Benda dan Sifat Benda (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Artikel yang terkait dengan judul :Benda dan Sifat Benda (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Benda dan Sifat Benda (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V) ✓ Bagi teman-teman semua yang sedang mempelajari mengenai benda dan sifatnya nantinya dapat memberi gambaran mengenai kaitan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, contohnya benang, kain, dan kertas. Selain itu teman-teman bisa menjelaskan mengenai perubahan sifat benda, baik yang bersifat sementara maupun yang bersifat tetap.

Daftar Isi

Benda dan Sifat Benda (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Benda dan Sifat Benda

HUBUNGAN ANTARA SIFAT BAHAN DENGAN BAHAN PENYUSUNNYA

Sifat Bahan dan Manfaatnya

Berikut ini kita akan belajar tentang bahan-bahan serta fungsinya dalam kehidupan.

a. Plastik

Dalam kehidupan sehari-hari plastik banyak dipakai sebagai peralatan rumah tangga, sebagai contohnya adalh ember, kursi, almari, dll. Sifat tali yang berasal dari plastik memiliki sifat yang kuat, lentur dan juga licin. Akan tetapi sifat plasti juga tidak tahan terhadap panas.

b. Nilon

Bahan dasar dari nilon adalah terbuat dari plastik. Bentuk dari nilon adalah berupa untaian yang susah untuk dipisahkan. Sifat nilon adalah memiiki gaya tarik antarserat yang besar, sehingga lebih kuat, tahan lama terhadap pelarut, cepat kering, dan juga kenyal. Peralatan untuk panjat tebing, jala nelayan merupakan contoh dari pemakaian nilon dalam kehidupan. Sifat dari tali nilon adalah kuat dan ringan.

c. Benang

Benang dapat diperoleh dari hewan ataupun dari tumbuhan. Tanaman kapas merupakan tumbuhan penghasil bahan baku benang yaitu berupa kapas. Dari bahan yang berupa kapas kemudian dilakukan pemintalan sehingga akan menghasilkan benang. Penggunaan benang dalam kehidupan sehari-hari contohnya adalah dalam industri konveksi, untuk mejahit pakaian, jok kursi, menjahit gorden, kasur, dll. Sedangkan hewan yang bisa menghasilkan bahan baku benang yaitu ulat sutera dan domba. Kepompong dari ulat sutra menghasilkan benang sutera dan untuk bulu domba akan menghasilkan benang wol. Benang yang berasal dari tumbuhan ataupun dari hewan menghasilkan kain yang sangat nyaman untuk kita pakai.

d. Senar
Senar
Senar merupakan tali yang berasal dari plastik. Pemakaian senar dalam kehidupan sehari-hari misalnya dimanfaatkan di alat musik (gitar) dan juga pada pada alat olahraga (raket bulutangkis, raket tenis, dan senar pancing).

e. Tambang

Bahan tali tambang dapat berasal dari serat tumbuhan, plastik dan kawat besi. Tambang dapat dipakai misanya untuk permainan tarik tambang, untuk tali pada jangkar kapal, dll.

f. Kertas

Bahan baku dari kertas adalah kayu, kemudian kayu dimasak hingga menjadi bubur (disebut pulp). Keudian pulp melewati beberapa saringan dan akhirnya dicetak menjadi kertas. Kertas bisa kita manfaatkan untuk tempat menulis. Kelemahan dari kertas adalah sangat mudah untuk rusak apabila terkena air.

Hubungan Bahan dan Sifatnya

Setiap bahan mempunyai sifat yang berbeda-beda antara bahan satu dengan bahan yang lainnya. Bahan yang akan kita pakai sesuai dengan sifat dan kebutuhan. Sebagai contoh bahan plastik yang mempunyai sifat tahan air, elastis/lentur, dan kuat maka dapat dimemanfaatkannya untuk membuat ember, gayung, kursi, dan juga mantel. Bahan baku kapas yang telah diproses menjadi benang dan kain mempunyai sifat yang menyerap keringat, hangat, dan juga memiliki serat halus maka dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pakaian, misalnya baju, speri, jok kursi, dll. Sehingga demikian pemilihan dari bahan baku yang tepat sesuai kebutuhan kita dapat menghasilkan pemenuhan kebutuhan yang tepat pula.

PERUBAHAN SIFAT BENDA

Suatu benda bisa mengalami perubahan sifat yang meliputi warna, kelenturan, dan bau. Adapun faktor yang mempengaruhi perubahan sifat dari benda adalah sebagai berikut.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perubahan Sifat Benda

a. Pemanasan

Pemanasan terhadap suatu benda bisa menyebabkan perubahan pada benda. Misalnya saja es yang berwujud padat akan berubah menjadi cair.

b. Pembakaran

Pembakaran terhadap suatu benda bisa menyebabkan perubahan pada benda. Misalnya kertas yang dibakar akan berubah menjadi abu, kayu yang dibakar menjadi arang dan abu.

c. Perubahan suhu

Pencampuran air terhadap suatu bahan dapat menyebabkan perubahan suhu. Misalnya air yang dicampurkan pada semen suhu akan menjadi meningkat sehingga menyebabkan serbuk semen menjadi padat. Contoh lainnya adalah karbit yang diberi air akan melepaskan gas, sehingga menjadi mudah terbakar dan dapat dapat melelehkan besi.

d. Pengaratan

Pengaratan terjadi pada besi yang terkena air. Besi akan bereaksi dengan oksigen sehingga akan menimbulkan karat.

e. Pembusukan

Terjadinya pembusukan karena adanya bakteri yang menempel sehingga akan merubah sifatnya yang meliputi kekerasan, bau dan warnanya. Sebagai contoh adalah buah dan sayuran segar akan menjadi lembek ketika membusuk.

Berikut cara untuk memperlambat proses pembusukan antara lain dengan:
  • Dimasukkan pada ruangan tang memiliki temperatur suhu yang rendah/dingin (kulkas)
  • Diawetkan melalui manisan
  • Diawetkan melalui pengasinan, misalnya ikan asin.

Perubahan sifat Benda

Terdapat 2 macam perubahan sifat dari benda yaitu bersifat sementara dan bersifat tetap.

a. Sementara

Pengertian perubahan benda bersifat sementara adalah bahwa benda mengalami perubahan tetapi bisa berubah kembali ke bentuk semula. Contoh perubahan benda yang bersifat sementara adalah air yang mengalami proses pemanasan dan pendinginan.

b. Tetap

Pengertian perubahan benda bersifat tetap adalah bahwa benda mengalami perubahan tetapi tidak bisa kembali seperti semula. Contoh perubahan benda yang bersifat tetap adalah minyak goreng yang dipanaskan akan menguap, apabila uap minyak didinginkan tidak akan kembali semula.

Materi IPA Kelas 5 Lainnya :
1. PENYESUAIAN DIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP LINGKUNGANNYA (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)
2. Tumbuhan Hijau (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)
*) Seluruh materi IPA Kelas 5 SD ada di : Ringkasan Materi Pelajaran IPA SD Kelas 5

Demikianlah aartikel IPA tentang Benda dan Sifat Benda (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V) yang semoga bermanfaat.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.