Akuntansi : Mengenal Proses Akuntansi Keuangan

Artikel yang terkait dengan judul :Akuntansi : Mengenal Proses Akuntansi Keuangan

Akuntansi : Mengenal Proses Akuntansi Keuangan ✓ Dalam proses akuntansi setiap transaksi perlu digolongkan, diringkas dan kemudian disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Diawali dari kegiatan pencatatan sampai dengan penyajian laporan inilah yang disebut sebagai proses akuntansi.

Hal yang akan diulas:

1. Pencatatan dan Penggolongan Transaksi;
2. Peringkasan Transaksi;
3. Penyajian Laporan Keuangan.

Akuntansi : Mengenal Proses Akuntansi Keuangan

Akuntansi : Mengenal Proses Akuntansi Keuangan

Pencatatan dan Penggolongan Transaksi

Bukti - bukti pembukuan yang ada dicatat dalam buku jurnal. Jika transaksi - transaksinya sama dan sering terjadi maka dicatat dalam jurnal spesial.

Peringkasan Transaksi

Transaksi yang sudah dicatat dalam jurnal kemudian diringkas dan dibukukan dalam buku besar (general ledger).

Penyajian Laporan Keuangan

Setelah dilakukan peringkasan dalam buku besar maka akan dilanjutkan dalam laporan keuangan yang tentunya untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan diperlukan yang namanya neraca lajur.

Untuk lebih jelas mengenai proses akuntansi keuangan, berikut disajikan bagan tentang prosesnya tersebut.
Akuntansi : Mengenal Proses Akuntansi Keuangan
Akuntansi : Mengenal Proses Akuntansi Keuangan
Keterangan dari bagan di atas sebagai berikut:

Bukti pembukuan merupakan catatan pertama dari setiap transaski dan dipakai sebagai dasar pencatatan dalam pencatatan jurnal. Selanjtnya buku jurnal merupakan buku yang dipakai untuk mencataat transaksi keuangan yang berdasarkan tanggal transaksinya. Kemudian transaksi yang sama akan dikelompokkan ke dalam rekening buku besar yang berguna untuk mempermudah dalam penyusunan laporan keuangan. Rekening yang ada dalam buku besar dibedakan menjadi 3 macam yaitu rekening riel, rekening nominal dan rekening campuran.
Pengertian rekening riel adalah rekening-rekening aktiva, utang dan modal yang kalau kita perhatikan adalah merupakan pos neraca sehingga rekening tersebut adalah merupakan rekening neraca. Rekening nominal terdiri dari rekening pendapatan, laba, biaya dan rugi yang merupakan pos laporan rugi laba. Sedangkan pengertian rekening campuran adalah rekening yang saldonya mengandung unsur rekening riel dan rekening nominal.

Rekening riel terdiri dari aktiva, utang dan modal. Aktiva dibedakan menjadi aktiva lancar, investasi jangka panjang, aktiva tetap berwujud, aktiva tetap tidak berwujud, aktiv alain-lain. Utang terdiri dari utang lancar/ jangka pendek, pendapatan diterima dimuka, utang jangka peanjang, utang lain-lain. Modal terdiri dari Modal pemilik, modal saham yang disetor, agio/ disagio modal saam, cadangan-cadangan, laba tidak dibagi dan modal lain-lain. Untuk rekening nominal terdiri dari pendapatan dan laba, biaya dan rugi. Pendapatan dan laba terdiri dari hajsil penjualan, pendpatan bukan usaha, laba luar biasa, laba lain-lain. sedangkan untuk biaya dan rugi terdiri dari harga pokok penjualan, biaya penjualan, biaya administrasi dan umum, biaya bukan usaha, kerugian luar biasa. Untuk rekening campuran terdiri dari 1). saldo campuran dari harta dan biaya 2). saldo campuran utang dan penghasilan. Akun yang dibuat untuk pengurang saldo akun disebut akun kontra, sebagai contoh adalah cadangan kerugian piutang, retur penjualan, dll.

Untuk lebih jelasnya mengenai masing-masing rekening, lihatlah bagan yang ada dibawah ini.

Rekening riel
rekening riel

Rekening nominal

rekening nominal
Rekening campuran
rekening campuran
Buku besar basanya dapat berbentuk T dan berbentuk saldo

Contoh bentuk T
buku besar bentuk t

Contoh bentuk saldo
buku besar bentuk saldo
Untuk laporan keuangan antara lain berupa laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan laporan perubahan modal.

Itulah penjelasan singkat  #akuntasi tentang proses akuntansi yang semoga dapat memberi manfaat, untuk lebih lengkapnya googling saja untuk referensi yang lainnya. Terimakasih telh berkunjung di blog Aanwijzing.com ini


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.