Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Artikel yang terkait dengan judul :Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V) ✓ Materi yang akan kita pelajari adalah mengenai FUNGSI ORGAN TUBUH baik yang terdapat pada HEWAN maupun MANUSIA. Bagi teman-teman yang telah mempelajari artikel ini diharapkan dapat menjelaskan tentang organ pernapasan manusia berserta fungsinya dan fungsi organ pernapasan hewan. Selain itu juga dapat menjelaskan apa saja fungsi organ pencernaan manusia, organ peredaran darah manusia dan menjelaskan tentang gangguan pada organ peredaran darah manusia.

Daftar Isi

1. ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN
2. ORGAN PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA
3. ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA

Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan


Sebelum lebih jauh coba lihat skema artikel FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA dan HEWAN yang berikut ini, sehingga teman-teman akan lebih mudah dalam mempelajarinya.

Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan

ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN

Salah satu persamaan antara manusia dan hewan adalah sama-sama bernafas, hal ini merupakan salah satu ciri makhluk hidup.

Organ Pernapasan Manusia

Bernapas merupakan pembeda antara makhluk hidup dengan benda mati. Organ pernapasan manusia terdiri dari 1). hidung, 2). tenggorokan, dan 3). paru-paru. Berikut ini adalah sekilas mengenai organ pernapasan manusia dan fungsinya :

1). Hidung

Gambar organ pernafaasan
Gambar organ pernafaasan - Hidung

Hidung adalah merupakan alat pernapasan manusia yang terletak paling luar yang merupakan tempat untuk jalan masuknya oksigen dan tempat keluarnya karbondioksida. Pengertian bernafas adalah proses menghirup dan mengembuskan udara. Pada posisi yang normal, proses pernafasan yang terjadi adalah melewati hidung. Pada bagian dalam dari hidung terdapat adanya rambut halus dan juga selaput lendir. Adapun fungsi rambut hidung tersebut adalah untuk menyaring udara. Sedangkan fungsi selaput lendir pada hidung memiliki fungsi untuk menangkap benda asing yang masuk. Di dalam rongga hidung terdapat adanya alat untuk pengatur suhu. Juga mengatur kesesuaian suhu tubuh dan kelembaban udara.

2). Tenggorokan

Gambar organ pernafaasan
Gambar organ pernafaasan - Tenggorokan

Berikut adalah proses masuknya udara hingga terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida. Pertama kali udara masuk melewati faring. Tahukah teman-teman apakah faring itu? Faring adalah merupakan persimpangan rongga mulut dengan rongga hidung. Kemudian udara dari faring melewati laring menuju ke trakea. Dengan demikian fungsi laring adalah sebagai saluran pernapasan yang akan membawa udara menuju ke trakea. Pada bagian trakea terdapat adanya suatu selaput lendir dan sel berambut getar. Adapun fungsi dari rambut getar adalah untuk menolak debu dan juga menolak benda asing yang mana keduanya (debu dan benda asing) tersebut bisa masuk berbarengan dengan udara. Batuk atau bersin merupakan akibat dari tolakan secara paksa terhadap debu/ benda asing tersebut. Trakea memiliki 2 cabang batang tenggorokan (bronkus) yaitu bronkus sebelah kiri dan bronkus sebelah kanan, yang mana kedua bronkhus teesebut menuju ke arah paru-paru. Kemudian di dalam paru-paru, bronkus bercabang lagi menjadi bronkiolus. Bronkus pada bagian sebelah kanan memeiliki cabang menjadi 3 bronkiolus. Sedangkan bronkhus yang sebelah kiri memiliki cabang menjadi 2 bronkiolus. Terdapat gelembung-gelembung halus berisi udara pada ujung bronkiolus (gelembung tersebut disebut juga alveolus). Pada dinding alveolus memiliki kapiler darah, dan di kapiler darah ini terjadi pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida.

Untuk gambar organ pernafasan - trakea dan paru-paru adalah sebagai berikut:

gambar organ pernafasan
3). Paru-paru

Organ pernafasan pada manusia ini (paru-paru) sebenarnya adalah merupakan sekumpulan dari gelembung alveolus. Letaknya adalah di dalam rongga dada di atas sekat diafragma. Apa pengertian diagfragma itu? Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Terus apa yang melindungi paru-paru jika letaknya di rongga dada? Paru-paru dilindungi oleh adanya tulang rusuk dan juga tulang dada. Terdapat 2 tahap dalam proses pernapasan yaitu 1). menghirup udara (inspirasi) dan 2). mengembuskan udara (ekspirasi). Pada proses inspirasi diafragma dan otot dada berkontraksi, rongga dada akan membesar, paru-paru juga mengembang dan udara akan masuk. Sedangkan pada saat tahap ekspirasi diafragma dan otot dada relaksasi/ istirahat, rongga dada kembali menjadi normal, paru-paru juga kembali menjadi normal, udara akan keluar dari paru-paru. Ada 2 macam proses pernapasan, yaitu 1). pernapasan dada dan 2). pernapasan perut. Pada pernapasan dada terjadi dari akibat kontraksi otot antar tulang rusuk. Sedangkan pada pernapasan perut merupakan akibat kontraksi diafragma.

Gangguan pernapasan

Kuman maupun polusi udara adalah penyebab dari terjadinya gangguan pernafasan. Berikut ini adalah beberapa nama penyakit mengganggu sistem pernapasan antara lain:

1. Influenza atau yang sering disebut juga sebagai flu merupakan penyakit yang penyebabnya adalah virus. Gejala yang timbul dari orang yang terserang flu antara lain terasa demam, batuk, sakit kepala, bersin-bersin, dan juga terasa nyeri punggung. Biasanya hidung akan mengeluarkan lendir yang membuat lubang hidung menjadi menutup sehingga udara yang akan mengalir ke dalam tubuh akan terhalang dan akibanya akan menganggu pernafasan.

2. Sesak napas adalah merupakan gangguan pernapasan karena adanya pencemaran udara oleh karena asap yang bisa berasal dari proses pembakaran sampah, dari asap kendaraan bermotor, dan juga dari asap rokok. Selain dari asap, debu juga bisa menyebabkan terjadinya sesak napas.

3. Asma adalah gangguan pernapasan yang terjadi karena terjadinya penyempitan pada saluran pernapasan yang disebabkan antara lain oleh:
  • Udara yang sudah tercemar oleh asap dan juga oleh debu.
  • Udara yang terlalu dingin.
  • Keadaan jiwa penderita, misalnya stres dan tekanan emosi.
4. Radang paru-paru disebabkan oleh bakteri Tuberkulosis. Adapun radang yang disebabkan karena bakteri Tuberkulosis sering disebut sebagai TBC paru-paru.

5. Bronkitis adalah gangguan pernafasan karena adanya peradangan pada bagian batang tenggorok (bronkus).

6. Polip adalah gangguan penyempitan saluran pernafasan karena adanya pembengkakan kelenjar limfe.

Untuk mencegah terjadinya gangguan sauran pernafasan dapat dengan pola hidup sehat, misalnya :

1. Berolahraga secara teratur.
2. Menjaga sirkulasi udara di rumah.
3. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.
4. Istirahat teratur.
5. Mengenakan masker saat berkendaraan.
6. Tidak merokok.

Organ Pernapasan Hewan

Untuk organ pernapasan hewan adalah lebih sederhana jika dibandingkan dengan manusia. Berikut contoh pernafasan pada hewan.

a. Ikan
Organ Pernapasan Hewan
Organ Pernapasan Hewan - Ikan

Ikan adalah memiliki habitat di air yang mana dalam bernafas memakai yang namanya insang dengan jumlah 4 pasang. Insang memiliki letak di sebelah kiri dan sebelah kanan kepala yang masing-masing dilindungi oleh tutup insang. Adapun proses pernapasan pada ikan yaitu air akan masuk ke dalam rongga mulut, sementara tutup insang menutup. Kemudian air tersebut akan dikeluarkan melewati tutup insang. Kapiler darah pada insang akan mengikat oksigen yang terdapat di dalam air. Gas karbondioksida akan dikeluarkan melewati insang. Semua yang terjadi dari proses tersebut adalah pada saat air melewati insang.

b. Cacing

Pada hewan cacing di dalam bernapas memakai kulit, hal ini karena di permukaan kulit cacing terdapat banyak pembuluh darah sehingga bisa secara langsung menyerap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Proses dari keluar masuknya oksigen dan karbondioksida adalah melewati kulitnya. Maka kita tidak heraj apabila cacing banyak dijumpai pada tempat-tempat yang lembab atau pada tempat-tempat yang basah karena pada tempat-tempat tersebut akan mempermudah cacing dalam melalukan proses pernapasan.

ORGAN PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA

gambar alat pencernaan manusia

Proses Pencernaan Makanan

Selain bernafas, makhluk hidup juga membutuhkan makanan yang mana makanan memiliki fungsi untuk tumbuh dan berkembang. Makanan yang kita konsumsi bisa menghasilkan energi dan juga dapat memperbaiki sel. Proses pencernaan makanan dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu pencernaan secara mekanis dan pencernaan secara kimiawi.

a. Pencernaan makanan secara mekanis

Terjadinya proses mekanis adalah di dalam mulut dan juga di kerongkongan. Pada proses tersebut dilakukan melalui gigi-gigi yang kuat dan pada saat lewat kerongkongan, makanan akan diremas-remas oleh dinding kerongkongan.

b. Pencernaan makanan secara kimiawi

Pada proses kimiawi terjadinya adalah di dalam mulut, lambung, dan juga di dalam usus. Proses kimiawi dibantu oleh enzim. Dengan adanya enzim tersebut maka akan memudahkan makanan menjadi terurai sehingga tubuh akan mudah untuk menyerapnya.

Susunan Alat Pencernaan

Berikut ini adalah susunan alat pencernaan makanan yang terdiri dari rongga mulut, kerongkongan, lambung (perut besar), usus 12 jari, dan usus halus, serta usus besar. Untuk masing-masing alat pencernakan, ikuti terus yang di bawah ini.

- Rongga mulut

Organ rongga mulut meliputi gigi, lidah, dan air liur. Fungsi gigi adalah untuk menghaluskan yang kasar. Terdapat 3 jenis gigi yaitu 1). gigi seri, 2). gigi taring, dan 3). gigi geraham. Masing-masing jenis gigi memiliki fungsi masing-masing.
Gambar Gigi Orang Dewasa dan Anak-Anak
Gambar Gigi Manusia

1) Gigi seri, letaknya adalah terdapat pada susunan paling depan.Gigi seri memiliki bentuk seperti kapak. Fungsi gigi seri adalah untuk memotong makanan.
 
2) Gigi taring, letaknya adalah di sebelah samping gigi seri. Bentuk gigi taring adalah runcing. Fungsi gigi taring adalah untuk merobek/ mengoyak makanan.
 
3) Gigi geraham, letaknya di susunan gigi belakang. Memiliki bentuk permukaan yang lebar dan bergelombang. Fungsi gigi geraham adalah untuk mengunyah makanan.

Lidah terletak pada bagian dasar dari rongga mulut. Adapun fungsi lidah adalah untuk mengatur dari letak makanan pada waktu kita sedang mengunyah. Selain itu lidah juga membantu dalam menelan makanan.

Gambar Lidah
Gambar Lidah

Kelenjar ludah akan menghasikan air liur. Terdapat 2 bagian kelenjar ludah yaitu kelenjar ludah bagian atas dan
kelenjar ludah bagian bawah. Air liur akan melicinkan dan juga akan membasahi makanan sehingga kita mudah untuk menelannya. Di dalam air liur terdapat enzim ptialin atau amilase. Fungsi enzim amilase adalah untuk mencerna karbohidrat secara kimiawi. Hal ini dapat kita buktikan dengan mengunyah nasi yang semakin lama aan terasa manis. Enzim amilase akan mengubah zat tepung menjadi zat gula.

- Kerongkongan

Kerongkongan adalah saluran yang merupakan penghubung rongga mulut dengan lambung. Terjadi gerakan meremas-remas (gerakan peristaltik) di dalam kerongkongan yang dilakukan oleh dinding kerongkongan. Celah dari kerongkongan panjangnya sekitar 20 cm yang seperi lorong. Kerongkongan memiliki kelenturan yang sangat elastis sehingga daat mendorong makanan yang kita makan masuk ke dalam lambung.

- Lambung (perut besar)
Gambar Lambung
Gambar Lambung

Letak lambung adalah di dalam rongga perut sebelah kiri atas. Makanan yang masuk ke lambung akan diaduk-aduk oleh dinding lambung. Pencernakan yang terjadi d dalam lambung adalah secara kimiawi. Getah lambung dihasilkan oleh lambung mengandung:
  • enzim pepsin, fungsinya adalah untuk mengubah protein menjadi pepton;
  • enzim renin, fungsinya adalah untuk mengendapkan protein susu menjadi kasein;
  • asam klorida, fungsinya adalah untuk membunuh kuman dan mengasamkan makanan.
- Usus dua belas jari

Panjang usus dua belas jari adalah sekitar 12 jari orang dewasa. Pencernakan yang terjadi di dalam ususs 12 jari terjadi karena adanya bantuan getah pankreas dan getah empedu. Getah pankreas adalah dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Fungsi getah pankreas adalah berguna di dalam proses memecah berbagai makanan. Sedangkan getah empedu adalah dihasilkan oleh hati. Fungsi getah empedu adalah untuk mencerna lemak. 

Di bawah ini adalah enzim-enzim yang terkandung dalam getah pankreas.
  • enzim amilase berfungsi untuk mengubah zat tepung menjadi gula.
  • enzim lipase berfungsi untuk mengubah lemak menjadi asam lemak.
  • enzim tripsin berfungsi untuk mengubah protein menjadi asam amino.
- Usus halus

Usus halus adalah usus terpanjang dari saluran pencernaan. Proses pencernkan di dalam usus halus berlangsung cukup lama sehingga terjadi secara sempurna. Pencernaan makanan sampai menjadi sari-sari makanan. Penyerapan dari sari-sari makanan berlangsung di dalam usus halus.

- Usus besar
Gambar Usus Besar
Gambar Usus Besar

Panjang dari usus besar adalah sekitar 1,75 m, sedangkan untuk besarnya adalah sekitar dua kali usus halus. Di dalam usus besar terjadi penyerapan atas sisa-sisa makanan dan penyerapan air. Sisa zat cair kemudian dialirkan menuju ke ginjal, yang selanjutnya diproses menjadi air seni. Terdapat bakteri pembusuk di dalam usus besar kita yang mana bakteri pembususk tersebut untuk membusukkan sisa makanan menjadi kotoran. Bahan yang telah dibusukkan oleh bakteri adalah berwujud kotoran. Selanjutnya kotoran akan dikeluarkan melewati anus. Kotoron dapat berwujud padat, cair dan juga gas. Cairan yang keluar melewati lubang kemih disebut air seni. Untuk yang berbentuk gas dikeluarkan berwujud kentut.

Hubungan Makanan dan Kesehatan

Makanan dibutuhkan oleh makhluk hidup sebab makanan merupakan sumber energi. Dengan kita makan, maka akan bermanfaat untuk menjaga tubuh supaya tetap tumbuh dan tetap sehat. Berikut ini zat makanan yang diperlukan oleh tubuh kita.

A. Makanan bergizi

Yang seperti apa yang dinamakan makanan bergizi? Yaitu jenis makanan yang mengandung berbagai zat dibutuhkan oleh tubuh kita. Penggolongan fungsi makanan untuk tubuh dpat dikelompokkan menjadi 3 yaitu:

1) Penghasil energi
 
Zat makanan yang mempunyai fungsi untuk penyedia energi. Sebagai contoh zat makanan penghasil energi : karbohidrat, lemak, dan juga protein. Karbohidrat adalah zat makanan yang dapat degan cepat diubah menjadi energi.

2) Zat makanan pembangun
 
Zat makanan yang mempunyai fungsi sebagai pembentuk jaringan tubuh. Zat makanan ini sangat berfungsi supaya dpat menjadi bertambah besar dan juga tumbuh. Berikut ini adalah bahan yang termasuk dalam zat pembangun yaitu protein, mineral, dan juga air.
 
3) Zat pengatur
 
Zat makanan yang mempunyai fungsi sebagai pengatur terjadinya proses-proses di dalam tubuh kita. Vitamin adalah merupakan zat makanan yang termasuk zat pengatur.

Berikut ini adalah bahan makanan yang mengandung gizi:
 
a) Karbohidrat

Manfaat karbohidrat untuk tubuh yaitu.
  • Sebagai penghasil energi.
  • Untuk membentuk cadangan makanan.
  • Untuk memberi rasa kenyang.
Contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat yaitu beras, terigu, kentang, umbi-umbian, dan juga sagu.

b) Lemak

Manfaat lemak bagi tubuh:
  • sebagai sumber tenaga;
  • sebagai cadangan lemak yang berada di bawah kulit yang bisa melindungi organ tubuh bagian dalam (misalnya ginjal, jantung, dan juga hati);
  • sebagai pelarut vitamin A, D, E, K sehingga lebih mudah untuk diserap oleh usus halus,
  • sebagai penghambat panas tubuh supaya tidak banyak yang keluar; dan
  • untuk pemberi rasa kenyang.
Lemak dapat kita peroleh dengan 2 cara yaitu dari hewan dan dari tumbuhan. Contoh dari lemak yang berasal dari hewan antara lain dari susu, telur, keju, dan juga dari mentega. Sedangkan contoh dari lemak yang berasal dari tumbuhan adalah kacang-kacangan, minyak sayur, dan juga margarin.

c) Protein
 
Protein berdasarkan sumbernya dpat dibedakan menjadi 2 macam yaitu:
  • hewan (protein hewani). Contoh protein hewani adalah daging, telur, ikan, susu, dan keju;
  • tumbuh-tumbuhan (protein nabati) Contoh protein nabati adalah kacang-kacangan, tahu, dan tempe.
Apa manfaat protein bagi tubuh kita? :
  • untuk membangun sel,
  • untuk mengganti sel yang telah rusak, dan
  • untuk mengatur keseimbangan nitrogen dalam tubuh.
d) Mineral
 
Untuk kebutuhan mineral di dalam tubuh memiliki porsi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan zat lainnya. Berikut ini mineral yang dibutuhkan tubuh.

1) Kalsium (zat kapur)

Contoh bahan makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain kedelai, kacang merah, bayam, daging ayam, ikan, telur, dll.

Manfaat zat kapur dalam tubuh kita antara lain:
  • untuk pembentukan tulang dan gigi,
  • untuk membantu proses pembekuan darah, dan
  • untuk membantu fungsi saraf dan otot.
2) Fosfor

Contoh bahan makanan yang banyak mengandung fosfor yaitu kacang merah, jagung kuning, mete, udang, daging ayam, sapi, dll.

Manfaat fosfor dalam tubuh yaitu:
  • untuk membentuk tulang dan gigi,
  • untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.
3) Zat besi (Fe)

Contoh bahan makanan yang banyak mengandung zat besi adalah bayam, daun ubi jalar, daun kelor, kedelai, telur, daging, ayam, sapi, hati, dan juga pada kacang panjang.

Manfaat zat besi dalam tubuh adalah untuk pembentuk hemoglobin (sel darah merah) di dalam darah. Bertugas untuk mengangkut oksigen di dalam tubuh. Orang yang kekurangan zat besi akan menderita anemia yaitu kekurangan darah merah.

4) Yodium

Contoh bahan makanan yang banyak mengandung yodium garam dapur, ikan laut, sayuran, dll.

Manfaat yodium bagi tubuh adalah sebagai pembentuk hormon thyroxin yang mana hormon thyroxin dihasilkan oleh kelenjar gondok. Jika kekurangan yodium maka akan berakibat besarnya kelenjar gondok.

5) Flour (F)

Contoh bahan makanan yang banyak mengandung flour adalah air minum, teh, makanan yang berasal dari laut.

Manfaat flour bagi tubuh yaitu untuk mencegah karies gigi. Karena sifat makanan melawan efek asam.

6) Air

Pembakaran karbohidrat akan meningkatkan suhu tubuh, dan untuk mengembalikan suhu menjadi normal kembali maka air yang ada dalam tubuh sebagian akan dikeluarkan lewat pori-pori kulit yaitu berwujud keringat.

Manfaat air bagi tubuh yaitu :
  • untuk mengatur panas tubuh,
  • untuk mengangkut makanan,
  • untuk mengangkut sisa pembakaran, dan
  • untuk membentuk cairan tubuh.
Air bisa kita dpatkan dari air minum dan dari bahan makanan terutama buah, dan air sisa pembakaran karbohidrat, lemak, protein.

e). Vitamin

Vitamin dibutuhkan oleh tubuh jumlahnya kecil, walaupun kecil namun sangat penting peranannya oleh tubuh kita. Perlu diketahui bahwa tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin, sehingga kita dapat memperolehnya melalui bahan makanan.

Manfaat vitamin bagi tubuh adalah untuk memperlancar terjadinya proses metabolisme dalam tubuh. Pengelompokan vitamin dibedakan menjadi dua macam yaitu:
  • vitamin yang larut dalam lemak, yaitu meliputi vitamin A, D, E, K, dan
  • vitamin yang larut dalam air, yaitu meliputi vitamin B dan C.
Berikut ini adalah macam-macam vitamin dan fungsi masing-masing vitamin tersebut :

- Vitamin A

Contoh makanan yang mengandung vitamin A yaitu bayam, kangkung, daun singkong, pepaya, mangga, wortel, ubi rambat merah, dll.

Manfaat vitamin A dalam tubuh kita adalah membantu dalam proses penglihatan, membantu proses pertumbuhan, dan juga membantu dalam pembentukan sel tubuh.

- Vitamin B

Contoh makanan yang mengandung vitamin B yaitu beras, bekatul, kacang hijau, daging, telur, sayuran, dll.

Manfaat vitamin B bagi tubuh yaitu mencegah terjadinya penyakit beri-beri, untuk merangsang nafsu makan, dan untuk mencegah peradangan pada ujung lidah. Selain itu vitamin B juga membantu dalam proses pembakaran di dalam tubuh.

- Vitamin C

Contoh makanan yang mengandung vitamin C adalah sayur-sayuran dan buah-buahan segar, kacang polong kedelai, dan kacang tanah.

Manfaat vitamin C bagi tubuh adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, untuk mencegah gusi berdarah, dan untuk membantu proses pemulihan setelah sakit.

- Vitamin D

Contoh makanan yang mengandung vitamin D yaitu alpokat, pisang, bayam, dan juga bunga kool. Di dalam tubuh kita terdapat bahan vitamin D yang apabila terkena sinar matahari pagi maka akan berubah menjadi vitamin D. Pada proses tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pembentukan vitamin D.

Manfaat vitamin D bagi tubuh kita adalah untuk membantu pembentukan tulang dan gigi.

- Vitamin E

Contoh makanan yang mengandung vitamin E adalah kuning telur, susu, minyak ikan, minyak jagung, susu, biji-bijian yang sedang tumbuh.

Manfaat vitamin E untuk tubuh ita adalah untuk meningkatkan kesuburan.

- Vitamin K

Contoh makanan yang mengandung vitamin K adalah daging sapi, daging ayam, kacang-kacangan, sayuran, dan minyak goreng.

Manfaat vitamin K bagi tubuh kita adaah untuk membantu proses pembekuan darah. Apabila terjadi luka, maka luka tersebut akan cepat tertutup.

B. Menu makanan bergizi seimbang

Kebutuhan akan gizi dibedakan sesuai dengan umur, jenis kelamin, pekerjaan, dll. Menu makanan merupakan susunan makanan yang dihidangkan untuk keluarga. Makanan pokok dan sayur disebut menu sederhana. Pertanyaannya sudah seimbangkah? Hal tersebut disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masing-masing. Menu lengkap adalah merupakan menu yang terdiri dari 1). makanan pokok (beras, jagung, ubi, sagu, dan lain-lain), 2) sayur (bayam , kangkung, labu, kacang panjang, dan lain-lain), 3). lauk (ikan, telur, daging, tahu, tempe, dan lain-lain), dan juga buah (pepaya, pisang, jeruk, dan lain-lain)
Dalam menghidangkan menu bergizi seimbang harus memerhatikan komposisi zat makanan dan juga memperhatikan komposisi warna.

C. Menu seimbang menjadikan tubuh sehat

Mengapa makanan bergizi lengkap dan seimbang menyehatkan? Hal ini karena makanan ini telah memenuhi zat-zat yang memng diperlukan oleh tubuh kita. Ada pertanyaa selanjutnya yaitu mengapa orang yang sakit tubuhnya biasanya menjadi kurus? Ini dikarenakan pada saat tubuh sakit kebutuhan terhadap gizi tidak memenuhi keseimbangan dan nafsu makan kita menjadi semakin menurun sehingga badan menjadi kurus. Terus pertanyaan lainnya adlah mengapa orang terlalu gemuk? Hal ini karena makan yang melebihi kebutuhan tubuh akan di dalam bentuk lemak yang berada di bawah kulit. Apabila lemak tersebut terus menumpuk maka yang terjadi adalah tubuh menjadi gemuk.

D. Cara-cara mengolah bahan makanan yang benar

Di bawah ini adalah cara mengolah bahan makanan agar nilai gizinya tidak rusak yaitu:
  • Supaya kandungan gizi dari bahan bahan tidak banyak yang hilang, sebaiknya cuci terlebih dahulu sebelum dilakukan pemotongan potong, misalnya pada wortel, kacang panjang dll.
  • Memperhatikan lamanya air mendidih. Bahan makanan yang dipanaskan terlalu lama bisa merusak gizi yang ada di dalamnya.
  • Pemanasan yang dipanaskan berkali-kali menyebabkan nilai gizi yang terkandung di dalamnya menjadi rusak.

ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA

Alat Peredaran Darah

Darah terdapat di seluruh tubuh manusia yang fungsinya adlah untuk mengedarkan bahan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahan-bahan yang dibutuhkan tersebut, antara lain berupa oksigen, bahan makanan, dll.


gambar peredaran darah manusia
Gambar Peredaran Darah Manusia

Alat peredaran darah di dalam tubuh adalah terdiri atas.

a. Jantung

Fungsi jantung adalah untuk memompa daerah ke seluruh tubuh. Letak jantung adalah di rongga dada sebelah kiri yang terlindungi oleh tulang rusuk. Adapun untuk ukuran jantung orang dewasa adalah sebesar kepalan tangan yang beratnya sekitar 300 gram. Bagian jantung terdiri dari 4 yaitu 1). serambi kanan, 2). serambi kiri, 3). bilik kanan, dan 4). bilik kiri. Terus di mana letak katub jantung? Letak katub jantung terletak di antara bilik dan serambi yang merupakan pintu penghubung. Pada katub jantung akan bekerja membuka dan menutup sesuai dengan denyut jantung. Pada rang yang sehat katup akan menutup rapat sekali, sehingga dengan demikian darah yang berada dibilik dan serambi tidak akan tercampur.

b. Pembuluh darah

Pengertian pembuluh darah adalah saluran tempat mengalirnya darah yang berasal dari jantung ke seluruh bagian tubuh atau darah yang mengalir dari seluruh bagian tubuh yang menuju ke jantung. Pembuluh darah dapat dibagi menjadi 2 macam berdasarkan aliran darahnya yaitu:
  1. Pembuluh nadi (arteri) yaitu pembuluh yang mengalirkan darah keluar dari jantung
  2. Pembuluh balik (vena) yaitu pembuluh yang mengalirkan darah masuk ke dalam jantung kita.
Untuk cabang pembuluh arteri dan vena yang terkecil dihubungkan oleh pembuluh kapiler, sedangkan pembuluh arteri terbesar disebut aorta.

Proses Peredaran Darah

Sistem peredaran darah manusia adalah sistem peredaran darah tertutup karena peredaran darah yang terjadi pada manusia terjadi di dalam pembuluh darah. Peredaran darah dibedakan menjadi dua, yaitu:

a. peredaran darah kecil yaitu peredaran darah dari jantung menuju ke paru-paru dan kembali lagi ke jantung.

b. peredaran darah besar yaitu peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh (kecuali paru-paru) dan kembali lagi ke jantung.
 
Cara kerja jantung adalah sebagai berikut:

a. Apabila kedua serambi mengembang, maka darah akan masuk ke serambi;

b. Apabila kedua serambi menguncup dan bilik mengembang, maka darah dari serambi mengalir masuk ke bilik;

c. Aabila kedua bilik menguncup, darah keluar dari bilik menuju pembuluh aorta.

Denyut nadi dan denyut jantung ditimbulkan oleh karena jantung yang berkontraksi dan berelaksasi dalam satu periode. Denyut nadi pada anak-anak berkisar antara 90 - 100 denyut/ menit. Sedangkan untuk orang yang sudah dewasa berkisar antara 70 - 80 denyut/ menit.

Gangguan Organ Peredaran Darah

Berikut ini adalah contoh gangguan organ peredaran darah :

a. Hipertensi

Hipertensi adalah kata lain dari penyakit tekanan darah tinggi. Alat ukur tekanan darah adalah tensimeter. Orang yang normal memiliki tekanan darah sekitar 120/80 mmHg. Dikatakan hipertensi jika tekanan darah melebihi 120/80 mmHg. Begitu pula untuk tekanan darah rendah, tekanan darahnya adalah di bawah 120/80 mmHg. Hipertensi bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Apabila pecahnya pembuluh darah tersebut terjadi di otak maka disebut strok. Penyakit strok bisa mengakibatkan gangguan bicara, dan apabial terjadi strok parah maka bisa mengakibatkan kematian. Penyebab hipertensi belumbisa diketahui secara pasti namun diduga disebabkan oleh stres, makan yang berlebihan, merokok, dan banyak minum alkohol.

b. Penyakit jantung bawaan

Pada penyakit jantung bawaan diderita oleh bayi semenjak bayi masih dalam kandungan. Pada umumnya berupa kelainan pada katub jantung. Sehingga dengan adanya kelainan pada katub tersebut maka darah tersebut yang mengandung karbondioksida bercampur dengan darah yang mengandung oksigen.

c. Aterosklerosis

Aterosklorosis adalah merupakan penyempitan dari pembuluh arteri yang disebabkan karena adanya penimbunan lemak (kolesterol). Timbunan lemak tersebut akan membentuk kerak pada dinding arteri. Sebagai akibatnya adalah lubang arteri menjadi lebih sempit. Penyempitan tersebt bisa menyebabkan terjadinya ganggan peredaran darah berupa tekanan darah tinggi. Penderita aterosklerosis pada umumnya disebabkan oleh karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak. 

Memelihara Organ Peredaran Darah

Di bawah ini merupakan pola hidup supaya terhindar dari gangguan peredaran darah :

a. Mengurangi makanan yang berlemak.

b. Olahraga secara teratur.

c. Pola makan yang sehat (4 sehat 5 sempurna).

d. Mengendalikan terhadap emosi supaya kerja jantung tidak terlalu berat.

Materi lainnya :
1. Gaya, Gerak dan Perpindahan Energi (Pelajaran IPA Kelas 6)
2. Perubahan Benda
*) Seluruh materi IPA Kelas 5 SD ada di : Ringkasan Materi Pelajaran IPA SD Kelas 5

Demikianlah artikel IPA di Aanwijzing.Com tentang Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas 5), terimakasih.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.