Manfaat dan Pemakai Laporan Keuangan

Artikel yang terkait dengan judul :Manfaat dan Pemakai Laporan Keuangan

MANFAAT DAN PEMAKAI LAPORAN KEUANGAN ✓ Apa arti penting laporan keuangan? Bagi para pihak yang mempunyai kepentingan terhadap perkembangan suatu entitas usaha sangat penting untuk mengetahui bagai mana kondisi dari keuangannya. Untuk mengetahui kondisi tersebut maka diperlukan suatu laporan yang dikenal sebagai laporan keuangan perusahaan yang terdiri atas laporan neraca, laporan rugi laba, dan laporan-laporan keuangan yang lainnya. Dengan cara mengamati dan mengaalisis dari laporan keuangan neraca maka didapatkan gambaran mengenai posisi keuangannya, sedangkan untuk menganalisa tentang gambaran hasil atau perkembangan dari usaha perusahaan diperlukan laporan keuangan rugi laba.

Laporan keuangan pada dasarnya merupakan hasil dari suatu proses akuntansi yang bisa dipakai sebagai alat atau sebagai sarana berkomunikasi antara data keuangan atau aktivitas dari entitas usaha dengan para pihak yang berkepentingan dengan data/ aktivitas dari entitas usaha (perusahaan) tersebut. Pihak-pihak pemakai laporan keuangan antara lain : pemilik perusahaan, manager, investor, banker, kreditur, pemerintah.

Daftar Isi

Manfaat dan Pemakai Laporan Keuangan

Manfaat dan Pemakai Laporan Keuangan

Pemilik Perusahaan

Pihak ini merupakan salah satu pemakai laporan keuangan. Pemilik perusahaan sangatlah mempunyai kepentingan terhadap laporan keuangan perusahaannya terutama bagi perusahaan yag pimpinannya diserahkan kepada pihak yang lain (para manager), misalnya untuk perseroan terbatas. Hal ini dapat dijelaskan bahwa laporan keuangan tersebut, bagi pemilik perusahaan akan dapat memonitoring dan mengevaluasi sukses tidaknya manager dalam memimpin perusahaan yang dipercayakan oleh pemilik. Biasanya sukses atau tidaknya seorang anager diukur atau dinilai dengan laba yang didapatkan oleh perusahaan yang dipimpinnya. Semua hasil-hasil, stabilitas/ kontinyuitas tergantung pada cara kerja dari manajemennya. Apabila hasil yang dicapai oleh managemen tidak memuaskan para pemilik perusahaan maka bisa jadi managemennya akan diganti. Keputusan untuk mengganti atau tidak management, mempertahankan saham yang dimiiki atau menjualnya akan sangat tergantung pada hasil analisa terhadap laporan keuangan perusahaan. Atau bisa dikatakan bahwa pemilik perusahaan berkepentingan terhadap laporan keuangan dalam rangka untuk menilai hasil untuk waktu yang akan datang sehingga dapat memperkirakan bagian keuntungan yang akan diperoleh dan perkembangan dari kepemilikan perusahaan dalam hal ini adalah perkembangan dari harga saham yang dimilikinya.

Manager/ Pimpinan Perusahaan

Dengan mengetahui posisi keuangan perusahaan yang dipimpinnya, maka managegement akan dapat melakukan rencana yang lebih baik, dapat memperbaiki sistem pengawasan dan menentukan kebijaksanaan-kebijaksanaannya dengan lebih tepat. Yang sangat penting bagi management adalah laba perusahaan tinggi, harta perusahaan terjaga dan aman, permodalan perusahaan sehat dan perusahaan memiliki rencana yang baik pada masa yang akan datang baik pada bidang keuangan maupun pada bidang operasi. Dengan demikian laoran keuangan digunaan sebagai alat untuk mempertanggungjawabkan kepada pemilik perusahaan (pemegang saham) atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. Pertanggungjawaban pihak management adalah dituangkan dalam bentuk laporan keuangan hanyalah sampai dengan penyajian wajar yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia yang dilaksanakan secara konsisten. Selain itu MANFAAT LAPORAN KEUANGAN bagi MANAGEMENT adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengukur tingkat biaya dalam rangka kegiatan perusahaan
  2. Untuk mengukur efisiensi tiap-tiap bagian, proses atau produksi serta untuk menentukan keuntungan yang bisa dicapai oleh perusahaan.
  3. Untuk menilai dan mengukur kinerja setiap individu yang diberi wewenang dan tanggungjawab.
  4. Untuk menentukan butuh tidaknya digunakan kebijaksanaan atau prosedur yang baru dalam rangka untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Investor

Para pemilik modal juga merupakan pemakai laporan keuangan. Investor sangat berkepentingan terhadap prospek keuntungan perusahaan untuk waktu yang akan datang dan perkembangan perusahaan selanjutnya, untuk mengetahui jaminan dari investasi yang ditanamkannya dan untuk mengetahui kondisi keuangan jangka pendek dari perusahaan tersebut. Dengan mengetahui hal tersebut, maka para investor akan dapat mengambil kebijakan/ langkah-langkah yang harus dilakukan.

Banker dan Kreditur

Bagi bank/ kreditur sebelum menentukan apakah akan memberi pinjaman atau tidak terhadap perusahaan, maka perlu mengetahui terlebih dahulu posisi dari keuangan perusahaan yang bersangkutan. Posisi keuangan dari perusahaan yang mengajukan kredit dapat terlihat dengan menganalisis terhadap laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan. Hal ini akan dilakukan olek pihak kreditur jangka pendek mauoun kreditur jangka panjang. Kreitur jangka panjang selain ingin mengukur/ menilai kemampuan perusahaanuntuk membayar hutang beserta bunganya, juga ingin mengetahui apakah kredit yang diberikan kan mendapat jaminan dari perusahaan yang mengajukan kredit, yang dapat digambarkan pada kemampuan dari perusahaan dalam rangka memmperoleh keuntungan di waktu yang akan datang.

Pemerintah

Apakah ada hubungannya antara laporan keuangan perusahaan dengan pemerintah? MANFAAT LAPORAN KEUANGAN terhadap PEMERINTAH adalah dalam hal penentuan besarnya pajak terhutang yang ditanggung oleh perusahaan. Data yang ada juga dipakai oleh Badan Pusat Statistik, Dinas perindustrian dan Dinas Tenaga Kerja untuk dasar perencanaan pemerintah. Buruh yang diwakili oleh serikat pekerja akan berusaha mendapatkan upah yang layak dan terselenggaranya jaminan sosial yang lebih baik lagi. Dengan melihat laporan keuangan perusahaan di mana mereka bekerja, maka dapat mengetahui kemampuan perusahaan dama mendapatkan upah dan jaminan sosial yang baik tersebut. Dengan demikian pemerintah juga termasuk pemakai laporan keuangan.

Dengan mengetahui laporan keuangan perusahaan maka akan dapat dinilai kemampuan perusahaan dalam rangka memenuhi kewajibannya jangka pendek, struktur modal perusahaan, efektivitas dari pemakaian aktiva perusahaan, hasil usaha yang dicapai, beban tetap yang harus dibayar, nilai buku untuk setiap lembar dari saham perusahaan.
Demikianlah artikel akuntansi tentang Manfaat dan Pemakai Laporan Keuangan di Aanwijzing.com. Terimakasih.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.