuan Puasa Wajib dan Sunah
Itulah artikel Pendidikan Agama Islam di Aanwijzing.Com tentang Hukum Bacaan Qalqalah dan Ra (Pelajaran Agama Islam SMP/ MTs Kelas VIII) yang semoga bermanfaat. Terimakasih.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.