Keseimbangan Ekosistem (Pelajaran IPA SD Kelas 6)

Artikel yang terkait dengan judul :Keseimbangan Ekosistem (Pelajaran IPA SD Kelas 6)

Keseimbangan Ekosistem (Pelajaran IPA SD Kelas 6) ✓ Mata pelajaran ini membuat kita tahu apa saja yang bisa mempengaruhi kesimbangan ekosistem, apa saja bagian dari tanaman san hewan yang biasa dipakai oleh manusia beserta dampak yang ditimbulkannya terutama terhadap populasinya. Akibat yang ditimbulkan karena adanya ketidakseimbangan ekosistem misalnya terjadinya banjir, punahnya hewan dan tumbuhan dal lain sebagainya. Untuk itu, simaklah ulasan yang berikut ini :

Keseimbangan Ekosistem

Daftar Isi

Keseimbangan Ekosistem

Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem

Ekosistem

Apa pengertian ekosistem? PENGERTIAN EKOSISTEM adalah suatu tempat yang saling memberi dan saling menerima antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sedangkan komponen ekosistem terdiri dari 2 macam yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Untuk komponen biotik terdiri atas tumbuhan dan hewan. Sedangkan untuk komponen abiotik terdiri atas batu, tanah, air, sungai, dan lain sebagainya.
Contoh ekosistem di hutan
Pada ekosistem, hubungan interaksi tidak cuma terjadi antar makhluk hidup saja, juga terjadi antara makhluh hidup dan tak hidup. Hubungannya tersebut sangatlah erat. Misalnya saja sinar matahari (komponen abiotik) akan dipakai oleh komponen biotik untuk sumber utama energi yang dimanaatkan oleh produsen dalam ragka memproduksi makanan. Tumbuhan hijau mempunyai fungsi sebagai produsen dimana produsen adalah merupakan sumber makanan bagi konsumen. Apabila produsen dan konsumen mati maka selanjutnya akan diurai oleh bakteri pengurai.

Keseimbangan antara produsen dan konsumen dalam suatu ekosistem harus terjadi. Suatu kehidupan bisa tetap berlangsung terus apabila jumlah dari produsen jumlahnya lebih besar dari pada jumlah konsumen tingkat I. Pada konsumen tingkat I jumlahnya harus lebih banyak dari pada jumlah konsumen pada tingkat II dan begitu selanjutnya untuk tingkat di atasnya. Pengertian piramida makanan adalah merupakan gambaran yang menunjukkan perbandingan antara jumlah produsen dengan jumlah dari konsumen. Berikut contoh piramida makan.
Keseimbangan Ekosistem

Dampak Kegiatan Manusia terhadap Ekosistem

Tahukah apa yang akan terjadi apabila manusia menebang atau menggunduli hutan secara liar? pastinya akan berdampak terhadap ekosistem. Hewan-hewan yang ada di dalam hutan akan kehilangan habitat hidupnya. Selanjutnya resapan air menjadi berkurang karena yang sebelumnya akar yang menahan air setelah ditebang menjadi tidak ada yang menahan airnya. Akibatnya pada musim penghujan akan terjadi banjir dan juga longsor, dan pada musim kemarau terjadi kekurangan air karena cadangan air yang tadinya diiresap oleh akar sudah tidak ada lagi yang meresapnya.

Keseimbangan Ekosistem
Contoh penebangan liar
Selanjutnya untuk contoh kerusakan ekosistem karena kegiatan manusia adalah pemakaian pestisida untuk pertanian, membuang sampah dan limbah industri secara sembarangan misalnya di sungai, Kegiatan membuang sampah dan limbah industri di sungai dapat menyebabkan kerusakan ekosistem di sungai karena makhluk hidup yang berada di sungai akan menjadi terhambat bahkan bisa menjadi punah. Apabila salah satu makhluk hidup mengalami kepunahan maka ekosistem di sungai tersebut akan menjadi teranggu.
Keseimbangan Ekosistem
Limbah pada sungai
Penggunaan pesetesida yang berlebiahan akan menyebabkan matinya mikroba di mana fungsi mikroba adalah bertugas untuk menguraikan sisa hewan/ tumbuhan untuk menjadi humus. Apabila mikroba mati maka sisa hewa. tumbuhan tidak dapat diurai. Akibatnya adalah tanaman akan menjadi kekurangan nutrisi dan akhirnya akan mati. Untuk itu peran mikroba sangat diperlukan dalam ekosistem.

Ketidakseimbangan Populasi Tumbuhan karena Manusia

Tumbuhan dan Manfaatnya Bagi Manusia

Contoh pemanfaatan tumbuhan oleh manusia misalnya untuk perabot rumah tangga. Contoh perabot rumah tangga yang memakai kayu adalah meja kayu, kursi kayu, almari kayu, dan lain sebagainya.

Keseimbangan Ekosistem
Contoh pemanfaatan kayu

Kegiatan Manusia dan Populasi Tumbuhan

Usaha yang dilakukan dalam rangka melestarikan hutan, antara lain:
  • Menebang hutan dengan cara tetap yang terkendali yaitu dengan tebang pilih.
  • Reboisasi hutan atau penanaman hutan kembali
  • Dengan membuat cagar alam
  • Dengan mengembangbiakan tumbuhan yang langka dengan menggunakan bioteknologi

Ketidakseimbangan Populasi Hewan karena Manusia

Hewan dan Manfaatnya Bagi Manusia

Pemanfaatan dari hewan dapat diambil dagingnya, kulitnya, tulangnya, atau bisa juga diambil tenaganya. Contoh kegiatan manusia dalam rangka memanfaatkan hewan yang bisa mengakibatkan tergganggunya keseimbangan ekosistem adalah perburuan liar. Sebagai contoh perburuan liara dalah memburu uar yang diambil kulitnya yang dipakai untuk tas, ikat pinggang, tas dan lain sebagainya. Contoh lainnya dari kegiatan manusia dalam rangka memanfaatkan hewan yang bisa mengakibatkan tergganggunya keseimbangan ekosistem adalah memburu gajah untuk diambil gadingnya yang dipakai untuk pembuatan keris, pipa cerutu, pajangan, dan lain sebagainya.

Keseimbangan Ekosistem


Selain gajah, perburuan juga terjadi pada badak untuk diambil culanya.  Adapula hewan yang diburu karena hobi, misalnya perburuan terhadap berbagai jenis burung (Cendrawasih, Kakaktua Jambul Kuning, Belibis Kembang, Kasuari, Alap alap, Beo, dan Elang Jawa).

Kegiatan Manusia dan Populasi Hewan

Ekosistem pada hutan kaan terganggu apabila hewan - hewan yang ada di dalam hutan diburu terus. Sehingga peru adanya pelestarian supaya tidak mengalami kepunahan. angkah yang bisa diambil adalah dengan penangkaran atau bisa juga dengan pembuatan suakamargasatwa . Dengan demikian hewan-hewan yang ada dapat lestari.
Baca juga : Perkembangbiakan Makhluk Hidup dan Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Lingkungan Hidupnya
*) Seluruh materi IPA Kelas 6 SD ada di : Ringkasan Materi Pelajaran IPA SD Kelas 6

Demikian artikel IPA tentang Keseimbangan Ekosistem (Pelajaran IPA SD Kelas 6) di blog ini, semoga bermanfaat.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.