Gaya dan Pesawat Sederhana (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Artikel yang terkait dengan judul :Gaya dan Pesawat Sederhana (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Gaya dan Pesawat Sederhana (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V) ✓ Apa tujuan dari pembelajaran mengenai gaya dan pesawat sederhana? Dengan belajar mengenai hal tersebut maaka teman-teman semua bisa menjelaskan mengenai hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui suatu percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet). Selain itu teman-teman juga menjelaskan mengenai pesawat sederhana yang bisa membuat pekerjaan menjadi lebih ringan, mudah dan juga lebih cepat.

Daftar Isi

Gaya dan Pesawat Sederhana (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Tahukah teman-teman apa DEFINISI GAYA? Yang jelas gaya tidak terlihat. PENGERTIAN GAYA adalah tarikan atau dorongan yang bisa mempengaruhi keadaan pada suatu benda. Jadi gaya akan menyebabkan bergeraknya suatu benda. Di dalam artikel ini, kita akan belajar mengenai macam-macam gaya.

GAYA GRAVITASI

Gaya bisa berupa tarikan atau dorongan yang dapat dirasakan namun tidak dapat dilihat. Adanya gaya bisa merubah arag suatu benda dan daat merubah bentuk benda. Jika kita perhatikan, air mancur awalnya arah air ke atas, namun pada akhirnya air akan ke arah bawah lagi. Berarti air yang jatuh ke bumi disebabkan oleh karena adanya tarikan dari bumi. Tarikan tersebut dikenal sebagai gaya gravitasi. Hal yang mempengaruhi kecepatan gaya gravitasi adalah berat, bentuk, ukuran, dan ketinggian. Teman-teman dapat membuktikan mengenai hal tersebut dengan melakukan percobaan.

1. Lemparkan bola ke atas lalu lakukan pencatatatan, berapa lama waktu yang diperlukan untuk sampai ke tanah.

2. Lemparkan lagi bola yang sama, namun ketinggian melempar bolanya ditambah. Catatlah berapa lama waktu yang diperlukan untuk sampai ke tanah.

3. Lemparkan kembali bola yang sama, namun kali ini dengan ketinggian rendah, kemudian catat waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tanah.

Percobaan tersebut dapat digunakan untuk membuktikan bahwa semua benda yang dilemparkan ke atas akan selalu jatuh. Hal tersebut disebabkna oleh karena adanya gaya gravitasi bumi. Apabila suatu benda dilemparkan semakin rendah maka akan semakin cepat pula benda tersebut akan jatuh ke bumi. Semakin tinggi benda dilemparkan ke atas, maka akan semakin lama pula benda tersebut akan jatuh ke bumi.Bagi astronot yang berada di luar angkasa akan melayang-ayang seolah tidak mempunyai berat. Hal tersebut dikarenakan tidak terdapat gaya gravitasi diluar angkasa.

GAYA GESEKAN

Pengertian gaya gesekan adalah merupakan gaya hambatan yang terjadi pada saat 2 permukaan benda saling bersentuhan.
Gaya Gesek
Teman - teman dapat melakukan percobaan terhadap sebuah bola yang digelindingkan pada tempat yang permukaannya halus dan tempat yang permukaannnya kasar. Apa yang terjadi terhadap bola tersebut? Tentunya akan lebih mudah di tempat yang halus. Hal tersebut disebabkan karena gaya gesekan pada Gamber 1 lebih kecil apabila dibandingkan pada gambar 2. Jika kita dasarkan pada percobaan tersebut maka kita bisa memperbesar atau memperkecil gaya gesek. Apabila kita ingin memperkecil gaya geseknya maka dengan cara menghaluskan permukaan benda, begitu dengan yang sebaliknya apabila kita ingin memperbesar gaya gesek yaitu dengan cara memperkasar permukaan benda. Contoh pemakaian gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari adalah 1). Meja/ kursi yang diberi roda, sehingga gaya geseknya akan menjadi kecil dan kita dapat dengan mudah untuk menggesernya. 2). Ban mobil yang diberi permukaan yang beralur sehingga tidak menjadi licin, karena gaya geseknya menjadi lebih besar. Bentuk permukaan sepatu pemain sepak bola yang seperti paku-paku, sehingga pemain sepak bola tidak tergelincir.
Penggunaan gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari
Dari hal tersebut maka gaya gesekan terjadi jika 2 permukaan benda saling bersentuhan. Gaya gesekan mempunyai arah yang selalu berlawanan dengan arah gerak benda. Semakin kasar permukaan benda yang bergesek akan semakin besar gaya geseknya. Semakin licin permukaan benda yang bergesekan, maka akan semakin kecil gaya geseknya.

Manfaat Gaya Gesek

  • Pada ban mobil/ motor, dicetak kasar dengan tujuan untuk memperbesar gaya gesekan sehingga tidak licin dan terhindar dari kecelakaan.
  • Pemasangan karet di bawah sepatu ditujukan untuk mengurangi risiko tergelincir pada saat memakai sepatu.

Benda yang Digunakan untuk Memperbesar Gaya Gesekan

  • Bahan karet. Contohnya adalah solsepatu, rem sepeda, ban kendaraan.
  • Paku-pakuan. Contohnya adalah paku-pakuan yang ada di sepatu bola, sepatu pendaki gunung, dll.

Kerugian adanya Gaya Gesekan

Kerugian terhadap adanya gaya gesekan yaitu:
  • gerakan benda akan menjadi terhambat
  • akan mengikis permukaan benda
  • akan menjadi lebih besar pengeluaran energi

GAYA MAGNET

Magnet adalah benda yang bisa menarik logam tertentu. Pengertian gaya magnet adalah gaya tarik yang di memiliki magnet.

Bentuk Magnet
Pengelopokan magnet berdasarkan bentuknya dapat dibedakan menjadi :
  • Magnet jarum
  • Magnet batang
  • Magnet ladam
  • Magnet bentuk U
  • Magnet silinder
Pengelopokan magnet berdasarkan asalnya dapat dibedakan menjadi :
  • Magnet alam
  • Magnet buatan
Magnet alam adalah magnet yang memang telah ada di alam, sebagai contoh magnet alam adalah gravitasi bumi. Magnet buatan adalah magnet yang dibuat oleh manusia, sebagai contoh magnet batan adalah magnet batang, jarum, dan bentuk U.

Benda Magnetis dan Nonmagnetis

a. Benda magnetis
Benda magnetis
Benda magnetis adalah benda-benda yang bisa ditarik/ digerakkan oleh adanya magnet. Benda magnetis antara lain mengandung besi, baja, nikel, dan juga kobalt. Sebagai coontoh benda magnetis adalah paku, baut, pisau, dll. Benda yang bisa ditarik oleh magnet disebut juga benda feromagnetik.

b. Benda nonmagnetis
Benda nonmagnetis
Benda nonmagetis adalah benda-benda yang tidak bisa ditarik/ digerakkan oleh magnet. Wujud dari benda nonmagnetis adalah bisa berupa unsur logam tau nonlogam. Sebagai contoh benda nonmagnetis adalah aluminium, seng, plastik, kayu, kapur, kertas, dll.

Gaya Magnet dapat Menembus Benda

Gaya Magnet dapat Menembus Benda
Untuk membuktikan gaya magnet bisa menembus benda adalah misalnya dengan kertas karton yang diberi serbuk besi di atasnya  kemudian teman-teman letakkan magnet tepat dibawahnya kemudian magnet kita gerak-gerakkan. Apa yang akan terjadi? serbuk besi akan bergerak. Magnet memiliki 2 kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Sifat kutub magnet adalah antara kutub utara dan kutub selatan akan tarik menarik apabila didekatkan, tetapi sebaliknya jika dua kutub sesama saling didekatkan misalnya kutub U dan U dan kutub S dan S maka akan saling tolak menolak.

Penggunaan Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Penggunaan Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari
Sebagai contoh penggunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari misalnya kompas, obeng, pengeras suara (mikrofon dan speaker), lampu sepeda, pintu kulkas, dll.

Cara Pembuatan Magnet

Magnet buatan merupakan logam yang dibuat untuk menjadi magnet. Ada 3 macam cara membuat magnet yaitu digosok, induksi magnet, dan aliran listrik.

a. Cara Pembuatan Magnet dengan Cara Digosok
Cara Pembuatan Magnet dengan Cara Digosok
Cara membuat magnet yang paling sederhana adalah dengan cara digosok. Bahan yang dipakai dalam pembuatan magnet dengan cara ini adalah  mempunyai sifat magnetis. Berikut adalah cara pembuatan magnet dengan digosok yaitu gosok bahan magnetis menggunakan menggunakan magnet yang dilakukan searah. Apabila teman-teman ingin agar sifat magnetnya kuat, maka teman-teman harus menggosoknya dalam wakyu yang lama.

b. Cara Pembuatan Magnet dengan Induksi magnet
Cara Pembuatan Magnet dengan Induksi magnet
Induksi magnet yaitu cara pembuatan magnet yang dilakukan dengan cara mendekatkan bahan magnetis kepada magnet. Sifat magnet akan menular pada bahan magnetis, sengan demikian magnetik bisa menarik bahan magnetik yang lainnya.

c. Cara Pembuatan Magnet dengan Aliran listrik
Cara Pembuatan Magnet dengan Aliran listrik
Adalah dengan melilitkan kawat pada bahan magnetis lalu dialirkan listrik. Kawat tersebut memiliki fungsi untuk mengalirkan listrik dan benda magnetis akan menjadi magnet.

PESAWAT SEDERHANA

Tujuan dari pesawat sederhana adalah dirancang untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Tuas

Pengungkit adalah tuas yang paling sederhana. Adpun janis tuas dikelompokkan menjadi 3 golongan antara lain:

a). Pengungkit jenis I. Urutannya adalah beban - titik tumpu - kuasa. Sebagai contohnya adalah gunting dan tang
Pengungkit jenis I

b). Pengungkit jenis II. Urutannya adalah kuasa - beban - titik tumpu. Sebagai contohnya adalah mendorong gerobak pasir
pengungkit jenis II
Pengungkit jenis III. Sebagai contohnya adalah memegang sekop untuk mengambil tanah.

Bidang Miring

Bidang Miring
Tujuan dari bidang miring adalah untuk mempermudah dan memperingan pekerjaan. Bidang miring adalah letak permukaan-permukaan yang miring. Keuntungan pemakaiaan bidang miring adalah tenaga yang dibutuhkan sama, namun memudahkan usaha atau kerja. Adapun kelemahan bidang miring adalah jarak tempuhnya menjadi lebih jauh.

Katrol

Katrol
Prinsip pembuatan katrol adalah berdasarkan pada pengungkitnya. Katrol adalah merupakan sebuah roda kecil yang tepinya beraturan bisa diputar pada porosnya. Oleh karenanya katrol memiliki titik tumpu, kuasa, dan beban. Kita mengenal beberapa katrol yaitu katrol tetap, katrol bebas, katrol majemuk, dan juga katrol rangkap.
  • Katrol tetap adalah katrol yang tidak mengalami perubahan posisinya pada waktu memindahkan barang.
  • Katrol bebas adalah katrol yang akan berubah posisinya pada waktu memindahkan benda.
  • Katrol rangkap adalah katrol yang terdiri atas lebih dari satu katrol yang disusun sejajar
  • Katrol majemuk adalah katrol yang terdiri atas beberapa katrol yang dijadikan satu tali.

Roda Berporos

Roda Berporos
Roda berporos adalah merupakan anggota pesawat sederhana. Roda akan membantu mempermudah dalam memindahkan suatu benda. Sebagai contoh roda berporos adalah gerobak, sepeda, mobil, mainan anak-anak, dll.

Berikut adalah contoh kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana antara lain:
  1. mencabut paku
  2. memindahkan sebuah drum ke atas truk
  3. mendorong kereta dorong dalam proyek bangunan
  4. membuka tutup kaleng
  5. bermain jungkat-jungkit
  6. memancing, dll


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.