Letak dan Luas Indonesia (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII)

Artikel yang terkait dengan judul :Letak dan Luas Indonesia (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII)

Letak dan Luas Indonesia (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII) ✓ Kita sebagai bangsa Indonesia harus bersyukur kepada Allah SWT karena kita memiliki kekayaan yang luar biasa termasuk letak yang strategis dan luasnya wilayah negara. Kestrategisan dapat dilihat dari astronomis, ekonomisnya maupun geografinysa. Karena itulah kita sering mendengar ungkapan bahwa Indonesia merupakan "untaian zamrud kathulistiwa". Untuk selanjutnya simaklah uraian singkat di bawah ini.

Daftar Isi

Letak dan Luas Indonesia (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII)

Pemahaman Lokasi Melalui Peta

Pengertian peta adalah merupakan gambaran dari permukaan bumi pada suatu bidang datar dan diperkecil dengan memakai skala. Untuk dapat membaca peta dengan baik perlu diketahui terlebih dahulu komponen peta antara lain:

- Judul Peta

Untuk judul peta mempunyai manfaat untuk menunjukkan isi dari suatu peta. Misalkan saja judul petanya adalah peta pemakaian lahan di Indonesia. Dilihat dari judul peta tersebut maka bisa diketahui bahwa isi dari peta tersebut adalah sebaran pemakaian lahan yang ada di Indonesia yang dapat berupa lahan pertanian, perkebunan, pemukiman, hutan, dan lain sebagainya.

- Skala Peta

Pada skala peta berfungsi untuk menunjukkan perbandingan jarak antara yang ada di dalam peta dengan jarak yang ada di lapangan yaitu jarak yang sesungguhnya. Misalnya di peta tertulis skala 1 : 1.000.000, ini dapat dibaca atau berarti bahwa 1 cm di peta mewakili 1.000.000 Cm atau 10 Km di jarak yang sesungguhnya. Skala peta ada 2 macam yaitu skala angka dan skala garis/ grafis.
  1. Skala angka. Pada skala angka merupakan perbandingan yang berwujud angka, misalnya 1 : 1.000.000.
  2. Skala garis/ grafis. Adalah merupakan skala peta yang mempunayi bentuk garis dengan menggunakan ukuran tetentu. Contoh skala garis :
Apabila skala garis tersebut ditulis dalam skala angka maka skalanya adalah 1 :1.000.000

- Orientasi Utara

Pada umumnya peta mempunyai orientasi arah utara yang mana orientasi utara tersebut disimbolkan dengan anak panah. Bentuk anak panah tersebut bervariatif bentuknya, sedangkan penempatannya adalah di kolom legenda atau penempatannya pada ruang yang kosong di muka peta.

- Simbol Peta

Pengertian simbol peta adalah merupakan tanda khusus pada suatu peta yang dapat mewakili objek yang dipetakan yang mana dengan simbol tersebut bagi orang yang melihat peta akan mudah dalam memahmi isi dari peta. Macam-macam simbol peta yaitu simbol titik, simbol garis, simbol warna, dan simbol area.

1. Simbol titik
Simbol Titik Peta
Contoh Simbol Titik Peta
Pada simbol titik mempunyai bermacam-macam bentuknya misalnya berbentuk lingkaran, bujur sangkar, segitiga, dan lain sebagainya. Berikut contoh simbol titik :

2. Simbol garis
Simbol Garis Peta
Contoh Simbol Garis
Pada simbol garis bisa digambar dalam bermacam bentuk dan juga ukuran ketebalan yang mana ketebalan garis bisa diatur sesuai dengan kaidah-kaidh dari perpetaan. Berikut contoh simbol garis :

3. Simbol warna

simbol warna peta
Contoh Simbol Warna Peta
Tidak semua warna bisa dipakai untuk objek-objek tertentu karena ada aturan dalam perpetaan. Sebagai contoh warna perairan (sungai, danau dan laut) menggunakan warna biru, untuk jalan menggunakan warna merah, dan lain sebagainya. Untuk warna ketinggian dan kedalaman dibuat sesuai dengan objeknya yang menggambarkan adanya perubahan secara teratur. Sebagai contoh adalah untuk kedalaman laut menggunakan warna biru dengan tingkat perubahan warna yang teratur dari warna biru terang ke warna biru gelap.

4. Simbol area
simbol area peta
Contoh Simbol Area Peta
Objek yang digambarkan pada peta umumnya berupa ilustrasi dari objek yang ada di lapangan. Contohnya untuk area persawahan digambarkan berbentuk polygon tertutup yang di dalamnya terdapat adanya symbol tanaman padi.

- Garis Koordinat

Merupakan garis khayal yang terdapat pada peta yang berupa koordinat peta yang terdiri atas bentuk garis lintang dan garis bujur. Manfaat dari garis koordinat sebab dapat menunjukkan lokasi pada peta dibanding lokasi lainnya di permukaan bumi serta menunjukkan karakteristik pada suatu tempat atau wilayah.

- Insert
Insert Peta
Contoh Insert Peta
Pengertian inset adalah peta kecil yang terdapat dalam suatu peta dalam rangka untuk menunjukkan lokasi daerah yang dipetakan diantara lokasi lainnya yang lebih luas.

- Legenda
legenda peta
Contoh Legenda Peta
Pengertian legenda merupakan keterangan semua objek yang ada pada muka peta. Dengan legenda, pembaca peta akan lebih memahami mengenai objek yang ada pada wilayah yang dipetakan tersebut.

- Sumber Peta

Maksud dari sumber peta adalah orang atau lembaga yag membuat peta sehingga dengan mengetahui dai pembuat petanya akan dapat menilai kualitas dari peta tersebut.

Letak dan Luas Indonesia

Bagaimanakah letak wilayah negara Indonesia? Apa keuntungan yang didapat dari letak wilayah Indonesia? Terus seberapa luas wilayah negara Indonesia? ikuti terus ya..!!

LETAK negara INDONESIA jika dilihat dari letak astronomis atau posisi koordnatnya adalah antara 950 BT – 1410BT dan 60 LU - 110 LS. Indonesia kalau dilihat dari letaknya maka termasuk dalam wilayah tropis. Batas wilayah tropis adalah 23,50 LU - 23,50 LS
Pengertian letak geografis adalah posisi suatu wilayah (negara) apabila dilihat dari realitas/ kenyataan pada permukaan bumi. Adapun LETAK GEOGRAFIS INDONESIA terletak di antara 2 benua yaitu benua asia dan benua australia. Kemudian juga terletak di antar 2 samudera yaitu samudera pasifik dan samudera hindia. Selain itu wilayah Indonesia juga berbatasan dengan berbagai wilayah negara dan samudera. Negara Indonesia berbatasan langsung dengan 10 negara tetangga baik yang berbatasan darat maupun lautnya yaitu dengan negara Malaysia, Papua New Guinea (PNG), dan Timor Leste, sedangkan batas lautnya dengan negara India, Singapura, Vietnam, Thailand, Malaysia, Filipina, Palau, Papua New Guinea, Australia, dan Timor-Leste.

Batas wilayah negara Indonesia dapat juga dilihat dari posisinya, yaitu:
  • Untuk sebelah utara, wiayah Indonesia berbatasan dengan wilayah negara Malaysia, Singapura, Palau, Filipina, dan Laut Cina Selatan.
  • Untuk sebelah barat, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Untuk sebelah selatan, wilayah Indonesia berbatasan dengan negara Timor Leste, Australia, dan Samudra Hindia.
  • Sedangkan sebelah timur, wilayah Indonesia berbatasan dengan negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
Apa saja keuntungan dari letak geografis bagi Indonesia? Negara Indonesia letak geografisnya sangat strategis sebab wiayah Indonesia merupakan jalur lalu lintas dari perdagangan dunia antara negara-negara dari Asia Timur dengan negara-negara yang ada di Eropa, Afrika dan Timur Tengah, dan India. Kapal-kapal dagang yang memuat berbagai macam komoditas dari Jepang, China, dan negara-negara lainnya melalui teritorial Indonesia menuju ke negara-negara tujuan yang ada di Eropa. Indonesia juga dilewati jalur perdagangan dari Asia ke arah Australia dan Selandia Baru. Dengan demikian letak geografis Indonesia akan berpengaruh terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya. Interaksi sosial yang terjalin melalui perdagangan kemudian akan menjadi jalan masuknya berbagai agama ke Indonesia. Negara Indonesia yang mempunyai kekayaan sumber daya alam akan menjual berbagai hasil buminya, misalnya lada, pala, kayu cendana, cengkeh, dan lain sebagainya ke negara-negara Eropa, China, dan negara lainnya. Sedangkan untuk negara-negara lain akan menjual berbagai produk barang ke Indonesia, misalnya porselen, kain sutra, tenunan halus, mesin, dan lain seebagainya. Dampak negatif letak geografis Indonesia adalah untuk budaya negara lain yang tidak sesuai yang masuk ke Indonesia akan mempengaruhi kehidupan budaya bangsa Indonesia. Sebagai contoh budaya yang tidak sesuai tersebut misalnya pergaulan bebas, kesantunan, dll. Selain budaya yang tidak sesuai, Indonesia juga rentan terhadap barang-barang yang dilarang yang diselundupkan misalnya narkoba dan senjata api.

Posisi Indonesia juga bisa dilihat dari LETAK GEOLOGIS yaitu berada di jalur pertemuan 3 lempeng antara lain Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Hindia. Dengan posisi tersebut maka akan membuat Indonesia mempunyai banyak gunung berapi. Keuntungan letak geologi Indonesia adalah berbagai macam potensi dari sumber energi dan mineral.

Selain Indonesia memiliki letak yang startegis, negara Indonesia juga memiliki wilayah yang luas. Menurut Badan Informasi Geospasial (BIG) luas wilayah daratan Indonesia adalah 1.922.570 Km2 dan luas perairan seluas 3.257.483 Km2. Apabila kita bandingkan dengan wilayah lainnya, maka luas wilayah Indonesia (daratan dan lautan) adalah kurang lebih sama dengan Eropa atau hampir sama dengan Amerika Serikat atau Australia. Indonesia mempunyai daratan yang terdiri dari 13.466 pulau sehingga membuat bangsa Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang terbesar di dunia. Sehingga dengan banyaknya pulau yang ada, akan membuat garis pantai sangat besar yaitu mencapai 99.030 Km.

*) Semua Materi IPS SMP dapat dilihat di : Rangkuman Materi Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII

Demikianlah artikel IPS tentang Letak dan Luas Indonesia (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII) di Aanwijzing.com. Terimakasih.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.